gentlemancode.id
Cara Sederhana untuk mengatasi rasa khawatir berlebihan

CARA SEDERHANA UNTUK MENGATASI RASA KHAWATIR BERLEBIHAN

Published on Wednesday, 13 June 2018

Rasa khawatir adalah sebuah perasaan yang wajar untuk kita alami, bro. Tapi, Lo perlu hati-hati kalo misalnya rasa khawatir yang Lo alami sampai berlebihan. Rasa khawatir berlebihan akan mengganggu kualitas hidup Lo bro karena Lo jadi nggak bisa tenang jalananin hidup Lo. Nah, dibawah ini adalah cara-cara yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi rasa khawatir berlebihan, diantaranya adalah:

1. Bersosialisasi

Manusia itu pada dasarnya adalah makhluk sosial. Untuk itu, Lo perlu berinterkasi dengan orang lain agar Lo bisa bersosialisasi dengan mereka. Kalo Lo menutup diri kepada orang lain dan kehidupan sosial Lo, maka itu hanya membuat rasa khawatir Lo semakin parah.

2. Tarik nafas panjang

Cara sederhana ini efektif bro untuk memberikan rasa tenang dan mengurangi rasa khawatir. Cobalah untuk mengambil nafas yang panjang dan hembuskan secara perlahan ketika Lo merasa tegang atau cemas.

3. Tetap Berfikiran Positif

Usahakan agar tetap berfikiran positif bro agar rasa khawatir Lo tidak menggerogoti Lo. Kalo Lo udah merasa rasa khawatir Lo udah sangat mengganggu, maka Lo harus berfikir bahwa Lo akan baik-baik aja. 

4. Jangan memikirkan hal-hal yang belum terjadi

Rasa khawatir bisa timbul karena Lo terlalu banyak memikirkan hal-hal yang belum tentu kejadian, bro. Untuk itu, jangan cemaskan hal-hal yang belum terjadi karena itu hanya akan membuang energi saja. Daripada seperti itu, mendingan Lo fokus pada hidup Lo saat ini jangan mencemaskan sesuatu yang masih misteri.

5. Prioritaskan hal-hal yang penting saja

Fokuslah pada hal-hal yang penting saja bro jangan memikirkan hal-hal yang tidak ada artinya. Dengan begitu, Lo nggak akan mudah merasa khawatir.

6. Tenangkan diri

Salah satu hal yang terbukti ampuh untuk mengatasi rasa khawatir berlebihan salah satunya adalah dengan menenangkan diri, bro. Lo bisa melakukannya dengan cara ngomong sama orang-orang terdekat Lo mengenai masalah yang Lo alami, atau Lo juga bisa mengatasinya dengan cara lebih banyak beribadah. Berbicara mengenai masalah kita kepada orang lain terbukti bisa sedikit mengurangi beban pikiran kita. Begitupun dengan memperbanyak melakukan ibadah, kita biasanya akan lebih merasa tenang setelah melakukannya.

7. Olahraga secara teratur

Ya bro, olahraga bisa membantu mengatasi rasa khawatir yang Lo alami. Aktivitas fisik akan membuat tubuh memproduksi endorphin yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan memberikan perasaan bahagia. Nggak usah yang ribet-ribet bro, Lo bisa melakukan olahraga ringan seperti senam, bersepeda, atau jalan kaki.

8. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Kekurangan tidur nggak hanya berdampak pada kondisi tubuh Lo bro, tapi juga jiwa Lo. Untuk itu, biasakanlah untuk tidur teratur, kurang lebih 7 jam sehari. Coba hindari hal-hal yang bisa mengganggu kualitas tidur Lo supaya Lo bisa memenuhi kebutuhan istirahat Lo.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini