gentlemancode.id
Hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil

HAL-HAL YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK MEMBELI MOBIL

Published on Wednesday, 18 April 2018

Memiliki mobil sendiri memang menyenangkan, bro. Mau kemana aja gampang, tinggal nyalain mesin, masukin barang, jalan deh nggak pake ribet nggak pake lama. Meskipun begitu, buat Lo yang lagi pengen beli mobil entah itu dengan cara cash atau kredit, ada baiknya Lo mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini bro biar Lo nggak repot nanti.

1. Kalo Lo beli secara tunai, pastikan Lo masih punya cadangan tabungan

Kalo Lo beli mobil secara tunai, maka jangan sampe Lo menguras isi tabungan Lo hanya untuk membeli mobil. Ingat bro, Lo punya kebutuhan lain yang harus Lo penuhi yang tentunya lebih penting daripada mobil seperti biaya untuk kesehatan, biaya untuk kehidupan Lo sehari-hari dan biaya-biaya lainnya yang nggak mungkin Lo abaikan begitu saja. Hitung dengan baik sisa uang yang akan tersisa ketika misalnya Lo menggunakan uang tabungan Lo untuk membeli mobil. Kalo misalnya sisanya lebih besar dari jumlah uang yang akan Lo pakai maka sah-sah aja Lo menggunakannya. 

2.  Kalo Lo beli secara kredit, pastikan Lo mampu membayar cicilan dan memenuhi biaya kebutuhan Lo perbulan

Membeli barang dengan cara kredit memang terlihat ringan bro, padahal kenyataannya justru sebaliknya. Sebelum Lo memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, Lo harus memastikan bahwa cicilan yang harus Lo keluarkan itu tidak memberatkan Lo dan tidak mengganggu anggaran untuk kebutuhan Lo. Selain itu, tambahkan juga pengeluaran untuk bahan bakar dan biaya perawatan kedalam anggaran pengeluaran Lo, bro. Setelah Lo tahu jumlahnya, tanya sama diri Lo sendiri apakah Lo sanggup untuk memenuhinya? 

3. Pastikan Lo udah punya garasi

Jangan asal beli doang bro, Lo harus pastikan kalo dirumah Lo itu sudah tersedia garasi atau minimal tempat untuk naro mobil Lo yang nggak menggangu fasilitas umum disekitar rumah Lo. Jangan sampe nih Lo naro mobil di pinggir jalan yang mana itu akan mengganggu pengguna jalan di sekitar rumah Lo. Nggak mau kan Lo di omelin orang-orang?

4. Pastikan juga Lo udah paham berlalu lintas yang benar itu bagaimana

Pake mobil itu jangan asal bisa doang bro, tapi Lo harus mengerti juga bagaimana cara berlalu lintas yang baik dan benar. Untuk itu, pastikan Lo udah paham mengenai rambu-rambu lalu lintas dan aturan di jalan raya. Selain itu, Lo juga harus udah paham bagaimana cara mengemudi yang baik itu seperti apa. Jangan sampe nih Lo membahayakan diri Lo sendiri atau bahkan orang lain disekitar Lo, bro.

5. Meskipun sedikit, Lo harus paham juga mengenai seluk beluk perawatan mobil

Supaya mobil Lo awet, Lo harus belajar bro mengenai cara perawatan mobil yang baik itu kaya gimana. Jadi, ketika mobil Lo nanti misalnya ada masalah, Lo bisa segera mengatasinya. Se-simple kaya cara gunain dongkrak gitu mah Lo wajib banget untuk tahu bro dan akan lebih baik lagi kalo Lo juga mengerti tentang seluk beluk mesin karena itu akan sangat berguna banget nanti.

Punya mobil itu jangan sekedar untuk naekin gengsi doang bro. Kalo misalnya Lo belum mampu ya jangan di paksain karena itu akan menyulitkan Lo juga pada akhirnya. Pastikan keuangan Lo aman ketika Lo akan memutuskan untuk membeli mobil. Setelah itu pastikan juga Lo udah tahu bagaimana cara berlalu lintas yang baik itu kaya gimana dan Lo juga harus pastikan Lo udah punya tempat untuk naro mobil Lo itu dimana nantinya. Supaya mobil Lo terawat, Lo juga harus mengerti tentang bagaimana cara perawatan mobil yang baik dan benar. Jadi, jangan asal beli aja ya bro dan Lo harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini