gentlemancode.id
Spesifikasi dan Ulasan Lengkap Nokia 6.1 Plus

SPESIFIKASI DAN ULASAN LENGKAP NOKIA 6.1 PLUS

Published on Monday, 19 November 2018

Setelah sempat sukses pada masanya dan gagal beberapa kali, ternyata nggak membuat Nokia menyerah begitu aja, bro. Buktinya pada 2017 yang lalu Nokia resmi menggunakan Android sebagai sistem operasinya, dan melanjutkan produksi ponsel mereka.

Singkat cerita begini, lisensi brand Nokia akhirnya diserahkan Microsoft kepada HMD Global, atau perusahaan yang berafiliasi dengan Nokia di Finlandia, dan smartphone Android pertama akhirnya dirilis untuk memenuhi kebutuhan pasar, dan china adalah pasar yang dipilih HMD, karena paling strategis menurut mereka. 

Nah, beberapa waktu lalu, HMD Global baru saja mengumumkan Nokia 6.1 Plus bro, smartphone ini adalah versi global dari Nokia X6 yang dijual di China. Dan pada 6 September 2018 lalu, Nokia 6.1 Plus akhirnya resmi rilis di Indonesia. 

Menurut Gw, sepertinya smartphone ini akan sangat digemari pasar Indonesia karena memiliki desain yang oke dan fitur yang mumpuni. Nah, bagaimana spesifikasi lengkap Nokia 6.1 Plus ini? Ini dia ulasannya!

Desain dan layar

Nokia 6.1 Plus hadir dengan desain yang sangat up to date dan build quality yang solid dengan frame metal-nya, bro. Bodi bagian depan dan belakangnya bermaterialkan kaca yang dilapisi Corning Gorilla Glass 3, dengan proteksi 2.5D curved Corning Gorilla Glass. Untuk ukuran, Smartphone ini memiliki dimensi 147.2 x 70.98 mm dan tebal  7,99 mm, serta bobot 151 gram.

Nokia 6.1 Plus mengusung layar bezelless dengan notch, dengan tipe IPS LCD yang memiliki ukuran 5,8 inci. Dengan resolusi layar FullHD+, Nokia 6.1 Plus ini hadir dengan aspek rasio 19:9. 

Untuk notch-nya sendiri, telah disematkan kamera depan, beberapa sensor dan juga earpiece. 

Beralih ke bodi belakang, terdapat dual-camera dengan LED flash yang diposisikan vertikal pada bagian tengah. pada bagian bawah, terdapat sensor finger print  dan logo Nokia dan Android One.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, Nokia 6.1 Plus memiliki konfigurasi dual kamera belakang dengan resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 dan lensa sekunder 5 MP dengan  aperture f/2.4 yang sudah didukung oleh dual tone flash. 

Untuk kamera depan, Nokia 6.1 ini memiliki kamera depan dengan resolusi 16 MP dengan aperture f/2.2 dan ukuran piksel 1.0 um. Selain itu, nggak ketinggalan juga fitur Bothie khas Nokia yang sudah di sematkan pada smartphone ini. Buat Lo yang belum tau, fitur Bothie ini berguna banget buat Lo yang ingin menampilkan ambience di depan dan belakang kamera sekaligus, dengan membagi layarnya menjadi dua. Menarik kan, bro?

Dapur Pacu dan hardware

Nokia 6.1 Plus dipersenjatai oleh chipset Snapdragon 636, dengan CPU Octa-core 1.8 GHz Kryo 260, yang didukung oleh GPU Adreno 509. Smartphone ini memiliki RAM sebesar 4 GB dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 64 GB. Soal kapasitas penyimpanan, Lo nggak perlu khawatir karena smartphone ini mendukung kapasitas penyimpanan eksternal menggunakan microSD up to 400 GB.

Hadir dengan kapasitas baterai 3.060 mAh, smartphone ini didukung oleh fitur input berupa USB Type-C, jack audio 3.5mm, OTG, dan Bluetooth 5.0, serta WiFi a/b/g/n/ac.

Android One

Sekadar informasi, Nokia 6.1 Plus ini termasuk ke dalam proyek Android One yang digagas oleh Google lho, bro. Dan sistem operasi yang disematkan pada smartphone ini adalah benar-benar murni Android Oreo, tanpa kustomiasasi apapun dari Nokia. Jadi bisa dipastikan dengan hardware yang dioptimalkan oleh Nokia dan sistem operasi yang dioptimalkan oleh Google, ini akan menjamin bahwa smartphone ini dapat berjalan mulus dan mendapatkan pembaharuan secara berkala, bro.

Nah, itu dia ulasan Gw mengenai Nokia 6.1 Plus. Oh iya, smartphone ini hadir dengan tiga pilihan warna antara lain gloss black, gloss white dan gloss midnight blue, bro. Untuk harga, HMD Global membandrol smartphone ini dengan harga Rp3.399.000 yang bisa Lo dapatkan melalui e-commerce dan toko offline distributor resmi Nokia. Sekian dari Gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya. Thanks and have a nice day!

Sumber gambar:
[1] https://www.nokia.com/phones/id_id/nokia-6-plus

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini