gentlemancode.id
Ini Dia 3 Jenis GPS yang Bisa Membantu Lo Beraktifitas Tanpa Batas!

INI DIA 3 JENIS GPS YANG BISA MEMBANTU LO BERAKTIFITAS TANPA BATAS!

Published on Thursday, 07 December 2017

Kalo Lo adalah termasuk pria yang suka jalan-jalan, suka berpetualang, olahraga atau melakukan pengalaman yang memicu adrenalin, pas banget Bro Lo baca artikel ini karena nggak semua dari kita paham jalan ataupun area di suatu wilayah, apalagi bagi Lo yang baru pindah atau mengunjungi tempat baru. Beruntung ada teknologi yang namanya GPS. Gw rasa Lo semua udah nggak asing lagi kan sama teknologi ini? Ya, GPS atau Global Positioning System adalah sistem navigasi berbasis satelit yang berfungsi untuk memberikan informasi keberadaan titik seseorang, navigasi menuju ke suatu tempat yang bisa diakses dalam cuaca apapun, pada waktu yang realtime.

Coba deh liat smartphone Lo, hampir semua smartphone sudah disematkan teknologi ini untuk mendukung aplikasi peta pada smartphone tersebut. Tapi Lo tau nggak Bro kalo  GPS itu ternyata ada berbagai jenisnya, yang bisa disesuaikan dengan aktifitas apa yang akan Lo lakukan. Seiring berkembangnya teknologi, produsen GPS pun terus berinovasi untuk menciptakan  GPS yang bisa membantu mendukung kebutuhan Lo dalam beraktifitas. Kalo Lo emang lagi nyari dan bingung memilih GPS, baca artikel ini sampai selesai sebelum Lo memutuskan untuk membelinya! Nah, ada apa aja sih jenis-jenis GPS? Ini dia jawabannya!

1. GPS Handheld buat Lo yang suka Bertualang

Dilihat dari namanya, jelas GPS handheld adalah jenis GPS yang bisa di operasikan dengan memegang GPS tersebut. Kita nggak bisa melulu menggunakan GPS di smartphone untuk menjangkau suatu tempat, ketidakstabilan sinyal atau ketersediaan jaringan bisa mengganggu aktifitas dari sistem GPS itu sendiri. Untuk aktivitas atau kegiatan outdoor, GPS ini bisa mengganti peran peta dan kompas menjadi peta digital dan mampu mendapatkan lokasi, ketinggian, topografi tempat dan berbagai data lainnya dengan lebih presisi, Bro.

Buat Lo yang suka berpetualang ke tempat-tempat ekstrim, GPS ini cocok buat Lo miliki. Karena dengan perangkat Handheld ini, Lo bisa menentukan lokasi yang tepat untuk kegiatan memancing, menemukan jalan ketika tersesat di hutan, mendapatkan tempat kemah yang nyaman dan berbagai aktivitas outdoor lainnya. GPS tipe ini mampu meminimalisasi resiko bahaya pada kegiatan outdoor Lo dengan mengurangi resiko tersesat.

Secara desain, GPS Handheld biasanya berbentuk kecil dan agak tebal, tapi tetap akan nyaman untuk digenggam. Material yang digunakan pada perangkat inipun biasanya kuat dan tahan lama. Untuk fitur yang ada di GPS Handheld biasanya terdapat: Layar sentuh yang interaktif, Peta yang selalu update menyesuaikan dengan lokasi, menunjukan rute jalan, Informasi perjalanan seperti arah kompas, kecepatan dan waktu tiba, altimeter, kompas digital, jam, alarm, bahkan beberapa diantaranya sudah disematkan kamera dan bisa terkoneksi ke PC.

Dari informasi yang Gw baca nih, Bro. GPS Handheld ini dibandrol di angka kisaran 1 jutaan hingga 6 jutaan, tergantung merk dan spesifikasinya.

2. GPS Tracker untuk Kendaraan Lo

GPS ini memang ditujukan bagi pengguna kendaraan bermotor atau mobil. Dengan GPS ini biasanya pengguna akan mendapatkan informasi yang lebih akurat terutama untuk informasi lalu lintas. Akurasi pada GPS tracker khsusnya merk-merk ternama tentunya nggak perlu diragukan lagi. Dengan bertambahnya fitur seperti penambahan data lalu lintas sehingga Lo bisa mengetahui mana jalan yang macet dan yang tidak, serta kemampuan untuk bisa menyambungkan kepada smartphone yang kita miliki, akan membuat GPS ini berguna banget buat Lo yang lagi menempuh perjalanan jalur darat menggunakan mobil.

