gentlemancode.id
Ini Dia Daftar Makanan Dan Minuman Yang Baik Untuk Dibawa Saat Mendaki Gunung

INI DIA DAFTAR MAKANAN DAN MINUMAN YANG BAIK UNTUK DIBAWA SAAT MENDAKI GUNUNG

Published on Friday, 30 September 2016

Ketika mendaki gunung, kesehatan dan fisik yang prima sudah menjadi hal krusial yang harus diperhatikan dan dimiliki oleh seorang pendaki. Jika fisik dalam keadaan prima, maka kegiatan mendaki pun akan lebih lancar, karena mendaki membutuhkan banyak sekali energi.

Ngomong-ngomong soal energi, pada dasarnya energi yang dihasilkan oleh tubuh kita tergantung dengan asupan makanan yang kita konsumsi apakah kualiatasnya baik atau tidak dan sehat atau tidak. Jangan sampai kita makan makanan yang tidak sehat karena akan menimbulkan masalah pada saat pendakian nanti.

Makanan yang dibawa saat mendaki tidak bisa asal bawa saja, karena kapasitas penyimpanan barang-barang dan makanan kita pastinya terbatas. Jadi kita harus pintar-pintar memilih makanan yang praktis namun sehat. Nah, dibawah ini adalah daftar makanan yang simple dan sehat yang bisa Lo bawa dan disimpan kedalam tas carrier Lo.

1. Roti

Roti adalah makanan terbaik yang bisa Lo bawa ketika mendaki. Roti adalah makanan yang berperan sebagai sumber karbohidrat selain nasi, dan seperti kita ketahui karbohidrat adalah zat yang berfungsi untuk menghasilkan energi kepada tubuh kita. So, selain sehat makanan ini juga ringan dan tidak ribet untuk proses penyajian.

2. Buah-buahan

Buah mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk tubuh kita, selain itu buah dapat memberikan efek segar kepada kita yang mengkonsumsinya. Bawalah buah yang mudah dibawa seperti apel, atau pir. Sebaiknya bawalah buah yang tidak mengharuskan kita membuang kulitnya, karena itu akan menambah beban sampah pada saat kita turun nanti.

3. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan yang dapat memulihkan energi kita ketika sudah mulai menurun. Selain itu coklat juga dapat memberikan efek rileks kepada kita. Maka ga salah kalo misalnya makanan ini menjadi makanan wajib yang harus kita bawa ketika mendaki.

4. Oatmeal

Banyak pendaki yang senang untuk mengkonsumsi mie untuk menu makannya. Tapi sebetulnya ada makanan yang lebih sehat dari pada mie instant. Kita bisa memilih oatmeal untuk menu makanan kita. Selain mengandung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan, oatmeal juga terdiri dari berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

5. Beras/nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat yang paling umum untuk kita makan. Karbohidratnya yang tinggi bisa mengembalikan energi kita yang sudah terkuras ketika mendaki. Bawalah beras dalam plastik secukupnya untuk dimasak nanti dan jangan berlebihan, karena bisa menambah beban barang bawaan.

6. Susu

Susu banyak sekali mengandung gizi yang baik untuk tubuh kita. Susu bisa menjadi sumber protein yang baik dan sangat simple untuk kita bawa selama pendakian. Bawalah susu kemasan secukupnya sesuai dengan kebutuhan kita selama mendaki.

7. Aneka Abon

Abon adalah makanan kering yang praktis untuk kita bawa selama mendaki dan bisa memenuhi kebutuhan asupan protein untuk tubuh kita. Bentuknya yang simple dan mudah dibawa membuat makanan ini menjadi makanan yang wajib kita bawa ketika melakukan pendakian.

Soal makanan jangan sampe sembarangan, kita tetap harus memperhatikan nutrisi dari makanan tersebut agar pendakian berjalan lancar. Jangan lupa untuk selalu membawa kembali sampah yang dihasilkan dari makanan kita seperti kemasan, kulit buah dan lain sebagainya. Cheers.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/
[2] https://pixabay.com/
[3] http://www.dyanabakery.com/image/dyanabakery/image/data/all_product_images/product-683/IMG_5786.JPG

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini