gentlemancode.id
6 Manfaat Squat

6 MANFAAT SQUAT

Published on Tuesday, 23 October 2018

Ketika Lo ingin membentuk badan Lo menjadi lebih ideal, di luar sana banyak banget jenis latihan yang bisa Lo lakukan, bro. Ada yang perlu menggunakan alat, ada yang pake pelatih pribadi, ada yang harus bayar, dan ada juga yang gratis.

Salah satu gerakan yang bisa Lo lakukan untuk membentuk badan Lo menjadi lebih ideal adalah squat, bro. Latihan ini gampang, gratis, dan bisa Lo lakukan dimana aja sama seperti misalnya push-up.

Gerakan squat pada dasarnya adalah jenis olahraga yang memanfaatkan tubuh sebagai beban. Meskipun terlihat sederhana, squat memiliki banyak sekali manfaat bro buat Lo, dan Gw akan membahas mengenai manfaat squat melalu artikel ini.

Jadi, apa aja manfaat squat

1. Membantu Membentuk Otot

Squat tidak hanya membantu Lo dalam membentuk otot kaki doang, bro. Dengan squat, Lo bisa membentuk otot tubuh Lo menjadi lebih padat karena latihan ini bisa membantu membentuk otot pada bagian paha depan, paha belakang, betis, otot perut, punggung bawah dan bokong. 

2. Membakar Kalori Lebih Cepat

Dikarenakan latihan ini membantu Lo dalam membangun otot, maka Lo akan lebih efisien dalam membakar kalori bro sehingga Lo bisa mendapatkan tubuh yang lebih ramping. Dalam setiap pound otot yang terbentuk,  maka tubuh Lo akan membakar 50-70 kalori per hari. 

3. Membuat tubuh menjadi lebih fleksibel

Seiring dengan bertambahnya usia, otot-otot, tendon, dan ligamen akan menjadi kurang elastis, bro. Nah, squat sangat bermanfaat untuk mencegah hal ini terjadi. 

4. Membantu mobilitas dan keseimbangan

Kaki yang kuat merupakan hal yang sangat penting untuk tetap bergerak ketika usia kita semakin hari semakin bertambah dan disitulah manfaat squat bisa Lo rasakan, bro. Selain bisa membantu mengembangkan kekuatan kaki, squat juga bisa melatih otot-otot inti dan menstabilkan otot. Nah, squat juga bisa membantu Lo menjaga keseimbangan bro sehingga bisa membantu Lo terhindari dari jatuh ketika Lo bergerak.

5. Membantu memperkuat paru-paru dan jantung

Siapa sangka, ternyata usaha yang diperlukan untuk berjongkok ketika melakukan latihan squat mampu memperkuat otot jantung dan kapasitas paru-paru Lo, bro. Apalagi ketika Lo mulai menambahkan beban pada saat Lo melakukan squat.

6. Membantu Mencegah Cedera

Kebanyakan cedera ketika berolahraga melibatkan ligamen yang lemah, jaringan ikat dan otot stabilizer (otot yang tidak secara langsung terlibat dalam gerakan, tetapi bekerja untuk membuat Lo tetap stabil sehingga otot utama Lo dapat melakukan tugasnya). Nah, squat bisa membantu memperkuat jaringan ini sehingga Lo bisa terhindar dari cedera.

Tuh, banyak kan bro manfaatnya? Nah, Lo bisa mendapatkan manfaat-manfaat ini ketika Lo melakukannya dengan rutin bro bukan sesekali aja. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari latihan ini, Lo juga perlu mengiringi latihan ini dengan diet yang sehat dan tentunya gaya hidup sehat.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini