gentlemancode.id
SEKILAS SIH KAYA SAMA, PERBEDAANNYA APA YA?
Vivo V7 dan Oppo F5, Pilih Mana?

VIVO V7 DAN OPPO F5, PILIH MANA?

Published on Wednesday, 29 November 2017

Hi, Bro. Kalo sebelumnya Gw pernah ngebahas mengenai spesifikasi Oppo F5 dengan performanya yang gagah, dan layar serta kamera yang keren, kali ini Gw akan ngulik dan membandingkan Oppo F5 dengan kompetitornya Vivo V7. Kenapa Vivo? Karena menurut Gw smartphone ini punya beberapa kemiripan, Bro. Nah, penasaran apa aja kemiripan dan apa aja perbedaannya ? Baca sampai selesai ya, Bro.

Sebelum Gw lanjut, Gw pengen sedikit membahas mengenai kedua brand ini. Lo tau nggak Bro, ternyata Oppo dan Vivo adalah saudara di bawah naungan perusahaan induk yang bernama BBK Electronics Corporation asal Tiongkok. Awalnya, BBK Electronics memang nggak bermain di industri ponsel. Perusahaan China ini sebelumnya malah membuat tiruan dari konsol game Super Nintendo. Tapi nggak hanya itu, BBK Electronics juga menggarap berbagai alat elektronik lain meski saat itu belum mengarah ke industri ponsel hingga akhirnya BBK mendirikan Oppo dan Vivo.

Kalo dilihat nih, Bro, desain Oppo dan Vivo memang mirip banget dengan iPhone. Kedua brand ini ini juga sama-sama menerapkan teknologi dual-camera pada beberapa smartphone buatannya dengan penempatan yang hampir sama. Karena berada di bawah perusahaan yang sama, Oppo dan Vivo nampaknya melakukan riset smartphone bersama untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi brand-brand mereka.

Seperti yang Gw pernah sebutkan pada artikel ini, Oppo F5 diluncurkan pada 13 November 2017, sedangkan Vivo V7 diluncurkan hanya berselang 3 hari dari perilisan Oppo F5 yaitu pada 16 November 2017. Nah, back to the main topic Bro, lebih baik pilih Oppo F5 atau Vivo V7? Terus bagaimana sih performa dan spesifikasi dari kedua brand bersaudara ini. Simak jawabannya dibawah ini ya!

OPPO F5 VIVO V7
DIMENSI
Dimensi : 156.5 x 76 x 7.5 mm Dimensi : 155.9 x 75.8 x 7.7 mm
Berat : 152 gram Berat : 160 gram
LED Notifikasi : Ada LED Notifikasi : Ada
LAYAR
Layar IPS LCD Capacitive Layar IPS LCD Capacitive
Lebar layar 6.0 inch Lebar layar 5.99 inch
Resolusi : 1080 x 2160 pixels Resolusi : 720 x 1440 pixels
Kerapatan : ~ 402 ppi Kerapatan : ~ 401 ppi
Gorilla Glass 5 Gorilla Glass 4
JARINGAN
Jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G Jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G
HSDPA: 42.2 mbps & HSUPA : 5.76 mbps HSDPA: 42.2 mbps & HSUPA : 5.76 mbps
LTE Cat 9 450/50 Mbps LTE Cat6 300/50 Mbps
Dual SIM Dual SIM
KAMERA
Kamera Belakang 16 MP Kamera Belakang 16 MP
Phase detection autofocus Phase detection autofocus
LED flash LED flash
Perekam Video 1080p@30fps Perekam Video 1080p@30fps
Kamera Depan 20 MP + AI Kamera Depan 24 MP
Screen flash Soft LED flash
PROSESOR & GPU
Chipset : Mediatek MT6763T Helio P23 Chipset : Snapdragon 450
CPU : Octa Core 2.3 GHz CPU : Octa-core 1.8 GHz
GPU : Mali-G71 MP2 GPU : Adreno 506
MEMORI DAN RAM
RAM 4 GB RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB/td> Memori Internal 64 GB
Micro SD up to 256 GB Micro SD up to 256 GB
SENSOR
Face Unlock Face Unlock
Fingerprint Fingerprint
Accelerometer Accelerometer
Proximity Proximity
Gyroscope Gyroscope
Compass Compass
KONEKTIVITAS
WiFi 802.11 b/g/n WiFi 802.11 b/g/n/ac
Wi-Fi Direct Wi-Fi Direct
Hotspot Hotspot
GPS - A GPS Support GPS - A GPS Support
Bluetooth v4.2, A2DP Bluetooth v4.2, A2DP
- Radio FM
Micro USB v2.0 Micro USB v2.0
USB OTG USB OTG
BATERAI
Baterai Li-Ion 3200 mAh Baterai LI-Ion 3225 mAh
Non-Removable Non-Removable

