gentlemancode.id
Smartphone BlackBerry yang Masih Layak Pakai di 2019

SMARTPHONE BLACKBERRY YANG MASIH LAYAK PAKAI DI 2019

Published on Wednesday, 02 January 2019

Siapa di antara Lo yang pernah make BlackBerry? Seperti yang Lo semua tahu, smartphone yang pernah dijuluki smartphone sejuta umat ini, kini udah mulai menurun pamornya. Walaupun pamornya nggak setenar dulu, namun hal ini ternyata nggak membuat produsen BlackBerry putus asa. 

Sejak pertama dirilis pada 18 tahun lalu, BlackBerry menggunakan BlackBerry OS pada sistem operasinya, yang ternyata membuat mereka kalah saing dengan kompetitornya, Android dan iOS. 

Sejak saai itu, Inovasi pun terus dihadirkan, dengan meluncurkan BlackBerry OS 10, yang sudah mendukung aplikasi Android. Tapi, hal tersebut nampaknya nggak membuat pamornya kembali membaik. 

Akhirnya, pada 2015 lalu, BlackBerry resmi menggunakan sistem operasi Android pada smartphone miliknya. Menariknya, smartphone dari BlackBerry ini nggak kalah bro dengan smartphone Android lainnya - bahkan dengan kelas flagship sekalipun.

Buat Lo yang penasaran gimana masih kerennya BlackBerry versi Android dan ingin mencobanya, dan juga ingin tau BlackBerry seri apa yang masih layak pakai di 2019? Simak ulasan lengkapnya di bawah ya!

BlackBerry Priv

BlackBerry Priv adalah smartphone BlackBerry pertama yang menggunakan sistem operasi Android, bro. Dengan mengusung konsep slider seperti BlackBerry Torch, di mana terdapat keypad fisik yang bisa disembunyikan dibelakang layar, smartphone ini terlihat menjanjikan.

Pada awal peluncurannya, BlackBerry Priv ada di harga 8 jutaan, bro. BlackBerry Priv hadir dengan layar 5,4 inci beresolusi 2.560 x 1.440 piksel dan kerapatan piksel 544 ppi. Desain layarnya yang edge curve membuat smartphone ini makin tampil elegan. BlackBerry Priv mengusung prosesor hexa-core Qualcomm Snapdragon 808 dengan kapasitas RAM 3 GB dan GPU Adreno 418. Untuk menunjang performanya, BlackBerry Priv dibekai baterai dengan kapasitas yang tergolong besar yaitu sebesar 3.410 mAh.

Untuk urusan kamera, BlackBerry Priv dibekali kamera sebesar 18 MP yang dirancang menggunakan lensa Schneider-Kreuznach dan dilengkapi fitur optical image stabilizer yang mampu menghasilkan video setara 4K. Sedangkan untuk kamera depan BlackBerry Priv dibekali kamera dengan resolusi 5 MP.

Berjalan pada sistem operasi Android 7.0, membuat smartphone ini masih layak untuk Lo pakai di 2019, karena masih mendukung banyak aplikasi hingga dua tahun kedepan. Desainnya yang elegan, bakalan membuat Lo tampil kece dan mencuri perhatian sekitar, bro.

BlackBerry Key 2 LE

Selanjutnya adalah BlackBerry Key 2 LE, bro. Smartphone ini dirilis awal 2018 lalu, dimana smartphone ini sudah menyuguhkan fitur dan teknologi yang canggih, bro. Pada awal peluncurannya, harga smartphone ini ada di angka 9 jutaan.

Untuk urusan performa, BlackBerry Key 2 LE ini mengusung chipset Snapdragon 636 dari Qualcomm, yang dilengkapi RAM sebesar 4 GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 32 GB.

BlackBerry Key LE 2 hadir dengan dukungan dual-camera belakang, dengan konfigurasi kamera sebesar 13 MP dan 5 MP. Ukuran smartphone ini pun terbilang compact, dengan hanya 4,5 inci dan beresolusi 1.620 x 1.080 piksel. Walaupun mengusung layar yang terbilang kecil, Tapi dimensi smartphone ini menjadi cukup besar karena memiliki keyboard fisik. Hal menarik, selain desain yang solid dan kekinian, smartphone ini sudah tersertifikasi IP67 yang membuatnya tahan air. 

BlackBerry Motion

BlackBerry Motion dirilis pada akhir tahun 2017 lalu, bro. Smartphone ini sepertinya didesain untuk Lo yang punya tingkat mobilitas tinggi dimana bodi smartphone ini terlapisi alumunium yang sangat kuat dan baterai besar berkapasitas 4000 mAh. Selain itu, BlackBerry Motion ini juga sudah tersertifikasi dengan IP67.

BlackBerry Motion dibekali prosessor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dengan dukungan RAM sebesar 4 GB. Untuk urusan grafis, smartphone ini lengkapi dengan GPU Adreno 506. 

Hadir dengan layar 5,5 inci beresolusi 1.080 x 1.920 piksel, BlackBerry Motion mampu menampilkan detail gambar dengan detail dan komposisi warna yang baik.

Untuk sektor kamera, smartphone ini punya kamera belakang 12 MP yang memiliki output gambar sangat baik, dan kamera depan sebesar 8 MP.

BlackBerry DTEK60

BlackBerry dikenal sebagai smartphone yang memperhatikan keamanan perangkat penggunanya. Untuk menyasar pebisnis professional, BlackBerry akhirnya merilis smartphone dengan fitur keamanan yang sangat kuat yaitu BlackBerry DTEK60. BlackBerry menyematkan software tambahan bernama DTEK yang nggak hanya mampu melindungi data penggunanya, tetapi juga bisa memonitor aplikasi yang terinstal.

Untuk urusan hardware, BlackBerry DTEK60 hadir dengan layar AMOLED 5,5 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel. Hadir dengan harga 7 jutaan, smartphone ini hadir dengan prosesor Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, Dual-core 2.15 GHz Kryo & Dual-core 1.6 GHz Kryo dan Adreno 530 dan dukungan RAM sebesar 4 dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB, membuat Lo akan leluasa menjalankan multitasking pada smartphone ini. 

Untuk urusan kamera juga nggak mengecewakan, karena smartphone ini hadir dengan kamera belakang 21 MP dan kamera depan sebesar 8 MP, yang keduanya mampu menghasilkan foto HD dengan detail yang baik. Hadir dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, BlackBerry DTEK60 bisa mendukung produktifitas Lo seharian penuh.

BlackBerry Key One

BlackBerry Limited Edition ini hadir di Indoensia pada akhir 2017 lalu, bro. Desainnya yang elegan dan solid, membuat smartphone ini masih cocok untuk digunakan di 2019. Smartphone ini hadir dengan chipset Snapdragon 625, dengan pilihan RAM 3 GB atau 4 GB, dan pilihan internal storagenya, 32 GB atau 64 GB.

Smartphone yang memiliki harga 8,9 juta pada awal perilisannya ini, memiliki kamera belakang 12 MP dengan fitur duo-tone flash dan kamera depan 8 MP. Smartphone ini sudah mendukung USB type-C, dukungan memori eksternal hingga 256 GB, dan baterai berkapasitas 3.505 mAh.

Oh iya, BlackBerry Limited Edition memiliki layar berukuran 4,5 inci dan  dilengkapi keyboard fisik QWERTY, bro. Selain desain yang bisa dibilang masih keren, sistem operasi Android 7.1 nya pun masih memungkinkan Lo untuk melahap banyak aplikasi kekinian. Dan yang menariknya lagi, smartphone ini memiliki update software yang rutin, sekuritas yang pasti aman dan BlackBerry Hub yang menyatukan notifikasi di satu tempat, cocok banget buat Lo yang memiliki mobilitas tinggi dan nggak mau ribet,

Nah, itu dia lima perangkat BlackBerry yang menurut Gw masih sangat worth it untuk dipakai di 2019 ini. Untuk harga terkini, Lo bisa mengeceknya di e-commerce atau situs ponsel terpercaya ya. Meskipun pamornya nggak semelejit dulu, sekali lagi kualitas dari smartphone BlackBerry nggak perlu diragukan lagi, bro. 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini