gentlemancode.id
Ingin Punya Startup seperti Gojek? Ikuti 7 Langkah efektif ini

INGIN PUNYA STARTUP SEPERTI GOJEK? IKUTI 7 LANGKAH EFEKTIF INI

Published on Friday, 09 February 2018

Beberapa tahun terakhir, banyak anak muda yang memulai membuat bisnis sendiri dengan memanfaatkan teknologi sebagai basisnya.  Ada yang membuat e-commerce, ada yang membuat transportasi online, ada yang membuat aplikasi traveling, ada yang bikin aplikasi kesehatan dan masih banyak lagi jenisnya, banyak banget bro nggak bisa disebutin satu persatu. Perusahan-perusahaan rintisan ini dikenal dengan istilah startup atau perusahaan rintisan yang baru aja mulai.

Dari banyaknya startup yang didirikan, diantaranya ada yang sukses dan diantaranya ada juga yang gagal. Sebut saja Gojek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak, perusahaan-perusahaan ini dulunya adalah startup yang benar-banar mengawali bisnis nya dari nol bro dan sekarang perusahan-perusahaan tersebut sudah bernilai jutaan dolar. Keren? Tentu saja, keren pake banget malah!

Kesuksesan yang mereka raih ini membawa dampak positif kepada anak-anak muda di Indonesia, mereka menjadi memiliki semangat yang tinggi untuk memulai membuka usaha sendiri dan tidak lagi mengandalkan bekerja di perusahaan orang lain. Hal ini tentu baik, karena dengan banyaknya perusahaan yang berdiri maka lapangan pekerjaan yang tersedia akan semakin banyak, bener nggak bro? Ini tentu baik untuk kemajuan negeri tercinta kita ini.

Kesuksesan yang didapat oleh Gojek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak bukanlah sesuatu yang didapatkan secara instan, bro. Jalan yang mereka tempuh itu udah panjang banget. Berbagai masalah yang mereka hadapi juga luar biasa ruwet. Tapi, dengan keyakinan dan kerja keras akhirnya mereka bisa sampe di titik sekarang ini. Luar biasa ya?

Buat Lo yang pengen kaya mereka, Lo juga bisa bro membuat startup Lo sendiri. Kali ini, Gentlemancode akan berbagi beberapa tips untuk membuat startup dengan harapan semakin banyak perusahaan yang berdiri di Indonesia dan membuka banyak lapangan pekerjaan baru setiap waktunya. Bagaimana tips nya? Langsung simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Pikirkan lah sesuatu yang menurut Lo keren dan bermanfaat sebagai bahan ide startup Lo

Ide adalah hal yang penting untuk Lo miliki ketika Lo ingin membuat sebuah startup. Lo pengen bikin apa, dan Lo mau menyelesaikan masalah apa. Sediakan waktu untuk memikirkan hal ini dengan matang dan pikirkan segala hal mengenai ide Lo ini. Pikirkan mengenai berbagai hal seperti tantangannya apa, peluangnya gimana, bagaimana cara merealisasikannya dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk Lo lakukan agar ide Lo bisa terealisasi, bro.

Ide yang baik adalah ide yang mampu menyelesaikan suatu masalah atau bermanfaat untuk orang banyak, bro. Kalo kita lihat Gojek, mereka berusaha mengatasi masalah trasportasi di Indonesia agar bisa lebih efektif dan efisien serta tidak terkendala kemacetan ketika ingin bepergian. Selain itu, mereka juga memiliki visi ingin memberikan positive impact kepada masyarakat Indonesia khususnya para driver agar mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik melalui teknologi yang mereka ciptakan. 

Nah, Lo bisa mencontoh Gojek bro dalam mencari ide. Carilah suatu masalah yang dihadapi oleh orang banyak lalu cari solusinya. Solusi yang Lo miliki bisa menjadi ide untuk memulai startup Lo sendiri bro.

2. Cari partner

Untuk memastikan ide Lo bisa terealisasi dan startup Lo beneran jalan, maka Lo harus nyari partner bro karena Lo nggak bisa melakukannya sendirian. Lo butuh tim dan Lo butuh teman untuk berbagi beban. 

Ajaklah teman yang Lo percaya dan bisa satu visi sama Lo.  Nah, memiliki visi yang sama adalah hal wajib yang harus kalian miliki agar arah startup Lo itu jelas mau kemana jangan sampe nanti tarik-tarikan dan startup Lo berheti ditengah jalan.

3. Segera realisasikan ide, jangan ditunda-tunda

Nah, kalo Lo udah punya ide mau bikin apa dan Lo juga udah punya partner maka segera eksekusi ide Lo jangan ditunda lagi. Kalo misalnya Lo mau buat aplikasi, maka segera bangun aplikasi tersebut dan segera lakukan tes apakah aplikasi itu sudah berjalan dengan baik atau tidak. 

4. Lakukan tes pasar

Tes pasar adalah hal yang sangat penting untuk Lo lakukan karena dengan tes pasar Lo bisa tahu apakah produk yang Lo tawarkan itu diminati atau tidak. Lo bisa melakukannya kepada target market Lo bro. Misal target market Lo adalah anak muda  dengan usia 20 sampai dengan 30 tahun, maka Lo bisa coba langsung menanyai mereka apakah produk Lo itu berguna atau engga, mereka tertarik atau engga, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya berkaitan dengan produk Lo. 

Disini ego Lo harus diturunin bro karena kalo ternyata produk Lo itu tidak disukai oleh target market Lo maka Lo harus berlapang dada untuk tidak melanjutkan ide Lo dan Lo harus mulai cari ide lain. 

Tapi, kalo produk Lo ternyata disukai maka Lo harus mulai memikirkan gimana caranya produk Lo bisa dipakai oleh banyak orang dan gimana bisnis modelnya.

5. Buat bisnis model

Dengan membuat bisnis model, Lo akan tahu darimana bisnis Lo nanti akan mendapatkan keuntungan. Dengan bisnis model Lo juga bisa menentukan siapa target market Lo, siapa pesaing Lo, bagaimana Lo memasarkan produk Lo, apa kelebihan produk Lo dan lain sebagainya, bro. Untuk itu, tentukan bisnis model Lo seperti apa agar startup Lo bisa menjalankan bisnisnya. Tanpa bisnis model yang baik, musatahil startup Lo bisa sukses bro.

6. Cari investor

Untuk poin ini sebenernya optional bro sifatnya. Kalo misalnya Lo emang punya modal untuk ngembangin bisnis Lo dan Lo ngerasa cukup dengan modal tersebut maka Lo nggak perlu untuk nyari investor. Tapi, kalo misalnya Lo sama sekali nggak punya modal untuk ngembangin startup Lo maka nggak ada salahnya buat Lo untuk mencari investor. Sebelum bertemu investor, idealnya pastikan produk Lo udah ready atau minimal ada prototype nya. Terus jangan lupa, Lo harus udah punya bisnis model bro supaya Lo bisa menjelaskan nanti bisnis Lo itu dapat untung dari mana agar investor tertarik untuk memberikan dana di startup Lo.

Lo bisa nyari sendiri langsung kepada investor yang Lo inginkan atau Lo bisa mengikuti kontes-kontes startup yang sekarang udah banyak diadakan. Nah, mengikuti kontes startup itu banyak banget bro keuntungannya. Selain Lo akan memiliki peluang untuk mendapatkan pendanaan, disana Lo bisa ketemu investor, Lo bisa ketemu sama competitor, dan Lo bisa ngebangun network disana bro. 

7. Perluas pergaulan

Dalam usaha Lo untuk mengembangkan startup Lo, Lo harus pandai dalam memperluas jaringan bro. Dari jaringan tersebut Lo bisa menciptakan berbagai macam peluang. Bisa itu peluang bisnis dan bisa juga peluang kolaborasi. Lo bisa gabung di komunitas-komunitas startup dimana Lo bisa ketemu dengan banyak orang yang sama-sama terjun di dunia startup. Dari jaringan ini, ada kemungkinan juga Lo akan ketemu sama investor yang siapa tahu tertarik sama bisnis Lo dan bersedia memberikan dana untuk pengembangan startup Lo. Who knows, bro.

Apapun niat Lo dalam membangun startup sebenernya sah-sah aja, bro. Tapi, kalo misalnya niat Lo adalah untuk memberikan solusi untuk suatu permasalahan maka dampaknya juga tentu nggak akan hanya baik buat Lo doang tapi juga orang banyak, bro. Nah, yang kaya gini baru keren!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini