gentlemancode.id
MUNGKIN DENGAN SEIIRING BERJALANNYA WAKTU, TEKNOLOGI INI AKAN SEMAKIN SEMPURNA. SEMOGA!
Ini 3 Alasan Kenapa Face ID iPhone X Masih Diragukan!

INI 3 ALASAN KENAPA FACE ID IPHONE X MASIH DIRAGUKAN!

Published on Monday, 08 January 2018

Hi Bro, kembali lagi kali ini Gw akan membahas tentang produk Apple. Kalo sebelumnya Gw sudah pernah membahas tentang iPhone X, mulai dari alasan kenapa Lo musti coba iPhone X, spesifikasinyasampe gesture-gesture yang ada pada iPhone X.  kali ini Gw akan membahas tentang teknologi baru yang Apple sematkan pada perangkat iPhone terbarunya yaitu face ID. Seperti yang Gw lansir dari situs resmi Apple, Face ID adalah teknologi tercanggih yang pernah Apple ciptakan, kamera TrueDepth bisa menangkap data wajah yang akurat dengan memproyeksikan dan menganalisis lebih dari 30.000 titik tak terlihat untuk menciptakan peta kedalaman wajah Lo dan juga menangkap citra inframerah wajah Lo, keren nggak tuh? Sebagian mesin jaringan syaraf chip A11 Bionic, yang terproteksi dalam Secure Enclave, dan bisa mengubah peta kedalaman dan citra inframerah menjadi representasi matematis dan membandingkan representasi tersebut dengan data wajah yang Lo setting. Bingung nggak Lo, Bro? Face ID mengadaptasi perubahan penampilan Lo secara otomatis, seperti kalo Lo menggunakan kosmetik atau menumbuhkan rambut di wajah. Jika ada perubahan yang lebih signifikan pada penampilan Lo, seperti ketika Lo mencukur jenggot, Face ID bisa mengkonfirmasi identitas Lo menggunakan kode sandi sebelum memperbarui data wajah Lo. Face ID dirancang agar tetap berfungsi meskipun Lo memakai topi, kacamata, atau lensa kontak. Selain itu, Face ID dirancang untuk tetap berfungsi di dalam ruangan, di luar ruangan, bahkan saat gelap gulita, Bro. Nah, begitulah informasi resmi dari situs Apple. 

Nah yang akan Gw bahas di sini adalah, benarkah Face ID iPhone X masih diragukan? Dan kenapa? Dari beberapa sumber dan situs yang Gw baca, ini dia alasan-alasan kenapa Face ID masih diragukan keamanannya!

1. Face ID sangat mungkin dibuka oleh orang kembar

Seperti yang Gw lansir dari mashable.com, Apple mengakui Face ID bisa mengalami kesulitan ketika membedakan penggunanya yang punya kembaran yang sangat mirip. Kemungkinan iPhone X bisa dibuka lewat Face ID oleh seseorang yang diambil secara acak dari populasi adalah sekitar satu banding satu juta, sedangkan touch ID satu berbanding lima puluh ribu. Seperti yang Gw tonton di akun Youtube resmi Mashable pada video Is the iPhone X's Facial Recognition Twin Compatible  Tampak 3 orang yang masing-masing memiliki kembaran untuk mencoba face ID pada iPhone X. Hasilnya mengejutkan Bro, Face ID iPhone X masih bisa dikelabui oleh ketiga pasang orang kembar tersebut. Hmm.

2. Face ID sulit mengenali wajah Anak Usia 13 tahun kebawah

Seperti yang Gw lansir dari wired.com, Apple mengatakan bahwa Face ID bisa kesulitan mengenali wajah orang yang berumur di bawah 13 tahun karena ciri-ciri khas wajahnya belum berkembang secara penuh. Memang, mungkin nggak banyak orangtua bakal memberikan iPhone X ke anaknya. Tapi bisa aja kan Bro iPhone tersebut dipakai oleh anaknya. Gimana menurut Lo?

3. Face ID bisa dikelabui menggunakan topeng

Wow, topeng? Seperti yang Gw lansir dari theregister.co.uk, Bkav melalui sebuah percobaan yang dilakukan, telah berhasil membuktikan bahwa Face ID-nya iPhone X bisa dikecoh, Bro. Bkav telah membuat topeng khusus yang hampir sama dengan wajah orang yang wajahnya telah terdaftar di face ID iPhone X. Dan yang mengejutkan adalah topeng tersebut bisa mengelabuhi iPhone X dan berhasil membuka kunci iPhone X menggunakan face ID. Topeng wajah yang digunakan dibuat dengan campuran frame 3D, gambar 2D dengan hidung menggunakan silikon. Keberhasilan Bkav ini pun mengundang pertanyaan mengenai tingkat keamanan dari Face ID. Menurut Lo gimana Bro?

Nah itu dia Bro, alasan-alasan kenapa keamanan dari face ID masih diragukan. Walaupun banyak pengguna yang sudah cinta dengan fitur ini dan tidak mengalami masalah serupa, tapi ada juga pengguna yang kesulitan memakai Face ID untuk membuka kunci perangkat. Tapi untuk masalah mengenai kesulitas memakai face ID untuk membuka kunci perangkat iPhone X, Apple sudah menyediakan cara untuk mematikan fitur tersebut dengan menekan tombol di samping untuk mematikan ponsel dan kemudian akan meminta passcode yang sudah Lo setting sebelumnya.

Apple sendiri memang nggak menjamin sistem Face ID aman seratus persen, Bro. Tapi menurut Gw saat ini touch ID masih yang juara untuk urusan keamanan pada perangkat iPhone. Terlepas dari canggihnya teknologi face ID, nampaknya Apple akan terus mengembangkan dan memperbaiki kekurangan face ID generasi saat ini. Sekian dari Gw, Bro. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

Bro, terima kasih karena sudah setia membaca www.gentlemancode.id ya! Sebagai salah satu bentuk apresiasi, gentlemancode ngajak Lo semua untuk gabung ke dalam Gentleman Community yang akan kami launching tanggal 15 Januari 2018!

Gentleman Community bisa menjadi tempat Lo menulis banyak hal bermanfaat yang pingin Lo bagikan ke orang lain via website kami, tapi tentunya melalui kurasi dulu ya bro!

Jangan kuatir, setiap kegiatan yang Lo lakukan seperti mendaftar community, melengkapi data dan menulis artikel (kemudian kami tayangkan), akan mendapatkan poin yang bisa Lo tukarkan dengan hadiah menarik.

Info lebih lanjut langsung klik di sini, Bro!

Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung community!
terpopuler
close
gentlemancode.id