gentlemancode.id
5 Tips Penting Dalam Memilih Smartwatch

5 TIPS PENTING DALAM MEMILIH SMARTWATCH

Published on Thursday, 23 November 2017

Kalo beberapa kali terakhir Gw banyak ngebahas tentang smartphone, kali ini Gw akan ngebahas tentang smartwatch, Bro. Pastinya Lo tau kan apa itu smartwatch? Ya, jam pintar yang memiliki fungsi hampir sama dengan smartphone ini selain membuat penampilan Lo makin oke, juga memiliki fitur yang bisa membantu Lo untuk menjadi lebih produktif. Asal, Lo tau bagaimana Lo memanfaatkan fitur tersebut dan mengaplikasikannya dalam aktifitas Lo.

Kalo saat ini Lo sudah menemukan smartwatch yang cocok buat Lo, Lo tinggal memaksimalkan fungsinya aja, Bro. Tapi kalo Lo masih belum punya smartwatch dan berniat untuk memilikinya tapi masih bingung smartwach apa yang pas buat Lo, kali ini Gw akan ngasih beberapa tips buat Lo dalam memilih smartwach!

1. Pastikan Lo tau apa kebutuhan Lo dengan smartwach tersebut

Sebelum Lo memutuskan untuk membeli smartwatch, hal pertama yang harus Lo perhatikan adalah sesuaikan smartwatch dengan kebutuhan Lo. Untuk kebutuhan olahraga kah, sekadar fasion kah, untuk mendukung travelling kah atau untuk mendukung hobi Lo. Lo bisa mencari referensi melalui internet atau kalo Lo punya waktu, Lo bisa mengunjungi toko-toko gadget dan meminta gadget specialist di toko tersebut memberikan referensi smartwach yang sesuai dengan kebutuhan Lo, Bro. Berbanding lurus dengan fitur-fitur yang ditawarkan, smartwatch biasanya dibanderol dengan harga variatif. Jadi, sebaiknya Lo menyesuaikan smartwatch dengan kebutuhan Lo ya.

2. Pilih smartwatch yang kompatible sama os smartphone yang Lo punya

Pengguna smartwatch umumnya sudah memiliki smartphone sebelum memiliki smartwatch. Mereka cenderung akan memilih smartwatch yang kompatible dengan OS yang smartphone mereka gunakan baik itu iOS atau Android. Smartwatch yang keren menurut Gw adalah smartwatch yang bisa kompatible dengan semua OS. Ini pertimbangan penting yang nggak boleh Lo tinggalkan sebelum memutuskan membeli smartwatch, Bro. Nah jangkauan nirkabel yang diperlukan juga harus dipertimbangkan. Dari yang Gw tau, kebanyakan smartwatch bukanlah perangkat yang berdiri sendiri, melainkan dirancang secara khusus sebagai perangkat pendamping smartphone. Smartwatch terhubung melalui Bluetooth dan selalu dalam jangkauan nirkabel smartphone, meskipun beberapa brand mengeluarkan smartwatch yang bisa berjalan mandiri tanpa smartphone, tetap saja faktor operating system (OS) dan kompatibilitas sekali lagi sangat penting, Bro.

3. Pelajari spesifikasi dari smartwach yang akan Lo beli

Setelah poin 1 dan 2 sudah Lo pertimbangkan, hal yang sebaiknya Lo lakukan adalah Lo harus mempelajari spesifikasi dari smartwatch yang akan Lo beli, Bro.  Nah, Gw akan menyarankan pilihlah smartwatch yang punya fitur-fitur ini:

a. GPS
GPS atau Global Positioning System adalah sensor yang mengizinkan Lo untuk mengetahui lokasi dengan menggunakan berbagai satelit. Sama seperti pada smartphone, GPS juga memperbolehkan Lo mengetahui lokasi secara real-time.

b. Heart Rate Monitor
Heart Rate Monitor alias sensor detak jantung akan memberikan Lo informasi berapa detak jantung tubuhmu per menitnya. Kebanyakan smartwatch menggunakan sensor detak jantung bertipe optical. Sensor ini punya dua elemen, yaitu sumber cahaya (light source) dan penerima cahaya (light sensor). Dengan menganalisis perubahan cahaya, sensor ini mampu menghitung detak jantung Lo.

c. Gryroscope
Gyroscope adalah sensor yang digunakan untuk mengukur orientasi. Pada smartwatch, sensor ini mampu mengukur perubahan arah ataupun kecepatan rotasi. Fitur ini akan berguna kalo Lo sering bermain Virtual Reality (VR) saat menggunakan smartphone.

d. Accelerometer
Accelerometer adalah sensor yang digunakan untuk mengukur akselerasi dan mendeteksi pergerakan saat Lo menggunakan smartwatch. Untuk melakukan pengukuran, sensor ini akan mengukur perubahan dari kecepatan dan posisi penggunanya.

e. Fitness tracker
Buat Lo yang suka banget olahraga, fitur ini nggak boleh ketinggalan, Bro. Fitur fitness tracker ini berfungsi untuk memonitor aktivitas sepanjang hari selama Lo memakainya. Fitness tracker terdiri dari berbagai macam sensor, misalnya pendeteksi langkah kaki, pengukur detak jantung, dan sebagainya.

f. Pedometer
Nah, buat Lo yang pengen punya tubuh bugar fitur ini musti ada di smartwatch Lo, Bro. Pedometer atau step counter pada dasarnya adalah sensor yang berfungsi untuk menghitung jumlah langkah serta mengukur sejauh mana Lo melangkah dengan berjalan kaki. Pedometer sangat umum digunakan saat Lo beraktifitas, berolahraga, jalan santai, maupun berlari.

g. Quantitied self
Sama seperti sleep monitor, quantified self memungkinkan Lo untuk mengukur kondisi psikologi pengguna dengan mengukur kandungan nutrisi tubuh, aktivitas fisik, dan pola tidur.

h. SpO2
SpO2 berfungsi untuk menghitung jumlah oksigen dalam darah. SpO2 adalah salah satu sensor yang berkaitan dengan heart rate monitor. Seperti pada wearable device milik Withings, SpO2 akan mengukur dengan menganalisis cahaya yang melewati bagian tubuh, karena jumlah oksigen dalam darah akan berpengaruh pada warnanya.

i. Sleep Monitor
Sleep monitor pada smartwatch memungkinkan Lo untuk menganalisis aktivitas Lo saat tertidur, baik dalam segi durasi, kualitas, konsistensi, dan sebagainya. Untuk melakukannya, smartwatch akan mengombinasikan accelerometer, heart rate monitor, dan gyroscope untuk mendapatkan hasil.

j. NFC
Near Field Communication adalah teknologi yang memungkinkan perpindahan data antara chip jika saling berdekatan satu sama lain. Untuk pembayaran cashless seperti Apple pay atau Android pay, fitur NFC ini akan sangat berguna, Bro.

Nah, selain itu putuskan untuk memilih smartwatch yang memiliki jaringan seluler sehingga bisa berjalan mandiri tanpa smartphone atau smartwatch yang difungsikan menggunakan smartphone.

4. Perhatikan budget yang Lo punya

Setelah poin 1 sampai 3 sudah oke, Lo musti realistis dengan budget yang Lo punya, Bro. Untuk harga, Lo bisa Lo cari referensinya di e-commerce atau toko offline yang menjual perangkat smartwatch yang Lo incer, Bro. Seperti yang Gw sebutkan di atas harga smartwatch berbanding lurus dengan fitur-fitur yang ditawarkan, makanya smartwatch memiliki harga yang variatif.

5. Pilih desain yang cocok sama tangan Lo

Hal terakhir yang nggak boleh kelewat adalah soal desain. Apalagi Lo adalah orang yang cukup memperhatikan fashion. Smartwatch hadir dengan beberapa model, Bro. Ada gaya klasik dengan tampilan mirip arloji dengan tali kulit atau stainless steel. Ada juga tampilan modern dengan tali terbuat dari silicon fleksibel. Selain itu ada juga smartwatch yang water proof atau waster resistant, serta kacanya diperkuat lapisan gorilla glass sehingga tahan goresan. Ada juga smartwtach yang hanya punya tombol fisik, ada juga yang mengusung layar sentuh dan tombol fisik. Macem-macem, Bro. Sesuaikan dengan kebutuhan dan pilihlah desain yang memang menurut Lo lebih mudah digunakan.

Nah, itu dia Bro tips yang bisa Lo ikuti sebelum Lo memutuskan untuk membeli smartwatch. Intinya, pastikan Lo tau apa kebutuhan Lo dengan smartwach tersebut, tentukan smartwatch yang kompatible dengan OS smartphone yang Lo punya, pelajari spesifikasi dari smartwach yang akan Lo beli, perhatikan budget yang Lo punya dan pilihlah desain yang cocok buat tangan Lo. Oke, Gw rasa itu aja, Bro. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen atau keluarga Lo yang lagi bingung milih smartwatch ya Bro. Thanks.

Sumber gambar:
[1] https://www.apple.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini