gentlemancode.id
iPhone Xs dan Xs Max. Ini spesifikasi lengkapnya!

IPHONE XS DAN XS MAX. INI SPESIFIKASI LENGKAPNYA!

Published on Tuesday, 18 September 2018

iPhone Xs!

Waduh bro, masih hangat-hangatnya nih. 

Tepat tanggal 12 September 2018 pagi waktu California, pada event tahunan Apple yang bertajuk "Gather Round" kemarin, Apple akhirnya merilis generasi terbaru dari iPhone 8,8 Plus dan iPhone X, yaitu iPhone Xs, Xs Max dan juga iPhone XR! 

Apa sih yang baru dari iPhone Xs dan Xs Max? 

Sama seperti iPhone X, iPhone terbaru ini masih mengusung layar bazel-less, bedanya kali ini Apple menghadirkan iPhone X versi bongsor, yaitu iPhone Xs Max, dan varian warna Gold, bro! 

Nggak cuma itu, iPhone generasi terbaru ini ternyata sudah mengusung sertifikasi IP68, yang berarti iPhone ini anti air dan juga debu, yang bisa bertahan di kedalaman dua meter selama kurang lebih tiga menit. 

Hadir dengan tiga varian warna, yaitu Gold, Silver dan Space Gray, iPhone generasi terbaru ini disebut-sebut sebagai smartphone masa depan, bro. Hmmm, layak nggak ya smartphone ini disebut seperti itu?

Coba kita bahas bareng-bareng yuk mengenai apa saja hal baru yang ditawarkan oleh Apple melalui  iPhone Xs dan Xs Max ini?  Setelah itu, baru Lo tentukan apakah smartphone ini layak disebut dengan smartphone masa depan.

1. Layar 

iPhone generasi terbaru Apple ini mengusung konsep layar "surgical-grade" atau layar yang dibalut dengan stainless yang kokoh.

iPhone Xs dan iPhone Xs Max hadir dengan menggunakan layar OLED berteknologi Super Retina Display. Nggak hanya itu, layar perangkat ini juga memiliki teknologi Dolby Vision dan HDR10, untuk menjamin akurasi warna yang ditampilkan.

iPhone Xs mengusung dimensi layar 2436 x 1125 piksel, dengan 458 ppi dan iPhone Xs Max mengusung dimensi 2688 x 1242 piksel, dengan 458 ppi.

Seperti karakteristik layar retina bro, iPhone ini mampu menampilkan warna hitam yang sangat pekat dan punya dynamic range tampilan HDR hingga 60% lebih baik. 

Nah, meskipun punya ukuran layar yang bongsor yaitu 5.8 inci untuk iPhone Xs dan 6.5 inci untuk iPhone Xs Max, iPhone ini akan tetap mudah untuk dioperasikan, karena mengusung layar bezel-less tadi bro, kira-kira sebesar iPhone 8 Plus lah untuk iPhone Xs Max nya. 

2. Dapur Pacu

iPhone Xs dan Xs Max sama-sama memiliki prosesor A12 Bionic. Ya, dari segi performa nggak perlu diragukan lagi, prosesor besutan Apple ini adalah prosesor pertama yang menggunakan chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor, gimana nggak ngebut coba?

Dari informasi yang Gw baca dari Apple forum, di dalam satu prosesor terdapat 4-core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine, dan core CPU A12 yang diklaim mampu menjalankan program 15 persen lebih cepat ketimbang A11, sementara GPU-nya 50% lebih baik, bro!

Spesifikasi ini memang diperuntukan untuk iOS 12 yang menonjolkan AR (augmented reality), ML (machine learning), Siri dan juga fitur memoji. 

3. Dual Sim?

Seperti yang digembor-gemborkan Apple, iPhone Xs dan Xr mengusung dual SIM. Dari informasi yang Gw dapet dari Apple, dual sim Apple ini menggunakan Nano SIM dan eSIM. Tapi, fitur ini belum bisa digunakan pada awal dirilisnya iPhone Xs dan Xs Max ini, bro.

Dual SIM pada iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr baru akan bisa digunakan pada akhir tahun 2018 melalui software update. Konon kabarnya, teknologi terbaru ini memungkinkan keduanya bisa sama-sama aktif atau diistilahkan "Dual SIM Dual Standby", yang mana sebetulnya teknologi ini sudah dipakai oleh kebanyakan smartphone sejak tahun 2012. Menurut Gw Apple agak ketinggalan sih, tapi okelah akhirnya fitur ini hadir juga di iPhone.

4. Kamera

Beralih ke sektor kamera, seperti pendahulunya, iPhone Xs dan Xs Max mengusung kamera modular ganda atau dual-camera pada bagian belakang. Kedua kameranya mengusung resolusi 12 megapiksel, dengan lensa wide angle dan telephoto. Kamera iPhone ini sudah dilengkapi stabilizer optikal (OIS) dan lensa 6 elemen, bro. Kamera ini memiliki bukaannya F/1.8 untuk wide angle dan F/2.4 untuk telephoto dan dapat melakukan zoom optikal hingga 2x.

Beralih ke kamera depan, kamera ini memiliki resolusi 7 megapiksel.  Sensornya diklaim lebih cepat dari iPhone X dengan bukaan  F/2.2. Apple menyematkan teknologi Image Signal dan Neural Engine pada kamera untuk menghasilkan foto selfie yang maksimal. Tidak ketinggalan juga, Apple mengenalkan juga fitur Smart HDR dimana penggunanya dapat mengambil empat foto berturut-turut, nggak ada lagi shutter lag, jadi Lo nggak perlu khawatir ketika mengambil foto objek yang bergerak.

5. Hardware

iPhone Xs dan Xs Max, masih menggunakan teknologi face ID yang sama dengan pendahulunya. Untuk baterai, seperti yang Gw lansir dar digitaltrends.com, iPhone Xs ternyata punya baterai yang diklaim 30 menit lebih tahan lama dibandingkan iPhone X. Untuk iPhone Xs Max diklaim dapat tahan 90 menit lebih lama dibandingkan iPhone X, Bro. iPhone terbaru Apple ini juga dibekali oleh speaker berteknologi speaker stereo, yang tentu akan membuat kualitas suara semakin ciamik.

6. Harga

Ngomongin harga, jangan harap Apple akan ngasi harga murah bro karena Lo tahu lah Apple memang nggak pernah ngasi harga murah untuk produk-produk mereka.

Dari informasi yang Gw dapat dari situs Apple Store, berikut adalah harga Apple yang udah Gw konversikan ke rupiah per bulan September 2018 ini. Ini dia bro harganya:

TIPE HARGA (IDR)
iPhone Xs 256GB 20.321.862
iPhone Xs 64GB 17.739.942
iPhone Xs Max 512GB 25.270.542
iPhone Xs Max 256GB 21.935.562
iPhone Xs Max 64GB 19.353.642

Gimana bro, untuk mendapatkan iPhone Xs atau Xs Max Lo harus mengeluarkan uang sebesar itu? Balik lagi, sebaiknya sesuaikan sama kebutuhan Lo ya! Kalo emang mampu dan Lo butuh, sah-sah aja Lo beli. Kalo nggak mampu jangan maksain. 

Oke deh, Gw rasa itu aja informasi mengenai iPhone Xs dari Gw, semoga bermanfaat dan semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Lo tentang iPhone Xs dan Xs Max ya! Thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini