gentlemancode.id
Ulasan Lengkap dan Harga Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL!

ULASAN LENGKAP DAN HARGA GOOGLE PIXEL 3 DAN PIXEL 3 XL!

Published on Monday, 22 October 2018

Apabila kita mendengar nama Google, mungkin itu bukan sesuatu yang nggak asing lagi di telinga kita semua. Tapi, nggak semua orang tahu kalo Google juga punya Google Pixel yang merupakan smartphone andalan mereka. 

Ngomong-ngomong soal Google Pixel, akhrinya Google akan merilis Google Pixel 3 dan 3 XL, bro. 

Saat artikel ini diterbitkan, Gw belum tahu pasti kapan Google Pixel 3 resmi dirilis. Walaupun akan rilis resmi di bulan Oktober 2018 ini, tapi sayangnya Indonesia nggak akan kebagian Google Pixel 3. Kenapa? 

Nah, seperti yang Gw lansir dari situs The Verge, ada sebanyak 13 negara yang akan kebagian Google Pixel 3 ini, diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Jepang, Irlandia, Taiwan, Australia, Jerman, Italia, Kanada, Spanyol, India, dan Perancis. Sayang sekali bro, Indonesia nggak masuk kedalam daftar negara yang akan kebagian Google Pixel 3. Tapi tenang, biasanya Lo bisa mendapatkan smartphone ini di berbagai e-commerce kesayangan Lo setelah smartphone ini resmi diluncurkan, dan siap-siap aja dengan harga yang mungkin nggak rasional ya karena selain Apple, perangkat Google juga termasuk ke dalam perangkat yang memiliki harga yang bisa dibilang mahal.

Nah, spesifikasinya seperti apa?

Oke, Google dengan segala inovasinya, pasti menghadirkan smartphone yang punya nilai plus yang nggak dimiliki oleh smartphone lain, bro.  lalu, apakah worth it atau nggak sih smartphone ini untuk dibeli. Simak ulasan lengkapnya dibawah ya, bro!

Bodi dan Layar

Google Pixel 3 hadir dengan dimensi 145.6 x 68.2 x 7.9 mm, dengan bobot 148 g. Berbeda dengan Google Pixel 3 XL, smartphone ini mempunyai dimensi 158 x 76.7 x 7.9 mm dengan bobot 184 g. 

Smartphone yang sebagian besar bodinya bermaterial kaca ini memiliki resolusi yang sangat baik untuk smartphone di kelasnya. Google Pixel 3 memiliki resolusi FHD+ atau 1080x2160 piksel dengan lebar 5,4 inci dan hadir tanpa notch, sedangkan Goole Pixel 3 XL sudah mengusung resolusi QHD+ atau 1440x2960 piksel dengan lebar 6,3 dan memiliki notch.

Google Pixel 3 memiliki layar bertipe AMOLED, sedangkan untuk seri 3 XL dibekali dengan layar P-OLED yang ternyata dikembangkan oleh LG. 

Untuk sektor ketahanan, Lo nggak perlu khawatir karena smartphone ini sudah bersertifikasi IP67 yang pasti tahan air dan debu. 

Seperti generasi sebelumnya, Google Pixel 3 dan 3 XL tetap mempertahankan dual speaker stereo di bagian depannya. 

Beralih ke bagian samping, tedapat tombol voume dan power pada sisi bagian kanan, sementara sebelah kiri hanya ada slot micro sim. Sayangnya jack audio 3.5 mm absen dari smartphone ini, dan hanya terdapat USB type C pada sisi bagian bawah.

Dapur Pacu

Untuk dapur pacu, Google Pixel 3 dan 3 XL mengusung prosesor Snapdragon 845, yang memang saat ini adalah prosesor yang paling cepat dari Qualcomm. Untuk GPU-nya sendiri, kedua smartphone ini sudah memakai GPU Adreno 630. 

Nah, karena Google Pixel 3 ini sudah mengusung chipset Snapdragon 845, modem yang digunakan bersamaan dengan chipset ini diklaim mampu memberikan pengalaman berintrenet dengan kecepatan unduhan mencapai 1 Gbps atau Gigabit LTE, bro. Selain itu, smartphone Google ini sudah dioptimalkan untuk menjalankan Android 9.0 Pie dengan sangat smooth.

Kamera

Sama seperti kebanyakan smartphone saat ini, sepertinya kamera adalah salah satu nilai jual yang diunggulkan Google pada Google Pixel pada seri terbaru Google Pixel ini. Seperti yang Gw lansir dari 9to5google, meski hanya memiliki kamera beresolusi 12 MP, tapi Google telah mengoptimalkan algoritma Google Image untuk menganalisa ratusan foto dengan dipadukan AI (Artificial Intelligence) pada smartphone ini! 

Nah, terdapat fitur baru yang diperkenalkan oleh Google pada Google Pixel 3 dan 3 XL, antara lain:

  • Night Sight yang memungkinkan Lo untuk dapat mendapatkan foto yang detail dan jelas meskipun dalam kondisi yang minim cahaya dan tanpa flash.
  • Top Shot yang memungkinkan Lo untuk mengambil gambar tanpa blur atau juga seperti memejamkan mata. 
  • Super Res Zoom yang memungkinkan Lo untuk melakukan zooming tanpa mengurangi kualitas gambar.

Keren kan? Lanjut!

Google menyematkan dua kamera depan dengan resolusi 8MP dan lensa wide-angle. Lensa ini memungkinkan Lo untuk mengambil foto lebih lebar dengan kamera depan dan tanpa distorsi berlebih. Dynamic range dari Pixel 3 dan 3 XL sangat baik bro, hingga detil gambar yang ditangkap pun mampu bersaing dengan seri iPhone Xs dan Huawei P20 Pro! Cool!

Speaker Stereo

Seperti yang Gw singgung sebelumnya, Google Pixel 3 dan 3 XL memiliki dual speaker stereo pada bagian depan, Seperti yang Gw lansir dari 9to5google, salah satu kelebihan speaker Google Pixel 3 adalah fine-tuning dari salah satu produser bertitel pemenang Anugerah Grammy. Itu artinya kualitas audio yang dimiliki oleh Google Pixel 3 dan 3 XL nggak perlu diragukan lagi. Oh iya, nilai plus lain dari smartphone ini menurut Gw adalah Lo akan mendapatkan free 6 bulan layanan YouTube Music Premium, lumayan kan?

Wirelss Charging

Walaupun Google Pixel 3 dan 3 XL memiliki baterai yang nggak sampai 3.000mAh, tapi Google sudah mengoptimalkan perangkatnya agar dapat bekerja secara optimal dengan manajemen baterai yang baik sehingga dapat bertahan seharian. Selain itu, Lo nggak perlu khawatir ribet nge-charge smartphone ini karena Google Pixel 3 dan 3 XL sudah mendukung Wireless charging yang dapat mengisi daya baterai Lo dengan cepat, bahkan nggak sampai 1,5 jam buat terisi penuh, bro.

Nah, itu dia ulasan Gw mengenai Google Pixel 3 dan 3 XL. Per bulan oktober 2018, atau sejak diterbitkannya artikel ini belum ada harga yang benar-benar resmi untuk Google Pixel 3 dan 3 XL. Tapi, seperti yang Gw lansir dari techradar, untuk varian 64GB, harga Google Pixel 3 dibanderol dengan harga 799 Dollar atau setara Rp 12,2 juta, sedangkan Harga Google Pixel 3 XL dibanderol 899 Dollar atau setara Rp 13,7 juta Rupiah. 

Dikarenakan smartphone ini nggak akan masuk secara resmi di Indonesia, Lo bisa mendapatkan smartphone ini melalui e-commerce favorit Lo atau distributor lain yang terpercaya. 

Soal worth it atau nggak nya smartphone ini, menurut Gw, dengan inovasi yang ditawarkan Google terutama di sektor kamera dan performa, smartphone ini sangat worth it bro meskipun harganya lumayan mahal. Sekian dari Gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke temen-temen Lo ya. Thanks and have a nice day!

Sumber gambar:
[1] https://www.vrfocus.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini