gentlemancode.id
Cara Merawat Mobil dengan Baik dan Benar

CARA MERAWAT MOBIL DENGAN BAIK DAN BENAR

Published on Thursday, 01 February 2018

Buat Lo yang baru aja beli mobil baik itu baru atau bekas pastinya Lo perlu melakukan perawatan yang benar supaya mobil Lo awet dan tetap terlihat baik meskipun udah lama. Mungkin banyak dari kita yang hanya mengandalkan perawatan mobil kepada mekanik di bengkel ketika melakukan servis bulanan saja. Enggak salah sih emang, tapi banyak sekali detail-detail dari mobil yang hanya bisa di ketahui oleh pemiliknya saja. Untuk itu, Lo perlu tau mengenai gimana cara yang benar untuk merawat mobil kesayangan Lo.

Banyak hal yang harus Lo perhatikan mulai dari bagian luar sampe dengan bagian dalam. Cat mobil, kaca, dan lampu jangan sampe Lo abaikan perawatannya agar tongkrongan mobil Lo tetap terlihat keren. Selain itu, perhatikan juga bagian interior mobil supaya lebih awet. Terus, lakukan perawatan secara berkala untuk mesin mobil Lo supaya mobil Lo bisa panjang umur, bro.

Panaskan mobil setiap hari sebelum digunakan agar oli dapat melumasi seluruh komponen mesin mobil Lo. Kalo misalnya mobil Lo kehujanan maka usahakan agar Lo langsung menyiram mobil Lo dengan air bersih supaya cat mobil Lo awet. Setelah itu lap mobil Lo dengan lap yang memiliki permukaan yang halus untuk menghindari baret pada body mobil.

Cara merawat mobil matic dan manual udah pasti beda bro, namun yang membedakan biasanya hanya pada bagian mesin saja sedangkan untuk bagian luar sepertinya sih sama aja.

Kalo Lo suka memodifikasi mobil Lo dengan menambahkan fitur-fitur lain maka Lo harus memberikan perhatian ekstra kepada perawatannya. Pilih akesoris yang aman dan mintalah montir yang ahli untuk memasangkannya. Hal ini dilakukan agar mobil Lo nggak rusak dan mobil Lo tetap aman untuk digunakan.

Buat Lo yang baru belajar mobil, masalah yang paling sering terjadi adalah masalah baret karena salah parkir atau menyenggol kendaraan lain di jalan. Emang sih, buat Lo yang baru belajar, markir mobil adalah hal yang tidak bisa dibilang gampang apalagi tempat parkirnya sempit dan nggak ada orang yang bantu markirin mobil Lo.

Nah bro, dibawah ini adalah beberapa tips mengenai cara merawat mobil yang baik dan benar. Gimana caranya?

1. Menjaga cat mobil

Untuk menjaga mobil Lo agar tetap terlihat gagah, Lo perlu memperhatikan perawatan cat nya, bro. Hati-hati ketika berkendara dan hati-hatilah ketika memarkir kendaraan agar cat mobil Lo nggak baret. Selain itu, gunakan sabun cuci khusus ketika Lo mencuci mobil Lo jangan menggunakan sembarangan sabun. Setelah itu, gunakan lap halus untuk mengeringkan mobil Lo supaya cat mobil Lo nggak ke gores. Jangan lupa, untuk menggunakan penutup mobil untuk menghindari lembab dan panas matahari.

2. Perhatikan pemakaian bahan bakar

Penggunaan bahan bakar yang kurang tepat akan berpengaruh kepada kinerja mesin mobil Lo, bro. Untuk itu gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan mobil Lo dan usahakan untuk selalu mengisi bahan bakar di tempat yang memang resmi supaya nggak ada campuran bahan lain yang akan menggangu kinerja mesin mobil Lo. 

3. Ganti Oli Secara Berkala

Oli adalah salah satu komponen pendukung yang sangat penting untuk performa mobil. Agar keadaan mesin mobil Lo selalu maksimal, Lo harus rutin melakukan penggantian oli. Setiap jenis mobil biasanya memiliki ketentuan yang berbeda untuk waktu penggantian oli. Tapi biasanya penggantian oli dilakukan ketika mobil Lo sudah menempuh jarak 3000 KM sampai dengan 5000 KM.

Oli tidak hanya berpengaruh kepada performa mesin saja, bro. Lebih dari itu oli bertindak sebagai penahan gesekan antara komponen di dalam mesin mobil Lo. Jadi, sangat penting buat Lo untuk melakukan penggantian oli secara berkala. Pastikan Lo memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Lo.  Kalo misalnya Lo nggak ngerti. Maka sebaiknya Lo menyerahkan hal tersebut kepada mekanik kepercayaan Lo, bro.

Perhatikan pula pemakaian oli power steering, bro. Kalo misalnya oli power steering udah hampir habis maka bisa menyebabkan setir mobil jadi berat dang akan menyulitkan Lo ketika mengemudi. Salah satu tanda yang paling jelas ketika oli power steering Lo mulai habis adalah munculnya bunyi pada pompa ketika mobil Lo belok.

4. Mengecek air radiator

Banyak dari kita yang suka lupa untuk meperhatikan hal ini, air radiator berfungsi untuk menetralkan panas dalam mesin mobil Lo. Jadi, pastikan untuk rutin mengecek air radiator Lo, bro. Kalo air radiator Lo kosong, hal tersebut akan menyebabkan overheat pada mesin sehingga bisa menyebabkan mobil Lo rusak.  Tidak hanya itu bro, kosongnya air radiator dapat juga membahayakan pengemudi, sehingga penting untuk melakukan pengecekan secara rutin pada air radiator agar performa radiator sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga dengan baik.

5. Gunakan transmisi dengan benar

Saalah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga performa mesin agar tetap optimal adalah dengan pemakaian transmisi dengan benar. Buat Lo yang baru belajar mengemudi, maka Lo perlu meningkatkan kemampuan Lo agar semakin jago dan semakin paham ketika menggunakan transmisi, baik itu transmisi otomatis maupun manual. 

6. Periksa kondisi knalpot

Knalpot merupakan komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas sisa-sisa kendaraan. Periksa secara rutin kondisi knalpot mobil Lo dan pastikan tidak terjadi penyumbatan supaya pembuangan gas mobil Lo tetap lancar.

7. Lakukan tune up secara rutin

Lo bisa melakukan tune up di bengkel-bengkel resmi, bro. Hal ini bisa membuat mesin mobil Lo tetap awet. Pada proses tune up, kondisi komponen-komponen mesin mobil akan diperiksa secara menyeluruh, sehingga kalo ada komponen yang sudah tidak layak akan langsung ketahuan, bro.

8. Penuhi Tangki Bensin

Mungkin hal ini terlihat sepele karena banyak orang yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bensinya dengan penuh. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan sangat membahayakan apabila kotoran dan kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Untuk itu sesekali isi penuh tangki bensin mobil Lo agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

9. Servis secara berkala

Nah, untuk memastikan mobil selalu dalam keadaan yang baik maka jangan sampe Lo lupa untuk melakukan servis secara berkala. Biasanya servis yang dilakukan meliputi berbagai hal diantaranya adalah membersihkan bagian dalam dan bagian luar kendaraan, mengganti oli, penambahan cairan radiator, penggecekan kondisi baterai atau aki mobil, pemeriksaan pelumas rem serta berbagai pemeriksaan lainnya. Hal ini tentu akan sangat membantu bro, apalagi kalo misalnya Lo nggak terlalu ngerti soal seluk beluk mobil.

Menjaga kendaraan Lo untuk selalu dalam kondisi prima merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar kendaraan Lo awet dan tahan lama. Selain itu, perawatan yang baik akan memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Lo bisa melakukan perawatan kendaraan Lo secara rutin sesuai dengan yang tertera pada buku panduan atau Lo bisa melakukannya di bengkel-bengkel resmi.

Dengan melakukan perawatan yang benar maka performa mobil akan maksimal dan komponen mobil akan lebih panjang usianya, bro. Kerusakan dalam komponen atau tidak berfungsinya suatu sistem dalam mobil merupakan salah satu akibat dari kurang perawatan. Tidak jarang akibat kelalaian tersebut menyebabkan kejadian seperti rem blong, bahan bakar boros, dan menurunnya perfoma mesin yang menggakibatkan turun mesin. 

Semoga bermanfaat bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini