gentlemancode.id
HATI-HATI DIMANFAATKAN ORANG, BRO!
Bahaya Hoax dan ujaran kebencian

BAHAYA HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN

Published on Friday, 05 January 2018

Tidak bisa kita pungkiri berita bohong dan ujaran kebencian sering banget kita temui akhir-akhir ini khususnya di sosial media. Banyak diantaranya begitu meyakinkan sehingga banyak yang akhirnya menyebarkannya dan mungkin beberapa diantaranya adalah orang yang kita kenal. Dampaknya, banyak orang yang terpengaruh dan percaya kepada informasi bohong tersebut karena mereka menganggap informasi tersebut benar hanya karena informasi tersebut viral.

Tentu ini sangat disayangkan, dimana kita selalu butuh sama yang namanya informasi tapi disisi lain kita di jejali dengan banyaknya berita bohong dan ujaran kebencian yang kita terima hampir setiap hari. Disini kita harus pintar dalam menyerap informasi Bro, Lo harus pilih informasi mana yang bermanfaat dan mana yang tidak karena kalo engga Lo bisa termakan informasi-informasi tersebut.

Kita nggak bisa membendung arus informasi yang terus mengalir setiap detiknya. Disini yang diperlukan adalah kejelian Lo dalam memilah mana informasi yang baik dan mana yang engga. Kalo misalnya baik Lo ambil dan boleh Lo bagikan kepada orang lain, tapi kalo ternyata informasi itu jelek maka biarin informasi itu berhenti di Lo, minimal informasi itu nggak tersebar lebih jauh lagi.

Menyebarkan berita bohong itu nggak akan ngasi manfaat apa-apa untuk kita malah yang ada hanya akan ngerugiin Lo dan orang lain tentunya. Bayangin aja, sebuah berita bohong atau informasi palsu bisa bikin orang jadi ribut dan bermusuhan, nama baik seseorang bisa tercemar, dan hidup seseorang bisa hancur karena fitnah seseorang. Nggak jarang hal ini berujung lebih buruk Bro dan itu udah banyak banget contohnya.

Dampak buruk berita bohong dan ujaran kebencian

Berita bohong dan ujaran kebencian hanya akan menuntun Lo kepada perpecahan. Kerukunan antar suku jadi terganggu, kerukunan antar umat beragama jadi nggak harmonis lagi dan ujungnya kita jadi orang yang senang untuk membenci.

Kalo kita terlalu sering menerima berita bohong dan ujaran kebencian, maka sedikit demi sedikit Lo akan menjadi orang yang nggak bisa nerima perbedaan. Lo jadi salah paham dan akhirnya paham Lo jadi salah. Ini bahaya, Bro. Apalagi Lo nyebarin paham Lo yang salah itu sama orang lain. 

Untuk itu, Lo harus sangat pintar Bro dalam menerima informasi supaya Lo nggak dibohongin dan dimanfaatin orang lain. Informasi atau berita apapun yang Lo peroleh sebaiknya Lo periksa terlebih dahulu kebenarannya, jangan langsung disebarkan, karena bisa jadi informasi atau berita tersebut merupakan sebuah kebohongan atau merupakan modus untuk memancing kita meyakini seakan-akan informasi atau berita tersebut benar. 

Berita bohong sebenarnya bisa kita deteksi dengan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah sebuah informasi atau berita itu asli atau bohong (hoax) diantaranya adalah:

1. Periksa telebih dahulu informasi atau berita yang kita terima

Banyak sekali informasi yang tersebar di internet yang bernada provokatif. Berita seperti itu harusnya jangan kita percayai begitu saja dan akan lebih baik kalo Lo mengabaikannya. 

Untuk memastikan apakah informasi atau berita yang kita terima tersebut benar, pastikan situs yang menuliskannya adalah situs yang kredibel dan sudah dikenal luas dalam dunia informasi, sehingga kita bisa memastikan bahwa informasi atau berita tersebut benar.

2. Cek domain serta url situs yang menampilkan Informasi atau Berita tersebut

Sangat penting buat Lo untuk melakukan pengecekan apakah berita atau informasi yang Lo terima berasal dari situs terpercaya atau tidak. Saat ini udah banyak banget situs-situs berita abal-abal yang sering menampilkan informasi-informasi palsu didalam situs mereka. Untuk itu, kita sebagai pengguna internet yang pintar harus teliti untuk mengetahui apakah suatu informasi itu asli atau bohong. Salah satu cara yang bisa Lo lakukan adalah dengan mengecek domain situs dan url berita atau informasi yang Lo terima. Sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah situs yang memuat informasi atau berita tersebut tersebut menggunakan url yang benar atau tidak, sehingga kita bisa terhindar dari informasi palsu.

3. Jangan terlalu mudah percaya

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah sebaiknya kita selalu menggunakan akal sehat kita ketika menerima informasi, jangan terlalu gampang percaya, jangan mudah terpancing, dan jangan ragu untuk mengecek keaslian dan kebenaran sebuah informasi atau berita yang kita terima tersebut.

Apapun itu, berita bohong tetaplah berita bohong. Apapun tujuannya menyebarkan berita bohong atau ujaran kebencian tentunya tidak dibenarkan karena dampaknya akan banyak merugikan. Jadi Bro, pintarlah dalam menyerap informasi dan ajak orang-orang terdekat Lo untuk mulai menyaring informasi apa saja yang mereka terima supaya mereka tidak terjebak oleh informasi bohong atau ujaran kebencian yang akhirnya hanya akan merugikan mereka.

Baca juga : Etika Menggunakan Sosial Media

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id