gentlemancode.id
iPhone XR, versi Murah iPhone seri X?

IPHONE XR, VERSI MURAH IPHONE SERI X?

Published on Wednesday, 19 September 2018

Tepat di special event Apple, 12 september lalu, selain meresmikan iPhone Xs, Xs Max dan Apple watch series 4, Apple juga merilis iPhone Xr sebagai penerus dari iPhone 8 dan 8 Plus yang spesifikasi dan harganya dibawah iPhone Xs dan iPhone Xs Max.

Apa yang menarik dari iPhone seri ini adalah, pilihan warna yang tersedia, bro. Seperti iPhone 5C, iPhone Xr hadir dengan enam varian warna, antara lain hitam, putih, biru, kuning, merah (product red) dan warna baru yakni coral.

Lalu, benarkah iPhone Xr adalah versi murah dari iPhone X? 

Sebelum masuk ke poin tersebut, mari kita bahas spesifikasi dan detailnya dulu ya! Ini nih, bro:

Layar

Kita mulai dari segi layar, kalo Lo pengguna iPhone seri Plus yang mempunyai layar sebesar 5,5 inchi beresolusi 828 x 1792 piksel dengan 326 PPI. iPhone seri terbaru ini hadir dengan ukuran layar 6.1 inci berteknologi Liquid Retina Display dengan panel LCD, bukan OLED seperti iPhone seri X lainnya, bro. Pada iPhone ini, Lo nggak akan menemukan home button lagi, karena iPhone seri 8 sepertinya adalah generasi iPhone terakhir yang memiliki home button.

Hal lain yang sangat disayangkan adalah, hilangnya fitur 3D Touch, bro. Tapi sebagai gantinya ternyata Apple menghadirkan teknologi yang baru yaitu Haptic Touch, yaitu teknologi seperti pada trackpad kaca yang terdapat pada MacBook.

Masih soal layar, Apple kini menyematkan fitur "tap to wake" yang memungkinkan penggunanya  untuk dapat menyalakan layar dengan nge-tap permukaan layar.

Tapi, sebenernya teknologi ini sudah ada di smartphone Android sejak 2013 lalu, sih. Ketinggalan lagi nih kayanya Apple.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, iPhone Xr hadir dengan kamera belakang tunggal yaitu sebesar 12MP, bro. Tapi ada satu hal yang cukup disayangkan, iPhone ini tidak mendukung mode Portrait seperti iPhone seri X dan Xs, dan tidak menggunakan fitur image segmentation, bro. Tapi, mode TrueDepth tetap hadir pada iPhone Xr ini.

Dapur Pacu

Seperti iPhone generasi Xs, iPhone Xr dibekali oleh chipset Apple A12 atau kita sebut Bionic With Next-Gen Neural Engine yang mengusung processor Hexa-core dan didukung oleh RAM sebesar 3GB. Untuk soal performa, nggak usah diragukan lagi soal kecepatannya dalam menjalankan aplikasi dan sistem operasinya, bro! Dijamin kenceng! 

Body

iPhone Xr hadir dengan bodi bermaterial Aerospace-Grade Aluminum Metal Body, bro. Dengan finishing Glassy di bagian depan dan belakang bodinya, membuat iPhone ini terkesan eksklusif. Dimensi bodinya mencapai 150 x 75.7 mm berketebalan 8.3mm. Untuk bobotnya sendiri yaitu 194 gram, yang konon kata Apple adalah yang paling ringan di jajaran iPhone seri X. Pas lah buat ditangan, mau itu pria ataupun wanita.

Hardware

iPhone Xr juga mendukung dual sim, yaitu nano dan e-sim, yang dapat aktif secara bersamaan!

Untuk audio, kualitasnya juga nggak perlu diragukan lagi karena didukung oleh Dolby Audio dengan speaker stereo. Untuk baterai, iPhone Xr sudah mendukung Quick Charge yang dapat mengisi daya hingga 50 persen dalam 30 menit dan juga didukung oleh teknologi pengisian daya nirkabel Wireless Charge.

Namun sayang, nggak seperti iPhone Xs dan Xs Max yang mendapatkan peningkatan soal ketahanan air dan debu dengan sertifikasi IP68, iPhone Xr masih menggunakan IP67, bro. Sayang banget ya? Coba disamain aja, bener nggak?

Nah, dengan hilangnya beberapa fitur dan teknologi lama yang masih diterapkan di iPhone Xr, wajar dong kalo iPhone Xr hadir dengan harga yang lebih murah ketimbang iPhone X seri lain. iPhone Xr hadir dengan tiga varian memori, yakni 64GB, 128GB dan 256 GB, dan dibanderol dengan harga mulai dari $749 atau sekitar 10,7 jutaan. Menurut Gw sih masih mahal ya. Hehe.

Gimana menurut Lo, bro? Apakah Lo tertarik untuk memiliki iPhone ini? Memang agak nanggung sih, tapi balik lagi disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Lo ya.

Oke deh, itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan Lo mengenai iPhone seri terbaru Apple ya. Thanks and have a nice day!

Sumber gambar:
[1] https://www.apple.com/iphone-xr/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini