gentlemancode.id
Cara efektif menghilangkan noda tinta pada pakaian

CARA EFEKTIF MENGHILANGKAN NODA TINTA PADA PAKAIAN

Published on Wednesday, 03 January 2018

Cowok cenderung suka ceroboh soal kebersihan pakaian. Entah itu kena makanan, minuman seperti teh atau kopi, dan kotoran lainnya seperti tinta. Ngomong-ngomong soal noda tinta, biasanya kita suka takut kalo noda tersebut susah dihilangkan dari pakaian kita, bener nggak? 

Meskipun memang dibutuhkan usaha yang cukup keras untuk menghilangkan noda tinta dari pakaian, tapi ada beberapa cara yang bisa Lo ikuti untuk menghilangkan noda tersebut. Noda yang masih baru cenderung akan lebih mudah dibersihkan daripada noda tinta yang sudah menempel lama. Untuk itu, penting buat Lo untuk segera mengambil tindakan begitu tinta mengenai pakaian supaya noda tinta tidak menyerap kepada lapisan yang lebih dalam.

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Lo lakukan untuk memberishkan noda tinta dari pakaian kesayangan Lo. Gimana caranya? Simak penjelasan dibawah ini ya!

Menghilangkan noda tinta yang masih baru

Untuk menghilangkan noda tinta yang masih baru, Lo bisa mengikuti cara dibawah ini:

1. Kalo misalnya Lo ingin menghilangkan noda tinta yang masih baru, maka Lo perlu mengangkat tinta tersebut sesegera dan sebanyak mungkin. Sebelum Lo melakukannya, taro kain putih atau kain perca dibawah bagian pakaian yang terkena noda tinta. Hal ini dilakukan agar noda tinta tidak menyebar atau menempel kepada bagian belakang pakaian Lo.

2. Siapkan kain putih atau kain perca yang lain dan tekan pada bagian noda untuk mengangkatnya. Setelah itu, angkat noda dengan menekan kain pada noda bukan dengan menggosoknya karena itu akan membuat noda justru semakin menyebar kepada lapisan serat pakaian. Terus tekan kain tadi pada bagian noda sampe noda tersebut hilang.

3. Balik pakaian dan alasi bagian yang terkena noda tinta dengan kain bersih. Ulangi proses 1 dan 2 pada sisi tersebut sampe noda tinta yang ada pada pakaian Lo hilang.

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan noda tinta

Dibawah ini adalah beberapa bahan yang bisa membantu Lo dalam membersihkan noda tinta yang menempel pada pakaian Lo, diantaranya adalah:

1. Alkohol

Celupkan kain putih bersih atau spons ke dalam alkohol, kemudian tekan pada bagian pakaian yang terkena noda. Kalo Lo berhasil menghilangkan noda tersebut, cuci pakaian Lo seperti biasanya.

Catatan:
- Jangan gunakan alkohol untuk membersihkan pakaian berbahan sutra, wol atau rayon.
- Alkohol merupakan bahan yang efektif untuk mengangkat berbagai jenis tinta, dari mulai tinta spidol hingga tinta ballpoint. Oleh karena itu, alkohol dapat menjadi produk pembersih yang tepat untuk mengangkat noda tinta pada pakaian.

2. Gliserin dan sabun pencuci piring

Campurkan 1 sendok makan gliserin dengan 1 sendok makan sabun pencuci piring cair kedalam mangkuk. Celupkan kain putih ke dalam campuran tersebut dan tekan pada salah satu sisi bagian noda. 

Catatan:
- Setelah campuran ditekankan pada noda, diamkan pakaian selama sekitar 5 menit. Setelah itu, gunakan jari untuk mengoleskan lebih banyak gliserin pada noda. Bilas pakaian dengan air untuk menghilangkan sisa gliserin dan sabun yang masih menempel.
- Gliserin merupakan zat yang tepat untuk mengangkat noda yang sudah lama karena gliserin dapat menjenuhkan noda dan mengangkatnya sehingga detergen bisa menghilangkan noda tersebut dengan mudah. Biasanya, gliserin dapat digunakan untuk semua jenis kain.

3. Campuran soda kue dan air

Untuk mengangkat noda dengan soda kue, campurkan soda kue dan air dengan perbandingan 2:1 dalam mangkuk kecil untuk membuat campuran pasta. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut pada noda tinta, lalu tekankan pada noda untuk mengangkatnya. Setelah noda hilang, lap sisa pasta yang masih menempel menggunakan kain lap bersih atau handuk kertas. 

4. Cuka putih

Kalo misalnya Lo tidak berhasil mengangkat noda tinta, rendam pakaian Lo dalam campuran cuka putih dan air (dengan perbandingan 1:1) selama 30 menit. Sembari Lo merendam pakaian, angkat noda menggunakan spons atau kain lap selama sekitar 10 menit. Setelah itu, cuci pakaian Lo seperti biasanya.

Catatan:
- Jangan gunakan air panas supaya noda tidak menempel atau meresap semakin dalam.
- Cuka putih aman digunakan untuk semua jenis kain.

5. Produk pembersih dry cleaning 

Terdapat beragam produk penghilang noda dan produk pembersih dry cleaning di luar sana. Gunakan produk sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan, kemudian angkat noda dengan menekan-nekan lap bersih pada bagian noda tinta.
 
Catatan:
- Pastikan Lo membaca label kemasan terlebih dahulu sebelum menggunakannya dan tidak menggunakan produk yang bisa merusak kain pakaian.

Tips

- Kalo Lo nggak yakin terhadap reaksi produk tertentu terhadap jenis kain dari pakaian yang ingin Lo bersihkan, lakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian kain yang tersembunyi sebelum menggunakan produk tersebut untuk mengangkat noda.
- Untuk mengangkat noda, tekan-tekan lap/kapas pada noda dan jangan menggosoknya. Penggosokan justru dapat membuat noda tinta meresap dan menempel lebih dalam pada kain dan bahkan merusak lapisan serat kain.
- Jangan mencuci dan mengeringkan pakaian hingga noda benar-benar hilang. Panas dari mesin pengering dapat membuat noda semakin menempel pada kain.

Hal yang Lo Butuhkan

- Kain / lap putih kering
- Kapas
- Alkohol
- Soda kue
- Produk pembersih dry cleaning atau produk pembasmi noda
- Sabun pencuci piring
- Gliserin
- Cuka putih

Nah itu dia Bro cara yang bisa Lo lakukan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Cowok juga harus ngerti yang beginian jangan suka ngandelin nyokap atau istri doang! Semoga bermanfaat Bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Sumber:
[1] https://id.wikihow.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini