gentlemancode.id
BIAR LO NGGAK BINGUNG LO KENALI DULU SERI-SERI NYA, BRO.
Pilih Beli Macbook New, Pro atau Air ya?

PILIH BELI MACBOOK NEW, PRO ATAU AIR YA?

Published on Friday, 05 January 2018
Jazz Gunung 2018

Kalo kemarin Gw pernah membahas kenapa Macbook lebih keren dari laptop Windowskali ini Gw akan ngasi tahu Lo gimana caranya untuk memilih Macbook sesuai kebutuhan. Buat Lo yang masih bingung mau beli seri yang mana, dibawah ini akan Gw jelasin setiap seri Macbook yang ada sekarang supaya Lo paham apa kebutuhan Lo. Nggak usah basa-basi lagi, langsung disimak aja ya, Bro.

New Macbook

Kalo Lo sering mengikuti perkembangan Macbook, Lo pasti nggak asing sama seri ini. Ya, New Macbook adalah generasi Macbook terbaru. Model ini lebih banyak menonjolkan sisi modern dan mobilitasnya. New Macbook bisa dibilang adalah model Macbook yang paling tipis, ringan, dan memiliki banyak pilihan warna. 

Buat Lo yang nggak suka ribet bawa barang bawaan dan suka dengan laptop yang ringan dan praktis namun tetap powerfull. New Macbook cocok banget buat Lo, Bro! Untuk urusan performa, jangan khawatir, Bro. New Macbook dilengkapi dengan Intel Core m3 dan m5, Intel HD Graphic 515, dan memori RAM 8GB, Gw yakin ini udah cukup banget untuk memenuhi kebutuhan Lo, seperti ngerjain kerjaan kantor, tugas kuliah, nonton, atau main game berat sekalipun. Oh iya Bro, baterainya juga bisa tahan 10 jam lho! Nice.

Selain ringan, New Macbook punya layar yang nyaman banget. Beratnya cuma 0.92Kg dan ketebalannya 0.35 cm hingga 1.31 cm. Nah untuk ukuran layar, New Macbook hanya hadir dengan satu varian ukuran layar yaitu 12 inch saja. Nah yang menariknya lagi, New Macbook hadir dengan banyak varian warna, ada warna abu-abu, perak, gold, hingga rose gold. Cocok buat Lo yang berjiwa muda, bener nggak?

Kesimpulannya, kalo misal kebutuhan Lo sekadar untuk mengerjakan kerjaan harian, namun tetap ingin menemukan kenyamanan multimedia seperti dengerin musik, nonton sampe maen games, dengan bobot yang ringan dan desain elegan dan mewah, serta baterai yang awet, New Macbook adalah pilihan yang tepat, Bro!

MacBook Pro 

Macbook Pro memang didesain untuk menjadi MacBook model terbaik di antara semua model MacBook yang ada di pasaran, Bro. Kita bisa lihat dari kinerjanya yang nggak mengecewakan. Seperti yang Gw lansir dari macworld.co.uk, Macbook Pro dilengkapi dengan prosesor yang lebih baik dari semua model MacBook, sehingga tentu saja MacBook Pro memiliki kinerja yang lebih cepat. Selain prosesor, MacBook Pro juga memiliki RAM dan hardware yang lebih baik dari model MacBook lainnya. 

Macbook Pro hadir dalam dua varian yaitu retina dan non retina, dan dua varian ukuran yaitu 13 inch dan 15 inch.  MacBook Pro Retina Display ini sudah mendukung layar dengan resolusi Retina Display yang punya 4 juta piksel untuk model 13 inch dan 5 juta piksel untuk model 15 inch. Layar Macbook Pro Retina memiliki kerapatan pixel 227 PPI. Akurasi warna dan sudut pandang juga sangat tinggi, Bro. Jadi, nyaman banget buat dilihat dan membuat mata nggak gampang lelah. Nah, untuk Macbook Pro Non Retina agak berbeda Bro. Kerapatan pixel yang dimiliki oleh  Macbook ini hanya setengah dari yang model Retina Display yaitu 110 PPI. Dengan resolusi hanya 1280×800 pixel, resolusi layar ini termasuk rendah. Kenapa? Karena notebook dengan kelas yang sama sudah memiliki resolusi lebih tinggi yaitu 1366 pixel.

Untuk desain dan dimensinya sendiri agak berbeda, Bro. Model 13inch beratnya 1,58 Kg dan model 15 inch beratnya 2,04Kg. Untuk ketebalannya sekitar 1,8 cm di semua model. Lumayan lah, buat angkat beban. Hehe. Untuk baterai, model 13 inch bisa bertahan 10 jam dan model 15 inch bisa bertahan sampe 9 jam.

Jadi kesimpulannya, kalo Lo adalah orang yang butuh laptop untuk pekerjaan yang berat dan Lo butuh display yang oke, maka sebaiknya Lo pilih Macbook Pro Retina. Tapi, kalo Lo butuh laptop dengan performa bagus dan Lo tidak terlalu mementingkan display laptop tersebut, maka Lo bisa memilih Macbook Pro Non Retina

Macbook Air

Macbook Air hadir dengan ukuran yang ramping namun nggak seramping New Macbook. Macbook Air punya performa yang bisa dibilang lebih dari cukup, Bro. Macbook ini dilengkapi dengan Intel i5 1.6Ghz generasi ke 5 dan Intel HD Graphic 6000, lumayan banget menurut Gw, meskipun performa dan grafisnya sebetulnya kurang pas untuk menjalankan games kelas berat.

Macbook ini hadir dengan dua varian ukuran layar yaitu 13 inch dan 15 inch. Model 11 inch punya RAM 4GB sedangkan model 13 inch terbaru punya RAM 8GB. Untuk urusan baterai, Lo akan mendapatkan 9 jam penggunaan pada model 11 inch dan 12 jam penggunaan pada model 13 inch. Sayangnya Macbook Air belum mendukung resolusi Retina Display Bro padahal kalo udah bakalan makin keren menurut Gw.

Kesimpulannya, MacBook Air cocok banget buat Lo yang pengen punya laptop simple, tipis dan ringan namun tetap memenuhi produktifitas Lo dalam bekerja. MacBook Air ini juga cocok buat Lo yang suka bekerja di mana saja karena baterainya yang sangat awet hingga 12 jam lebih untuk model 13 inch. Jadi, laptop ini akan cocok banget buat Lo yang hobi nulis, mahasiswa, atau Lo yang harus bekerja di mana saja.

Nah Bro, itu dia jenis-jenis Macbook sesuai kebutuhannya, Bro. Kembali lagi semua tergantung kebutuhan Lo apa dan budget yang Lo punya berapa. Lo bisa survei terlebih dahulu untuk harga di situs resmi-nya Apple. Sekian dari Gw semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Baca juga : Tips untuk membeli laptop bekas

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id