 Di atas kertas, itulah Bro perbedaan spesifikasi dari Oppo F5 dan Vivo V7, tapi bagaimana realitanya? Kita coba bandingkan secara detail ya!

Pertama, dari Sisi Hardware

OPPO F5 mengusung prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sedangkan Vivo V7 mempunyai prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Terlihat dari hardware yang ditanamkan, dan sisi performa yang dihasilkan oleh processor dari masing-masing brand,  OPPO F5 lebih unggul, Bro.

Kedua, dari Sisi Kamera

Seperti yang kita tahu, kamera adalah salah satu aspek penting dari sebuah smartphone. Nah yang menariknya, kedua brand ini sama-sama menonjolkan kamera sebagai kelebihan mereka. OPPO F5 telah dibekali dengan kamera depan beresolusi 20 MP dan kamera belakang dengan resolusi 16 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan Vivo V7 dilengkapi dengan kamera depan 24 MP dan kamera belakang beresolusi 16 MP. Untuk kamera, kamera depan Vivo lebih unggul dibandingkan OPPO F5. Sedangkan untuk besarnya pixel, Vivo menduduki peringkat pertama dalam perbandingan ini, Bro.

Ketiga, dari Sisi Layar

Dilihat sekilas, besar layar kedua smartphone ini seperti sama. Padahal mereka memiliki perbedaan sekitar 0,3 inci, Bro. Oppo F5 menggunakan layar penuh 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 pixel), berteknologi IPS, dengan aspect ratio 18 : 9, dan memenuhi bagian depannya. Sedangkan Vivo V7 mempunyai layar 5,7 inci dengan resolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dengan aspect ratio 18:9, dan memenuhi bagian depan dengan julukan FullView. Dari resolusi, Oppo F5 lebih unggul mengingat ukuran layarnya juga lebih besar yaitu 6 inci.

Keempat, dari Sisi Fitur yang ditawarkan

Oppo F5 dan Vivo V7 sama-sama  dibekali dengan teknologi facial unlock untuk membuka layar. Persamaan lainnya yaitu tersedianya port micrUSB 2.0, port jack audio 3,5 mm, Wi-Fi, dan Bluetooth. Sensor yang tersemat dikedua smartphone ini pun sama Bro, sama-sama punya facial unlock, fingerprint, accelerometer, proximity, gyrosope, dan compass.

Kelima, dari Sisi Baterai

OPPO F5 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Sedangkan Vivo V7 dilengkapi dengan baterai berapasitas 3.200 mAh. Meskipun kapasitas baterainya sama, Vivo V7 diklaim lebih hemat karena processor Snapdargon yang digunakannya.

Nah, itu dia Bro perbandingan Oppo F5 dan Vivo V7. Sekarang Gw akan mencoba menarik kesimpulannya ya. Oke, sebenernya cukup sulit untuk memilih mana yang sebaiknya Lo pilih, mengingat hampir nggak ada perbedaan yang berarti pada dua smartphone ini. Dari sisi hardware dan layar, Oppo F5 memang unggul. Tapi dari segi kamera dan baterai Vivo V7 lebih unggul. Untuk Fitur dan sensor keduanya memiliki komponen yang sama. Jadi lebih pilih mana Oppo F5 atau Vivo V7? Untuk jawaban pertanyaan tersebut adalah kembali lagi sama kebutuhan Lo, Bro. Keduanya sama-sama punya hardware yang mumpuni, kameranya juga terbilang bagus untuk ukuran sebuah smartphone, layar yang sama jernih, dan kapasitas baterai yang sama. So, pilihan Lo jatuh ke mana, Bro? Share di kolom komen ya!

Sumber gambar:
[1] http://vivo.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id