gentlemancode.id
Oppo Find X, ini Ulasan dan Spesfikasi Lengkapnya!

OPPO FIND X, INI ULASAN DAN SPESFIKASI LENGKAPNYA!

Published on Friday, 29 June 2018

Belum lama ini, dunia smartphone lagi-lagi dihebohkan dengan kemunculan smartphone dari Oppo yang hadir dengan desain 'tidak biasa' dan spesifikasi yang menyaingi smartphone kelas atas Samsung Galaxy S9+. Oppo kini menghadirkan seri Find X yang diperkenalkan pertama kali di Perancis, pada Selasa 19 Juni 2018 pukul 01:45 dini hari waktu setempat. 

Smartphone yang digembor-gemborkan akan menjadi pesaing kuat Samsung dan iPhone ini, akhirnya meluncurkan varian dengan harga yang cukup fantastis, baca sampai selesai untuk tahu harga resminya ya!

Walaupun brand Oppo belum dikenal dengan smartphone high end, tapi dengan hadirnya Oppo Find X in, Oppo mencoba menaikkan kelasnya agar setara bahkan lebih jauh dibanding dengan jajaran smartphone kelas atas seperti Samsung atau iPhone.

Penasaran bagaimana spesfikasi lengkap Oppo Find X? Nah, kali ini Gentlemancode akan coba mengulasnya secara lengkap ya!

Desain

Menurut kami, yang paling menarik dari smartphone ini adalah gabungan antara inovasi dan teknologi yang diterapkan di dalamnya. Dengan penggunaan metode kamera geser otomatis untuk menaik-turunkan kamera depan dan belakang ini menjadikan Oppo Find X sangat berbeda dari smartphone lain.  Metode kamera geser ini diklaim aman dan sudah diuji oleh Oppo secara teknis sebanyak tiga ratus ribu kali buka-tutup. Dengan inovasi tersebut, body belakang Oppo Find X seolah tidak memiliki kamera, bro. Keren kan?

Oppo Find X hadir dengan desain yang tegas berbalut kaca di sisi depan dan belakang, mengusung layar bezel-less, dan hadir tanpa notch Find X dengan rasio screen to body yang luas, yaitu 93,8%. Smartphone ini berdimensi 156,7 x 74,2 x 9,4 mm dan punya bobot 186 gram. Layar depan dan body belakang keliatan clean banget, karena speaker, kamera dan berbagai sensor tersembunyi di balik layar yang akan muncul saat modul kamera digunakan. Layar Oppo mengusung konsep layar dual-edge-curved yaitu melengkung pada kedua sisinya dengan resolusi 6,42 inch, bertipe Amoled Panoramic Arc,340 x 1,080 P atau 19,5 banding 9.

Oppo Find X hadir dengan dua varian gradasi warna, bro yaitu Bordeaux Red dan Glacier Blue. Warna ini diproduksi melalui Multifaceted Color, yang mana ketika body smartphone ini terkena sinar akan nampak seperti kristal. Beralih ke sisi samping, tombol volume ada di samping kiri sementara tombol power ada di samping kanan, untuk bagian bawah terdapat microfon, speaker, slot sim tray dan USB type C. 

Hardware

Oppo menyematkan chipset Snapdragon 845, dengan CPU 4x2,8 GHz Kryo 385 Gold + 4x1,7 GHz Kryo 385 Silver, mengusung RAM 8 GB bertipe LPDDR4X. Oppo Find X dibekali penyimpanan internal mencapai 256GB tanpa slot micro SD, serta pengolah grafis yaitu Adreno 630 yang mampu menjalankan konten dan game HD dengan lancar, bro. 

Untuk sektor kamera, kamera depan smartphone ini dibekali dengan resolusi 25 megapixel, yang memiliki sensor Sony IMX 576 3D Structure Light Sensor-HDR, dengam teknologi 3D Omoji 3D AI Beauty Technology AI Portrait Mode. Sementara kamera belakang mengusung resolusi 16 MP dan 20 MP, f/2.0+f/2.0 dengan sensor Sony IMX 519+ IM X376 AI Recognition, AI Beautification, AR Sticker, AI Portrait, RAW HDR Video: 1080p@24fps, 720p@480fps.

Oppo Find X mendukung konektivitas 4G LTE, 3G HSPA, Bluetooth, port USB Type-C, WiFi, GPS, tanpa sensor sidik jari karena digantikan oleh teknologi menggunakan O-Face, di mana metode keamanan ini menggunakan teknologi 3D Camera di kamera depannya. Metode ini diklaim Oppo lebih aman daripada fingerprint scanner.

Sebagai informasi tambahan, Oppo juga menghilangkan earphone jack 3,5 mm tapi sebagai gantinya Lo bisa menggunakan adapter khusus via port USB atau menggunakan Bluetooth, bro.

Lo nggak perlu khawatir untuk daya tahan baterai, karena smartphone ini punya baterai berkapasitas 3730mAh yang mendukung Super VOOC fast charging.

Performa

Dengan spesifikasi di atas kertas yang telah kita paparkan di poin dua, smartphone ini sudah disiapkan untuk dapat menjalankan performanya dengan maksimal pada sistem operasi Color OS 5.1 dengan basic Android 8.1, bro. Lo akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan antar muka khas Oppo namun dengan variatif gesture menarik saat mengoperasikan smartphone ini.

Nah, itu dia bro pembahasan tentang Oppo Find X versi Gentlemancode. Gimana tertarik untuk punya smartphone ini? Kabarnya, smartphone ini akan hadir secara resmi dan bisa di pre order pada akhir Juli 2018 ini, bro. Untuk harga resmi saat diluncurkan di negara asalnya yaitu senilai 999 euro atau Rp 16,2 juta. Kabarnya lagi, smartphone ini akan hadir dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar 12 - 13 juta rupiah.

Sedikit tambahan, mungkin kalo Lo dengar tentang brand Oppo, memang merk ini belum terkenal dengan smartphone flagship-nya. Sepertinya Oppo perlu mengeluarkan dua sampai tiga kali smartphone dengan inovasi kerenn semacam ini agar orang-orang tahu bahwa "Oh.. Oppo juga punya flagship lho, nggak cuma Samsung dan iPhone aja ternyata". Nah, apakah Oppo Find X akan menjadi kiblat untuk smartphone di masa mendatang? Mari kita tunggu saja ya. Gimana bro, kira-kira Lo tertarik untuk beli smartphone ini nggak? Share di kolom komentar dong dan share juga di timeline Lo, ya. Thanks!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini