gentlemancode.id
PENTING NIH BRO, BIAR LO NGGAK DIKIR-DIKIT NYARI COLOKAN!
7 Hal Ini Akan Membuat Baterai Android Lo Tahan Lama

7 HAL INI AKAN MEMBUAT BATERAI ANDROID LO TAHAN LAMA

Published on Tuesday, 09 January 2018
Jazz Gunung 2018

Bro, apakah Lo pengguna smartphone Android? Kalo iya, pas banget Lo mampir ke artikel ini. Kali ini Gw  akan membahas tentang hal-hal apa saja sih yang perlu Lo lakukan agar baterai smartphone Android Lo tahan lama, baik dalam pemakaian maupun agar umur baterai Lo tahan lama. Nggak usah basa-basi lagi, yuk Bro disimak!

1. Aktifkan Power Saving Mode

Kalo Lo pengguna smartphone Android seri Lollipop ke atas, Lo akan menemukan fitur ini di menu settings, Bro! Dengan mengaktifkan fitur ini, maka fungsi dari aplikasi yang mengkonsumsi baterai Lo akan dibatasi, dari aplikasi yang berjalan di belakang layar, kecerahan, koneksi data, lokasi hingga WiFi. Aplikasi akan tetap berjalan sebagaimana mestinya dan fitur tetap berjalan, namun dengan mode ini, sistem android akan memaksimalkan penghematan daya dengan mengeliminasi kerja sistem yang berat. Gimana Bro, ada fitur ini kan di smartphone Android Lo? Coba deh.

2. Minimalkan aplikasi yang menggunakan fitur lokasi

Coba deh cek aplikasi apa saja di smartphone Android Lo yang mengharuskan penggunanya mengaktifkan fitur lokasi atau aplikasi yang diam-diam menggunakan fitur lokasi di belakang layar. Caranya pilih menu menuju ke details / properties dari aplikasi yang dimaksud, kalo dalam kondisi enable / aktif, pilih uncheck pada location service, Bro.

Dengan mematikan fitur lokasi, smartphone android Lo nggak akan nyari GPS terus menerus sehingga menyedot kuota data dan baterai smartphone Lo. Tapi jika suatu saat Lo membutuhkan aplikasi tersebut Lo bisa mengaktifkan / enable fitur ini kembali ya.

3. Pakailah Wallpaper / Background Hitam

Kebanyakan smartphone android saat ini sudah mengusung panel Amoled atau IPS pada layarnya. Jika smartphone android Lo mengusung jenis layar ini, sebaiknya pilihlah untuk menggunakan wallpaper berwarna gelap, Bro. Kenapa? Karena layar Amoled hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja. Jadi, layar Amoled atau Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode itu  terdiri dari bahan organik yang bakal menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik. Nah kalo Lo menggunakan  wallpaper hitam atau gelap, maka daya baterai yang termakan akan lebih sedikit. Makanya dengan memasang wallpaper hitam atau gelap akan berpengaruh pada konsumsi baterai di smartphone android itu sendiri.

4. Matikan mode auto brightness dan redupkan layar

Mode auto brightness memang sangat cocok buat Lo yang suka berpindah-pindah dari dalam ruangan ke luar ruangan, mode ini akan menyesuaikan pencahayaan yang dikeluarkan smartphone dengan intensitas cahaya yang ada di sekitar Lo. Tapi Bro, mode ini akan memakan daya baterai Lo, karena sensor cahaya akan terus bekerja. Jika tidak perlu sebaiknya disable mode ini.

Terus, kalo Lo sudah menonaktifkan fitur ini, sebaiknya jangan set brightness pada posisi tinggi atau paling cerah. Semakin cerah tampilan layar smartphone Lo, maka semakin cepat baterai Lo habis. Jadi, sebaiknya redupkan saja kalo Lo tidak memerlukannya untuk menghemat daya smartphone Lo.

5. Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi Bila tidak digunakan

Tanpa Lo sadari, kadang Lo lupa untuk mematikan fitur GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi yang notabene nya akan terus bekerja jika tidak dinonaktifkan. Nah, kenapa sih harus dimatikan? Kalo fitur-fitur itu  menyala maka chip dari masing-masing fitur tersebut akan terus-terusan bekerja mencari sinyal meskipun sebenarnya fitur tersebut nggak Lo pakai yang tentunya ini akan menguras daya baterai Lo, Bro. Coba cek aktif nggak fitur GPS, bluetooth, NFC dan WiFi, kali aja Lo lupa matiin.

6. Jangan Gunakan Live Wallpaper dan Pilihlah Launcher yang Ringan

Meskipun akan membuat tampilan smartphone Android Lo tambah kece, live wallpaper sebenarnya akan memakan daya baterai Lo, Bro. Dengan live wallpaper, fitur gyroscope biasanya akan aktif dan terus bekerja. Grafik yang selalu bekerja inilah yang membuat daya baterai smartphone android Lo terkuras. Saran Gw  pilihlah wallpaper statis yang gelap dan enak diliat.

7. Gunakan Baterai dan Charger Original

Dari semua poin yang Gw  sampaikan ini poin terakhir yang nggak boleh Lo lewatkan. Pastikan Lo menggunakan baterai original, Bro. Untuk charger, pilihlah charger yang sesuai dengan daya masukan baterai smartphone Lo dan pastikan charger yang Lo pakai merupakan charger original.

Itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini, Bro. Lo nggak perlu kok mengaktifkan airplane mode untuk menghemat baterai Lo, kecuali Lo sedang nggak ingin menerima panggilan atau sedang menggunakan Wifi, selebihnya aktifkan aja Bro nggak masalah karena percuma kalo punya smartphone tapi nggak berfungsi sebagaiman mestinya. Intinya tips di atas bisa Lo lakukan dengan tanpa menganggu produktifitas Lo dalam memakai smartphone Android Lo. Sedikit saran dari Gw, agar baterai Lo awet dan tahan lama, charge-lah smartphone Lo sebelum baterainya benar-benar habis (5 – 20%) dan cabutlah jika sudah full, dan satu lagi jangan gunakan smartphone ketika sedang di recharge ya, agar pengisian daya bisa optimal. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id