Oh iya Bro, GPS Tracker ini biasanya diletakkan pada mobil dan dilengkapi dengan aksesoris yang digunakan untuk bisa merekatkan GPS tersebut. GPS juga diletakkan pada bagian dashboard mobil agar Lo bisa mengetahui kemana petunjuk dari GPS tersebut. Cara pemasangannya pun juga tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Pengguna hanya tinggal menyambungkan kabel power dari GPS ke dalam kabel power mobil untuk membuat GPS ini menyala. Ketika GPS ini telah menyala, Lo akan bisa menikmati fitur-fitur di dalamnya, seperti navigasi ke tempat tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu. Navigasi bisa berupa instruksi suara atau animasi yang ada pada perangkat, mirip google maps di smartphone lah, Bro. Nah, Lo juga akan bisa menyentuh menu "go home" (yang sudah diatur sebelumnya) untuk mendapatkan navigasi menuju kembali ke rumah dari tempat manapun, informasi perjalanan seperti arah kompas kecepatan berkendara dan waktu tiba pun bisa didapatkan melalui GPS Tracker ini. Peringatan lalu lintas berupa kemacetan dan alternatif jalur yang bisa ditempuh untuk menghindari kemacetan juga ada, Bro. 

Pemberitahuan tempat-tempat penting seperti Mall, Bisokop, ATM, dan tempat pengisian BBM dan bahkan harga BBM bisa didapatkan dari perangkat ini. Tak ketinggalan Bro, GPS ini biasanya bisa melakukan panggilan dengan menggunakan bantuan hands-free menggunakan koneksi wireless antara GPS dan smartphone Lo. Akan banyak lagi fitur-fitur yang bisa Lo dapatkan. Namun semakin banyaknya fitur yang ditawarkan, biasanya akan semakin mahal juga harga yang harus Lo keluarkan untuk membelinya.

Beberapa GPS ini ada yang membutuhkan kartu SIM ada juga yang tidak. GPS tracker ini memang sangat berguna sebagai asisten perjalanan ketika Lo berpergian, Bro. Nah, setelah Gw cek, GPS ini  memiliki harga yang berkisar antara 2 jutaan hingga 10 jutaan, tergantung fitur dan spesifikasinya.

3. Sport GPS untuk Aktifitas Olahraga Lo

Buat Lo yang hobi atau akan konsisten berolahraga, GPS ini bisa Lo coba Bro. GPS ini bisa membantu Lo meningkatkan intensitas olahraga dan menjaga kebugaran tubuh Lo. Kalo Lo masih asing dengan GPS ini, Gw akan coba kasih contoh nih Bro. Pernah denger GPS Garmin 910XT, Venix atau Vevovit? Nah GPS Garmin ini adalah GPS yang sangat cocok untuk menemani aktifitas olahraga bersepeda Lo, Bro. Ada juga GPS Forerunner 210 yang dibuat untuk para pelari yang sedang berada dalam program latihan. Kedua GPS ini punya kesamaan yang identik dengan GPS yang difungsikan untuk kegiatan olahraga seperti anti-air dan memiliki bodi yang sangat kuat. Meski bentuknya kecil dan biasanya dipakai dipergelangan tangan, GPS ini memiliki cukup banyak fitur lho! Oh iya Bro, GPS ini bisa mencatat semua data latihan olahraga Lo, seperti waktu dan jarak. Bahkan data-data seperti perhitungan kalori yang dikeluarkan dan peta yang Lo lalui ketika berlari bisa Lo dapatkan secara lengkap yang bisa Lo save dan share di social media. Keren kan, Bro?

Buat Lo yang hobi lari, dengan GPS ini Lo  bisa mendapatkan data yang cukup lengkap mengenai kondisi tubuh Lo dari hari ke hari, selain itu Lo bisa menerapkan jadwal latihan, porsi latihan, intensitas latihan, dan variasi latihan. Beberapa model GPS tipe ini mampu mendapatkan data untuk berbagai kegiatan olahraga.

Dari yang Gw baca nih Bro, buat Lo yang menggunakan GPS ini untuk bersepada, GPS ini akan menggantikan cycle computer yang masih bekerja secara konvensional. Nah GPS ini juga memberikan berbagai fitur menarik yang tidak mampu diberikan oleh cycle computer seperti peta dari rute yang akan di tempuh, lokasi tujuan, detak jantung, dan irama nafas dari penggunanya. GPS ini nggak membutuhkan kabel untuk beroperasi, sehingga nggak ribet kalo dibawa-bawa.

Untuk fitur yang ditawarkan, tentunya GPS ini berbeda dari jenis lainnya karena memang GPS ini ditujukan untuk kegiatan olahraga, seperti adanya Stopwatch atau splits, waktu dan jarak dilengkapi dengan notification atau pengingat, kecepatan, kecepatan maksimal atau kecepatan rata-rata, detak jantung sebelum, saat dan setelah berolahraga, Irama ayunan pedal, virtual partner, interval latihan, altimeter dan profil latihan, peta rute dan peta tujuan, latihan untuk berbagai olahraga serta fitur navigasi juga disematkan pada GPS ini.

Untuk harga GPS ini dibanderol dengan harga 2 jutaan sampai 10 jutaan rupiah, tergantung merk dan spesifikasi yang ditawarkan.

Nah itu dia Bro jenis-jenis GPS yang bisa Gw sampaikan sama Lo. Kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Lo jangan sampai salah pilih. Sekian  dari Gw semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini