gentlemancode.id
iPhone X vs Samsung Galaxy S9, pilih mana?

IPHONE X VS SAMSUNG GALAXY S9, PILIH MANA?

Published on Wednesday, 02 May 2018

Siapa sih yang nggak pengen punya smartphone flagship? Semua orang kayanya pengen deh punya smartphone keren dan super canggih seperti smartphone flagship yang dikeluarkan oleh beberapa brand terkenal seperti Samsung dan Apple. Kalo Lo sudah mengalokasikan budget untuk membeli smartphone flagship, sekarang saatnya segera Lo cari referensi sebelum membelinya bro biar Lo nggak salah pilih.

Sebelumnya, Gentlemancode sudah pernah membahas seputar smartphone flagship, beberapa di antaranya adalah membahas smartphone iPhone X dan Samsung Galaxy S9. Nah kalo Lo sedang bingung dalam memilih iPhone X atau Samsung Galaxy S9, kali ini Gentlemancode akan mencoba membandingkan dua smartphone flagship besutan Apple dan Samsung ini. Semoga dengan artikel ini Lo bisa mendapatkan pencerahan mengenai kedua smartphone ini ya. Langsung saja, ini dia perbandingan iPhone X vs Samsung Galaxy S9 versi Gentlemancode!

1. Desain

Dari segi desain iPhone X dan Samsung Galaxy S9 memiliki dimensi yang nyaris sama, bro. Keduanya mengusung layar seluas 5,8 inci dengan panel OLED pada iPhone X, dan AMOLED pada Galaxy S9. Sama-sama hadir dengan bezel super tipis, iPhone X hadir menggunakan "notch" atau bagian yang menutupi sedikit layar bagian atas untuk menempatkan beberapa sensor. Sementara Galaxy S9 tidak memiliki notch, tapi Samsung menggunakan bezel yang tipis dibagian atas dan bawah, sehingga membuat bentang layar Galaxy S9 ini terlihat lebih lega. 

2. Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki dual kamera. Kamera iPhone X memiliki lensa wide-angle dengan bukaan F/1.8 dan F/2.8, khusus kamera kedua (red: yang posisinya di bawah) iPhone X ini memiliki kemampuan telephoto, bro. Sedangkan kamera belakang Galaxy S9 memiliki dual-aperture f/1.5 dan f/2.4.

Resolusi kamera depannya punya selisih yang tipis banget. Kalau iPhone X punya kamera depan beresolusi 7 megapiksel, Galaxy S9 punya resolusi 8 megapiksel.

Masih tentang kamera, Galaxy S9 dibekali fitur super slow-motion dengan kecepatan 960 fps beresolusi 720p, yang diklaim setara dengan hasil kamera profesional, sedangkan iPhone X belum mengadopsi teknologi seperti ini.

3. Hardware dan Peforma

iPhone X hadir dengan chipset A11 Bionic yang dirakit sendiri oleh Apple. Chipset tersebut memiliki kecepatan 2.4GHz. Sedangkan Galaxy S9 hadir dengan chipset Snapdragon 845 untuk perangkat yang dipasarkan di Amerika Serikat. Sementara di pasar lainnya, Galaxy S9 menggunakan chipset Exynos. Chipset tersebut memiliki kecepatan 2.8GHz. Walaupun dari spesifikasi chipset, iPhone X berada di bawah Galaxy S9, tapi secara historis perangkat Apple tetap mampu bersaing dengan Samsung dari segi performa. Untuk kapasitas RAM, keduanya hanya selisih 1 GB, Galaxy S9 lebih unggul dengan kapasitas 4 GB. Tapi secara keseluruhan, performa kedua smartphone ini memang nggak perlu diragukan lagi, bro!

Beralih ke kapasitas memori, Galaxy S9 punya tiga pilihan kapasitas memori, yaitu 64GB, 120GB, dan 256GB dengan ditambah memori eksternal hingga 400GB. Sementara iPhone hanya menawarkan opsi 64GB dan 128GB tanpa memori eksternal.

4. Fitur Keamanan

Kedua ponsel ini sama-sama memiliki fitur pengenal wajah yang bisa Lo gunakan untuk membuka lock screen. Tapi walaupun begitu, teknologi yang digunakan oleh dua smartphone ini sangat berbeda. iPhone X memiliki fitur pengenal wajah yang bernama Face ID dengan menggunakan teknologi infrared yang memetakan wajah penggunanya secara 3D (TrueDepth Camera). Sedangkan Galaxy S9 menggunakan teknologi Intelligent Scan dengan kombinasi pengenal iris mata.

Dari segi keamanan, iPhone X sepertinya masih unggul walaupun hanya mengandalkan teknologi TrueDepth Camera (tidak ada fitur fingerprint). Sementara Galaxy S9 mengusung fingerprint dan iris scanner. Meski Galaxy S9 menyematkan iris scanner yang sistemnya mirip dengan Face ID di iPhone X, yaitu dengan menghadapkan wajah ke kamera, tapi  dari situs dan review yang sudah ada di internet, teknologi Apple masih dianggap lebih unggul, bro.

Nah, itu dia perbandingan antara iPhone X dan Samsung Galaxy S9. Gimana, udah dapat pencerahan? Sebagai tambahan, Gentlemancode juga akan memberikan informasi perbandingan spesifikasi dari kedua smartphone ini. Berikut ini adalah spesifikasi di dari kedua smartphone flagship ini:

SAMSUNG GALAXY S9 IPHONE X
NETWORK
GPRS, EDGE, 3G, 4G, LTE GPRS, EDGE, 3G, 4G, LTE
HSDPA: 42.2 mbps & HSUPA : 5.76 mbps HSDPA: 42.2 mbps & HSUPA : 5.76 mbps
LTE Cat 12 600/50 Mbps LTE Cat 16 1024/150 Mbps
Dual SIM, Nano SIM Single SIM
DESAIN
Dimensi : 148.9 x 68.1 x 8 mm Dimensi : 143.6 x 70.9 x 7.7 mm
Berat : 195 gram Berat : 174 gram
Bahan: Metal + Glass Bahan: Metal + Glass
Ada (Always-on display) LED Notifikasi : Ada
IP68 sertified IP67 certified
SOFTWARE
Android v 8.0 Oreo iOS 11
Samsung Experience Apple iPhone UI
LAYAR
Layar super AMOLED Capacitive Layar Super AMOLED Capacitive
Lebar 6.3 inch Lebar 5.8 inch
Resolusi : 1440 x 2560 piksel Resolusi : 1125 x 2436 pixels
Kerapatan :~521 ppi Kerapatan : ~458 ppi
Gorilla Glass 5 , Always-on display Scratch resistant Glass
DAPUR PACU
Chipset : Exynos 9810 Chipset : Apple 11 Bionic
CPU : Octa-core 2.35 GHz Cortex-A57 & 1.9 GHz Cortex-A72 CPU : Hexa-core
GPU : Mali-G71 MP20 GPU : Apple GPU
RAM : 4/6 GB RAM : 3 GB
KAMERA
Kamera Belakang 12 MP (f/1.6, 26mm, 1/2.5″, 1.4 µm) dual Kamera Belakang 12MP+12 MP
Phase Detection Autofocus Phase Detection Autofocus
2x Optical zoom dual Optical stabilzation
dual-LED flash Quad-LED flash
Perekam Video 2160p@30fps Perekam Video 2160p@30fps
Kamera Depan 8 MP Dual Kamera Depan 7 MP
MEMORI
Memori Internal : 64 /128 GB Memori Internal 64/128/256GB
Micro SD Up to 256 GB No Micro SD
FITUR LAIN
WiFi 802.11 a/b/g/n WiFi 802.11 a/b/g/n
Wi-Fi Direct Wi-Fi Direct
Hotspot Hotspot
Radio FM Radio FM
GPS – A GPS Support GPS – A GPS Support
USB Type C USB v 2.0
USB OTG USB OTG
SENSOR
Fingerprint Fingerprint
Accelerometer Accelerometer
Proximity Proximity
Gyro Gyro
Compass Compass
Iris Scanner -
Ambient Light -
- Face ID
KAPASITAS BATERAI
Baterai Li-Po 3800mAh Baterai Li-Po 2716 mAh
Non-Removable Non-Removable
Fast Charging + wireless charging Fast Charging + wireless charging
HARGA
Rp10 Jutaan Rp13/15 Jutaan

Nah, kira-kira begitu bro perbandingannya. Semoga Lo bisa menentukan smartphone flasgship mana yang akan Lo pilih sebagai daily driver Lo ya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di share ya! Have a nice day! 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini