gentlemancode.id
Ulasan Lengkap mengenai Spesifikasi dan harga OnePlus 6T

ULASAN LENGKAP MENGENAI SPESIFIKASI DAN HARGA ONEPLUS 6T

Published on Tuesday, 27 November 2018

Bro, Lo pernah dengar smartphone dengan merk OnePlus nggak? Kalo belum, kali ini Gw akan membahas salah satu produk mereka yaitu OnePlus 6T.

Sebelum mulai, Gw pengen ngasi tahu Lo kalo OnePlus itu adalah perusahaan smartphone yang berasal dari China yang ternyata didirikan oleh mantan Vice Presiden OPPO, Pete Lau, bro. Kantor pusat mereka pun ada di Shenzhen, China yang hanya berbeda satu lantai dengan kantor pusat OPPO. 

OnePlus memiliki slogan Never Settle yang artinya nggak akan pernah berhenti. Seperti yang Gw lansir dari situs resminya, disebutkan bahwa mereka akan selalu mencari cara sampe bisa nemuin apa yang diinginkan oleh para pengguna, sehingga mereka bisa menghasilkan produk yang high end, tapi dengan harga yang relatif murah. Makanya  flagship killer adalah julukan yang tepat untuk OnePlus ini.

Seperti yang Gw bilang tadi, dalam artikel ini Gw akan membahas produk terbaru mereka yaitu OnePlus 6T. Meskipun saat diterbitkannya artikel ini, OnePlus 6T belum hadir secara resmi di Indonesia, tapi OnePlus 6T ini sudah memikat banyak para pengguna smartphone flagship karena spesifikasi dan harga yang ditawarkan cukup oke. Lalu, sekeren dan se-flagship apa sih smartphone ini? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini ya!

Bodi dan Layar

OnePlus 6T menurut Gw memiliki desain yang sangat solid, bro. Hadir dengan panel bermaterial kaca dan bezel alumunium yang sedikit curved pada setiap sisinya membuat smartphone ini terlihat kokoh dan nyaman dalam genggaman. Smartphone ini hadir dengan dimensi 157,5 x 74,8 x 8,2 mm dan memiliki bobot 185 gram. 

OnePus 6T memiliki material kaca yang sudah dilapisi lapisan anti pecah Corning Gorilla Glass 6 pada sisi depan dan belakangnya bro, jadi Lo nggak perlu takut bodi atau layar smartphone ini bakal kegores. Untuk desain, smartphone ini sudah oke banget menurut Gw. 

Untuk layar, OnePlus 6T mengusung layar AMOLED 6,41 inci berresolusi 1.080 x 2.340 piksel dengan aspek rasio 19,5:9. 

Salah satu yang unik dari smartphone ini adalah adanya notch, yang berukuran kecil semacam tetes air, seperti yang dimiliki OPPO F9, bro. Pada notch yang kecil ini terdapat earpiece, kamera depan dan beberapa sensor. Sayangnya OnePlus 6T tidak memiliki port jack audio 3,5 mm, melainkan digantikan oleh USB type C, sebagai port untuk mengisi daya, transfer data sekaligus untuk media mendengarkan musik melalui earphone.

Kamera

Pada sektor kamera, OnePlus 6T mengusung dual-camera belakang dengan konfigurasi 16 MP dan 20 MP yang memiliki aperture masing-masing f/1.7. Lensa 16 MP sebagai kamera utama sudah dilengkapi dengan OIS atau Optical Image Stabilization, bro. Sementara lensa 20 MP nya memiliki fungsi sebagai lensa telephoto, untuk membantu pengguna menghasilkan foto lebih tajam dengan efek bokeh. Jangan salah bro, dual kamera belakang OnePlus 6T ini sudah dilengkapi fitur Nightscape lho. Fitur ini memungkinkan pengguna, terutama yang hobi fotografi, untuk tetap dapat mengabadikan foto dengan kualitas yang baik meskipun dalam kondisi lowlight. Seperti fitur yang tertanam di Google Pixel 3 yang pernah Gw bahas sebelumnya. 

Beralih ke kamerea depan, OnePlus 6T memiliki kamera beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0. Kamera depan smartphone ini pun sudah dilengkapi fitur AI, mode portrait dan HDR yang memungkinkan Lo untuk mendapatkan hasil foto yang baik dengan kamera depan. Nice!

Dapur Pacu dan Hardware

Beralih ke sektor dapur pacu, sebagai smartphone kelas flagship, OnePlus 6T ini sudah mengusung chipset Snapdragon 845, di mana otak nya ini memiliki clock speed 2,8 GHz. 

OnePlus 6T hadir dengan pilihan RAM 6 GB dan 8 GB dan didukung kapasitas penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB. Meskipun smartphone ini hadir tanpa slot microSD, menurut Gw memori sebesar itu sudah sangat cukup banget untuk sebuah handphone.

Untuk dukungan hardware, OnePlus 6T mengusung baterai berkapasitas 3.700 mAh. Nggak ketinggalan sensor-sensor pendukung berupa Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass pun tersemat pada smartphone ini. Oh iya, untuk konektivitas, smartphone ini sudah mendukung USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, DLNA, hotspot.

Fitur Menarik

Fitur menarik dari smartphone ini menurut Gw adalah fitur fingerprint-nya yang terdapat di dalam layar. Untuk sektor keamanan, OnePlus menjamin keamanan data dan privasi dari penggunanya seperti terdapatnya dukungan keamanan biometric dan juga fitur face unlock yang memanfaatkan kamera depan. 

Sistem Operasi

OnePlus 6T mengusung sistem operasi OS Android 9.0 Pie dengan OxygenOS ala OnePlus. Canggih kan?

Nah, itu dia bro ulasan Gw mengenai OnePlus 6T. OnePlus 6T hadir dengan pilihan warna Mirror Black dan Midnight Black. Saat artikel ini diterbitkan atau per November 2018, OnePlus 6T ada di harga Rp 8,4 juta untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128, sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB ada diharga Rp8,8 juta dan untuk RAM 8 GB dan ROM 256  ada di harga Rp9,5 juta.

Lo sudah bisa mendapatkan smartphone ini di e-commerce yang ada di Indonesia, bro. Harganya memang sedikit lebih mahal dari yang ditawarkan oleh OnePlus, namun kalo Lo mau bersabar, mungkin di awal 2019 nanti harga smartphone ini bisa lebih stabil. 

Gimana bro, berminat? Soal worth it atau nggak nya, menurut Gw dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, smartphone ini cukup worth it, bro. Lo bisa cek deh harga kompetitor dengan spesifikasi yang serupa, pasti memiliki harga di atas OnePlus 6T. 

Oke deh, Gw rasa itu aja dari gw, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya. Sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Sumber gambar:
[1] https://www.oneplus.com/6

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini