gentlemancode.id
Ulasan Lengkap dan Harga Huawei Nova 3

ULASAN LENGKAP DAN HARGA HUAWEI NOVA 3

Published on Friday, 02 November 2018

Huawei sepertinya sangat-sangat serius melebarkan pasar smartphone di Indonesia, bro. Terbukti dengan gencarnya promosi dan begitu banyak produk yang mereka keluarkan seperti yang baru saja mereka rilis berapa waktu yang lalu yaitu Huawei Nova 3

Smartphone ini diperkenalkan secara global di Cina, pada 18 Juli 2018 lalu, sementara di Indonesia sendiri smartphone ini diperkenalkan pada 31 Juli 2018 yang lalu. 

Emang udah lama sih bro tapi Gw tetap tertarik untuk membahas smartphone ini. Spesifikasi dan desainnya yang keren adalah alasan utama kenapa Gw ingin mengulas smartphone ini sekarang. 

Nah, kalo Lo sekarang sedang mencari smartphone baru, mungkin Huawei Nova 3 bisa jadi salah satu pilihan Lo, bro.

Soal worth it atau enggak nya smartphone ini untuk dibeli, Gw akan membahasnya di dalam artikel ini, jadi simak pembahasan lengkapnya di bawah ya!

1. Desain dan Layar

Masuk sebagai kelas premium menengah, Huawei Nova 3 hadir dengan desain yang bisa dibilang keren banget, bro. Panel depan dan belakang smartphone ini dibalut oleh kaca sehingga membuat desain smartphone ini solid dan nyaman untuk digenggam dengan bentuknya yang curved

Huawei Nova 3 nampaknya sengaja mengadopsi desain smartphone kelas flagshipnya, Huawei P20 Pro. Hadir dengan sisi depan berwarna hitam, dengan notch yang menyerupai iPhone X, smartphone ini hadir dengan empat pilihan warna back cover yaitu primrose gold, black, light blue, dan blue-violet. Khusus untuk blue-violet, perpaduan warna yang ditawarkan serupa dengan gradasi pada smartphone flagship mereka.

Huawei Nova 3 hadir dengan USB type-C dan dual speaker, sehingga membuat smartphone ini semakin modern. 

Untuk dimensi, Huawei Nova 3 hadir dengan bodi yang cukup bongsor, dengan dimensi 157 x 73.7 x 7.3 mm, dengan bobot 166 gram. 

Untuk layar, smartphone ini memiliki layar seluas 6,3 inci bertipe IPS LCD dengan rasio 19,5 banding 9, dengan reolusi 2340 x 1080 piksel yang memiliki kerapatan layar 409 piksel per inci, bro.

2. Kamera

Menurut Gw, kamera adalah salah satu hal menarik dan nilai jual dari smartphone ini bro, karena nggak tanggung-tanggung, Huawei Nova 3 memiliki empat buah kamera. What??? 

Untuk kamera utama, smartphone ini mengusung dual kamera belakang dengan resolusi 16MP (color) dan 21MP (B/W sensor) masing-masing kamera memiliki bukaan f/1.8 dan disertai fitur PDAF, AI scene recognitions, contrast AF, dan HDR mode. 

Untuk kamera depan, smartphone ini juga mengusung dual kamera dengan resolusi 24MP dan 2MP dengan masing-masing bukaan f/2.0 dan mendukung fitur beauty mode dan AI, bro. Cocok banget buat Lo yang suka mengabadikan momen, karena kualitas gambar yang dihasilkan, bisa sangat baik kalo Lo memanfaatkan fitur yang ada dengan optimal.

3. Dapur Pacu & Hardware

Untuk dapur pacu, Huawei Nova 3 sudah didukung oleh chipset kelas flagship yaitu Kirin 970, bro. Smartphone ini memiliki RAM sebesar 6GB, dan pilihan storage penyimpanan sebesar 64GB dan 128GB. 

Untuk kapasitas penyimpanan Lo nggak perlu khawatir, karena smartphone ini sudah didukung penyimpanan eksternal hingga 256GB. 

Untuk graphic, meskipun memiliki layar bertipe IPS LCD, tapi smartphone ini sudah didukung GPU Turbo atau Mali-G72 MP12 untuk memastikan layar dapat menampilkan gambar yang smooth saat bermain game-game berat.

Lanjut ke sektor hardware, Huawei nova 3 memiliki baterai berkapasitas 3.750mAh. Tak ketinggalan untuk sektor keamanannya, smartphone ini sudah didukung oleh sensor fingerprint dan 3D face recognition. 

Untuk konektifitas smartphone ini sudah mendukung dual sim. 

4. Fitur

Huawei Nova 3 berjalan pada OS Android 8.1 dengan antarmuka EMUI 8.2, Bro. Fitur menarik dari smartphone ini adalah Qmoji 3D, yang mana fitur ini serupa dengan animoji-nya Apple atau AR Emoji-nya Samsung. 

AI scene recognition ini mampu mengidentifikasi 500 scene dan 22 kategori yang berbeda. Menarik kan?

Terus, fitur yang nggak kalah menarik adalah, app optimization, yang memungkinkan Lo untuk menjalankan aplikasi dengan smooth terlebih saat multitasking, karena fitur ini mengoptimasisasikan kerja RAM dan prosesor sehingga memiliki manjemen yang baik setiap Lo menjalankan aplikasi.

Nah, itulah pembahasan Gw untuk Huawei Nova 3. Saat diterbitkannya artikel ini, Huawei Nova 3 ada di harga sekitar Rp. 6,4 jutaan untuk varian RAM 6GB dan storage 128GB, sementara untuk varian RAM 6GB dan storage 64GB ada di harga  Rp. 4,7 jutaan.

Soal worth it atau nggak, menurut Gw dengan desain, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, smartphone ini recommended banget untuk dibeli. Tapi balik lagi, sesuikan dengan kebutuhan dan budget Lo ya. 

Oke deh, sekian dari Gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya. Thanks and have a nice day!

Sumber gambar:
[1] https://consumer.huawei.com/en/phones/nova3/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini