gentlemancode.id
Kenali Error pada iPhone dan Cara Mengatasinya!

KENALI ERROR PADA IPHONE DAN CARA MENGATASINYA!

Published on Friday, 01 December 2017

Ketika iPhone kita rusak, itu memang bikin panik , Bro. Iya kan? Gw pernah mengalami soalnya. iPhone dikenal sebagai device dengan harga sparepart yang bisa dibilang, nggak murah. Ketika iPhone mengalami error atau tiba-tiba tidak berfungsi karena stuck di logo Apple, hal yang pasti terpikir bagi sebagian orang adalah "Wah, Gw musti service nih iPhone" dan pasti memikirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikannya. Bener nggak, Bro?

Nah, sebelum Lo memutuskan untuk service iPhone Lo, nggak ada salahnya Lo mencari tau dulu, sebenarnya error apa yang terjadi, dan selagi masih bisa ditangani sendiri dengan tutorial yang sudah ada banyak di internet, kenapa musti repot-repot pergi ke tempat service, dan mengeluarkan biaya? Selagi itu masalah bukan dari hardware, Lo masih bisa menanganinya, Bro.

Kali ini, Gw akan mencoba share tentang error-error apa saja yang bisa terjadi pada iPhone Lo, beserta solusinya. Tentunya Gw menghimpun ini dari referensi terpercaya dan pengalaman Gw.

Langsung aja deh kita bahas ya.

Error pada iPhone biasanya paling sering terjadi saat update iOS atau bisa dibilang gagal update yang menyebabkan perangkat iPhone Lo stuck di logo Apple, Error ini bisa terdeteksi ketika Lo menghubungkan perangkat iPhone dengan iTunes saat melakukan restore. Nah, Gw akan mencoba membaginya kedalam dua kode error, yang pertama adalah kode error tanpa tanda negatif dan kode error dengan tanda negatif (-)

Kode Error Tanpa Tanda Negatif dan Solusinya!

1. Error 1: Masalah pada IC baseband
Error 1 biasanya terjadi pada saat  Lo melakukan restore ipsw dan mengalami stuck di logo apple akibat kesalahan pada hardware.

Solusinya adalah: Lo bisa mengganti baseband ic chipset. Kalo Lo punya basic suka oprek hardware, Lo bisa liat tutorialnya di youtube, tapi kalo Lo nggak yakin, Lo bisa membawanya ke teknisi, Bro. Dari yang pernah Gw alami dan Gw baca, kalo iPhone Lo modem firmware-nya hilang, jangan di restore, karena akan mengalami error 1 atau -1. Dan kemungkinan untuk berhasil sekitar 50 persen, Bro.

2. Error 3: Masalah pada small CPU
Error 3 ini biasanya terjadi pada saat iPhone atau iPad melakukan restore atau update iOS, bisa juga terjadi karena benturan keras ataupun umur iPhone Lo, Bro.

Solusinya adalah: Lo bisa mengganti small CPU, tentunya kalo Lo nggak ada basic oprek hardware, lebih baik bawa ke teknisi terpercaya, Bro.

3. Error 9: Masalah pada Memory
Error 9 ini biasanya terjadi pada saat pemanasan yang salah di memory atau benturan yg keras.

Solusinya adalah: Lo bisa melakukan restore ipsw, namun jika belum berhasil, lakukanlah perbaikan ke teknisi terpercaya untuk melakukan Pergantian small CPU atau memindahkan chipset ke Logicboard Motherboard yang baru.

4. Error 11 : Masalah Firmware
Error ini terjadi biasanya kepada Lo yang suka ngoprek software iPhone atau nge-jailbreak. Ini terjadi saat File BaseBand FW firmware terhapus dari IPSW saat menjalankan proses update.

Solusinya adalah: Lo bisa menggunakan TinyUmbrella dan menggunakan "FixRecovery untuk keluar dari Recovery".

5. Error 1015: Masalah IPSW atau Software
Error 1015 muncul pada perangkat yang telah di jailbreak atau memakai profile beta pada perangkat iPhone.

Solusinya adalah: Reset iPhone Lo, atau restore IPSW via iTunes.

6. Error 14 & 16: Masalah pada Firmware atau USB
Error ini biasanya terjadi saat update custom firmware namun gagal. Atau bisa juga terjadi akibat masalah USB.

Solusinya adalah: Lo harus mengembalikan perangkat dengan custom firmware yang benar (ipsw)
Dan juga Periksa koneksi USB dan mencoba port langsung lainnya atau mungkin kabel USB harus di cek keasliannya gunakan yang original.

7. Error 17: masalah di software
Error  17  biasanya terjadi sama Lo yang suka nge-jailbreak iPhone. Ketika jailbreak belum di hapus dan Lo langsung me-restore ulang maka terjadilah error ini.

Solusinya adalah: Kalau Lo sudah terlajur me-restore, terpaksa Lo harus mengganti memory tapi kalau masih belum di restore silahkan men-download Tinyumberella dan Reset iPhone, iPod, dan iPad Lo. Setelah iTunes di-close, buka TinyUmbrella dan klik start TSS Server dan buka kembali iTunes dilanjutukan dengan menekan shift (pada keyboard) dan restore dengan file IPSW yang sesuai dengan tipe iPhone Lo.

8. Error 18 : Media Library Corrupt
Hal ini terjadi ketika library media pada perangkat yang korup dan tidak dapat diubah atau diperbarui.

Solusinya adalah: Lo bisa memperbarui ke versi terbaru dari iTunes dan jika belum teratasi, Lo bisa melakukan restore ipsw pada perangkat iPhone Lo.
 
9. Error 20 : Masalah Software
Error 20 bisa terjadi saat Lo melakukan downgrade perangkat iPhone.

Solusinya adalah: Lo bisa melakukan downgrade dari mode DFU lalu melakukan restore/Update ke iOS terbaru.
 
10. Error 21 : Masalah Firmware atau Server
Error ini bisa terjadi saat Lo melakukan custom firmware khususnya pada perangkat iPhone yang Lo jailbreak.

Solusinya adalah: Lo harus menempatkan perangkat Lo ke mode DFU, bukan ke recovery mode. Dikarenakan proses booting pada perangkat tidak berjalan dengan baik maka Lo akan terjebak di logo Apple. Solusinya adalah tekan dan tahan tombol power dan home sampai iPhone Lo ke restart.

11. Error 23 : Masalah saat Update
Error 23 biasanya muncul saat Lo update software karena masalah hardware.

Solusinya adalah: Periksa semua koneksi, jika masih terjadi, bisa juga dikarenakan masalah baterai, jika pun masih terjadi, serahkan pada teknisi karena kemungkinan ada masalah pada Flash baseband atau prosesor.

12. Error 28 : Masalah konektor
Solusinya adalah: Pergilah ke teknisi terpercaya untuk mendapatkan solusi dari masalah iPhone Lo.
 
13. Error 29 : Masalah Baterai
Jika Lo menemukan error ini maka Solusinya Lo perlu mengganti baterai.
 
14. Error 31 : DFU loop
Solusinya cek tombol power dan home apakah bisa digunakan secara normal atau tidak, jika error masih terjadi, coba restore ipsw iPhone Lo.
 
15. Error 34 : Masalah pada Media Untuk Restore
Error ini biasa muncul saat Lo melakukan restore, Bro. Kemungkinan hard disk/RAM kehabisan ruang ketika mencoba untuk men-download.

Solusinya adalah: hapus file-file yang tidak perlu agar space memori Lo  sedikit lega.

16. Error 40: masalah pada Memory
Solusinya adalah: Pergantian CPU yang bisa dikerjakan secara langsung dengan resiko semua data hilang dan imei berubah.

17. Error 4013: Jaringan Kurang Bagus
Error ini biasa muncul karena jaringan internet yang kurang bagus saat update iOS.

Solusinya adalah : untuk yg network kurang bagus cobalah di tempat yg network-nya stabil dan di ulang restore lagi. Jika belum bisa, Lo harus mengganti Nand chipset. Serahkan pada ahlinya untuk mengatasinya ya, Bro.

18. Error 9006: Masalah pada antivirus, cable usb atau koneksi internet
Solusinya adalah: matikan antivirus, ganti usb cable yang pasti bagus dan untuk masalah internet restore pada waktu internet pasti bagus atau restore pakai ipsw yang sesuai dengan tipe iPhone Lo.

19. Error 53: Masalah IC USB Controller atau CPU
Error ini biasa terjadi saat restore yang di sebabkan oleh 30% ic usb controller dan 20% CPU hardware atau 50% pada saat penggantian LCD yang merusak flexicable fingerprint.
Solusi Masalah 1: Lakukan penggantian IC USB Controller pada ahilnya
Solusi masalah 2: ganti flexicable fingerprint iPhone dan di restore ulang

Nah, itu dia error dengan kode minus yang biasa terjadi di perangkat iPhone. Sekarang kita lanjut ke Error yang dimulai tanpa tanda negatif.

20. Error -1 : Masalah pada IC Baseband
Sama dengan Error 1, error -1 biasanya terjadi pada saat  Lo melakukan restore ipsw dan mengalami stuck di logo Apple akibat kesalahan pada hardware.

Solusinya adalah: Lo bisa mengganti baseband ic chipset. Kalo Lo punya basic suka oprek hardware, Lo bisa liat tutorialnya di youtube, tapi kalo Lo nggak yakin, Lo bisa membawanya ke teknisi, Bro. Dari yang pernah Gw alami dan Gw baca, kalo iPhone Lo modem firmware-nya hilang, jangan di restore, karena akan mengalami error 1 atau -1, dan kemungkinan untuk berhasil sekitar 50 persen, Bro.

21. Error -3198 : Kesalahan disaat download
Error ini biasanya muncul karena kegagalan Lo  saat update via iTunes.
Solusinya adalah: Unduh ulang file ipsw, dan restore manual.

22. Error -3259 : Connection timeout saat download Aplikasi atau IPSW
Error ini biasanya terjadi ketika Lo sedang update iOS atau aplikasi via iTunes, namun koneksi Lo lemot, Bro.

Solusinya adalah: Pastikan koneksi Lo bagus, dan download kembali file yang Lo maksud.

22. Error -9843 : Masalah ID
Kesalahan ini terjadi ketika Lo logout dan mencoba untuk men-download sesuatu dari iTunes Store, tapi ketika klik donwload Lo menggunakan akun/ID yang berbeda atau baru.

Solusinya adalah: Gunakan akun yang sama, atau hapus aplikasi yang Lo maksud dan download kembali dengan ID Lo yang baru.  

23. Error -9800, -9812, -9814 dan -9815 : Masalah Waktu yang tidak tersetel dengan tepat

Error ini terjadi ketika tanggal atau waktu di PC/Mac atau iPhone Lo, tidak tersetel dengan benar.
Solusinya: Perbaiki tanggal dan coba update/restore kembali.

24. Error -9808 : Waktu pada sistem PC/Mac Lo, tidak tersetel dengan benar.
Solusinya: Perbaiki tanggal dan waktu pada sistem di PC/Mac Lo.

25. Error -5000 : Corrupt saat mendownload IPSW
Error ini biasa terjadi saat Lo melakukan update via iTunes, atau memperbaharui aplikasi via iTunes, namun file yang di-download mengalami corrupt.

Solusinya adalah: Pastikan koneksi Lo baik, dan ulang kembali proses download-nya, Bro.

Ada banyak jenis error yang terjadi pada perangkat iPhone Lo, tapi bukan berarti produk Apple Lo kurang bagus atau sering error, Bro. Error yang tertera biasanya mengindikasikan ada masalah tertentu pada hardware ataupun software Lo. Error-error ini justru adalah informasi buat Lo supaya Lo tau tindakan apa yang musti Lo lakukan. Nggak perlu panik, karena dalam error yang muncul, Apple selalu memberi penjelasan dan cara menanganinya. By the way, Lo pernah punya, atau lagi punya masalah dengan perangkat iPhone Lo? Share aja di kolom komen, siapa tau kita bisa nyari solusinya bareng-bareng.

Sekian Bro, dari Gw. Buat Lo yang lagi kebingungan mengenai bagaimana solusi untuk memperbaiki iPhone Lo yang sedang bermasalah, semoga cepat selesai ya masalahnya. Selagi masih bisa Lo perbaiki sendiri, Lo tinggal cari tutorialnya di internet aja, Bro. Tapi kalo dirasa kerusakan memang berat dan butuh teknisi untuk memperbaikinya, pilihlah teknisi yang terpercaya ya! Percayalah, setiap masalah pasti ada solusinya!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini