gentlemancode.id
Maksimalkan Penggunaan Google Play Dengan 7 tips ini

MAKSIMALKAN PENGGUNAAN GOOGLE PLAY DENGAN 7 TIPS INI

Published on Friday, 02 February 2018

Buat Lo pengguna sistem operasi Android, pasti Lo semua nggak akan pernah bisa lepas sama yang namanya Google Play, bener nggak? Toko aplikasi ini bisa dibilang merupakan sumber utama untuk mengunduh berbagai aplikasi dan juga games.

Buat Lo yang baru pake Android atau mungkin Lo pengguna lama yang belum kenal betul sama Google Play, ada beberapa hal yang wajib Lo ketahui, bro.

Nah, dibawah ini adalah 7 tips buat Lo supaya Lo bisa menggunakan Google Play dengan lebih maksimal. Apa aja?

1. Melihat daftar aplikasi

Google Play memiliki sebuah menu yang bernama My Apps & Games. Disini Lo bisa melihat semua aplikasi yang udah Lo install dan aplikasi mana aja yang harus Lo update.

Untuk mengaksesnya Lo bisa buka aplikasi Google Play, klik icon menu di pojok kiri atas, lalu klik My Apps & Games. Disini Lo bisa melihat daftar aplikasi yang Lo miliki. Kalo Lo mau melakukan update atau uninstall, Lo bisa melakukannya melalui menu ini.

2. Aktifkan fitur parental controls

Tidak semua aplikasi di Google Play cocok untuk digunakan oleh anak-anak. Faktanya banyak aplikasi yang sama sekali tidak cocok untuk mereka. Untuk itu, agar adik atau anak Lo tidak membuka aplikasi yang bukan untuk mereka, Lo bisa mengaturnya dengan menggunakan fitur ini. 

Lo bisa melakukannya dengan cara: buka Google Play, klik icon menu di pojok kiri atas, pilih settings, lalu pilih parental controls.

Dalam prosesnya, Lo akan diminta untuk membuat PIN, bro. Nah, setelah itu Lo bisa memilih aplikasi mana aja yang nggak boleh diakses oleh adik atau anak Lo.

3. Untuk menghemat kuota, non-aktifkan update otomatis

Setiap developer pasti akan menghadirkan update berkala pada aplikasi milik mereka. Tapi, nggak semua orang mau untuk melakukan update untuk aplikasi yang mereka miliki. Alasan yang paling umum biasanya adalah masalah kuota. Karena size ketika melakukan update aplikasi itu biasanya lumayan besar.

Nah, untuk menonaktifkan auto update, Lo bisa buka Google Play, klik icon menu, masuk ke settings, lalu klik auto update apps dan pilih opsi yang paling sesuai sama kebutuhan Lo.

4. Cegah aplikasi baru membuat icon di home screen

Kalo misalnya Lo baru aja mengunduh aplikasi dari Google Play, maka secara otomatis sistem akan membuat shortcut berupa icon aplikasi yang Lo install untuk memudahkan Lo membuka aplikasi tersebut dari home screen.

Emang sih praktis, tapi nggak semua orang mau home screen mereka dipenuhi oleh icon-icon dari berbagai macam aplikasi yang mereka install.

Untuk mecegahnya, Lo bisa buka Google Play, pilih icon menu dan masuk ke settings, lalu hilangkan tanda centang pada opsi Add Icon to Home Screen.

5. Menambah pilihan opsi pembayaran

Lo bisa menambahkan metode pembayaran untuk membeli aplikasi berbayar di Google Play. Lo bisa menambahkan metode pembayaran entah itu menggunakan kartu kredit atau memotong pulsa.

Caranya, Lo buka Google Play, klik icon menu lalu masuk ke Account, setelah itu Lo pilih Payment Methods.

6. Melakukan refund

Kalo misalnya aplikasi yang Lo beli nggak sesuai dengan apa yang Lo harapkan, maka Lo bisa melakukan refund bro. Google menjanjikan kemudahan untuk melakukan refund atau pengembalian dana dari aplikasi yang sudah Lo beli. Tapi, tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku bro nggak bisa asal refund.

7. Menonton Film

Nah, buat Lo yang hobi nonton Lo bisa nonton film yang Lo suka melalui Google Play, bro. Untuk melakukannya Lo bisa buka Google Play, lalu pilih tab movies. Nah, disitu banyak banget film-film keren yang bisa Lo pilih. Keren ya?

Nah bro, itu tadi 7 tips dari Gentlemancode yang bisa Lo ikuti untuk memaksimalkan penggunaan Google Play Lo. Semoga bermanfaat bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini