gentlemancode.id
RUMAH SEKARANG MAHAL-MAHAL BRO. BUAT LO YANG UDAH MULAI MIKIRIN UNTUK MEMBELI RUMAH, LO BISA IKUTI TIPS INI UNTUK MEWUJUDKANNYA.
6 Strategi Membeli Rumah Untuk Pasangan yang Baru Menikah

6 STRATEGI MEMBELI RUMAH UNTUK PASANGAN YANG BARU MENIKAH

Published on Thursday, 10 May 2018

Bagi pasangan yang baru saja menikah, rumah menjadi salah satu kebutuhan yang perlu diprioritaskan. Sayangnya, membeli rumah bukan perkara gampang, apalagi pasangan baru umumnya terkendala dengan keadaan finansial yang belum mapan. Namun, Lo bisa lebih cepat memiliki rumah jika menerapkan strategi yang tepat. 

Dilansir dari Swara Tunaiku, inilah beberapa strategi yang patut dilakukan.

1. Buatlah perencanaan finansial

Mulailah mencari informasi terkait rumah yang Lo inginkan, seperti lokasinya, tipe rumah, maupun kisaran harga yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Lo. Carilah referensi dari berbagai tempat, baik lewat internet maupun di pameran-pameran properti.

Kalo Lo sudah menemukan kriteria rumah yang diinginkan serta kisaran harganya, saatnya Lo melakukan perencanaan keuangan untuk membeli rumah. Misalnya, berapa target dana yang perlu dikumpulkan setiap bulan dan bagaimana Lo mencapai target tersebut.

2. Pisahkan dana dalam rekening khusus

Untuk memastikan bahwa dana tersebut tidak digunakan untuk kepentingan lain, pisahkanlah ke dalam rekening khusus, bro. Pastikan Lo dan pasangan mengisi rekening ini secara konsisten sesuai dengan perencanaan finansial yang telah kalian susun.

Sebagai contoh, bila rumah yang Lo incar nilainya Rp400 jutaan, Lo perlu menyiapkan uang muka sebesar Rp80 juta. Ditambah dengan biaya bank dan notaris, maka Lo perlu uang sekitar Rp100 jutaan sebagai dana awal pembelian rumah.

Jika total penghasilan kalian Rp4 juta per bulan, sisihkan minimal Rp800 ribu untuk ditabung. Dalam setahun, kalian bisa mengumpulkan Rp19 juta dan DP bisa terbayarkan dalam 5 tahun.

3. Membuat anggaran bulanan

Lo dan pasangan perlu berkomitmen untuk menabung. Untuk itu, susunlah anggaran yang realistis dan kurangi belanja konsumtif. Prioritaskan dana yang tersisa untuk kebutuhan yang penting dan hindari membeli barang-barang berharga mahal dan kurang dibutuhkan. Jadikanlah anggaran yang sudah Lo susun sebagai pedoman yang wajib dipatuhi demi membeli rumah sendiri.

4. Cari penghasilan tambahan

Selain mengandalkan gaji yang sekarang, ada baiknya Lo dan pasangan juga mencari penghasilan tambahan. Dengan begitu, dana untuk membeli rumah juga semakin cepat terkumpul. 

Ada beragam peluang yang bisa dimanfaatkan, antara lain dengan menjadi reseller atau dropshipper, driver taksi/ojek online, maupun mengambil pekerjaan bebas sesuai keahlian Lo, seperti menulis, desain, fotografi, dan lain-lain.

5. Pertimbangkan investasi

Selain menabung, Lo juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan investasi. Investasikan sebagian pendapatan Lo ke dalam instrumen investasi jangka panjang seperti reksa dana. Dengan begitu, Lo bisa memperoleh imbal hasil yang lebih besar dibandingkan deposito. Bila kurang paham soal ini, coba berkonsultasilah dengan rekan yang lebih paham.

6. Evaluasi tabungan dan hasil investasimu secara berkala

Lakukan evaluasi terhadap tabungan dan investasi Lo setiap 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun sekali. Dengan begitu, Lo bisa melihat sejauh mana kemajuan Lo dalam mengumpulkan uang untuk membeli rumah serta menyesuaikan langkah yang perlu ditempuh untuk mencapai target yang ingin dicapai. 

Dengan menerapkan strategi di atas, membeli rumah bagi pasangan baru bukan hanya impian. Selamat berusaha!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id