gentlemancode.id
HATI-HATI, BISA-BISA KARIR LO RUSAK BRO!
Jangan Posting Hal Ini di Social Media

JANGAN POSTING HAL INI DI SOCIAL MEDIA

Published on Saturday, 21 July 2018

Buat Lo yang berteman dengan rekan kerja Lo di social media, sebaiknya Lo berhati-hati, bro. Jangan sampai Lo posting sesuatu yang bikin nggak enak dilihat oleh rekan kerja atau atasan Lo. Memang di social media kita bebas berekspresi tapi Lo tetap harus melihat situasi dan kondisi, karena bisa saja postingan Lo itu berpengaruh terhadap nasib pekerjaan Lo nantinya. 

Selain rekan kerja atau atasan, calon pencari kerja pun bisa saja akan melihat postingan di social media Lo untuk mencari bagaimana karakteristik Lo. Lalu, apa aja sih yang sebaiknya tidak diposting di social media kita? 

1. Menggunakan Bahasa Kasar

Kadang memang kita agak susah mengendalikan diri kita untuk berbicara bahasa kasar terhadap orang yang tidak kita sukai atau memang dalam lingkup bercanda dengan teman. Tapi social media kadang tidak bisa membaca itu sebagai bercandaan Lo, bro. Orang yang membaca postingan Lo yang menggunakan bahasa kasar akan menganggap Lo sebagai karakter orang yang tidak bisa diatur dan tidak bisa mengendalikan diri. Pencari kerja akan ragu-ragu saat ingin meng-hire Lo sebagai karyawan mereka, bro. Jadi, mulai sekarang coba deh kendalikan jari Lo untuk jangan menulis kata-kata yang kasar.

2. Mengeluh Tentang Pekerjaan

Hampir semua orang pernah mengeluh tentang pekerjaan. Ada yang disimpan tapi banyak juga yang diungkapkan. Nah jangan sampai Lo ungkapkan keluhan di social media, bro. Kalau sampai terbaca oleh atasan Lo, bisa aja Lo nggak dapat promosi atau karir Lo akan nggak bagus di perusahaan itu. Coba deh mulai sekarang ganti postingan-postingan Lo yang mengeluh terhadap perusahaan dengan postingan quote-quote yang membangun atau postingan yang memperlihatkan bahwa Lo enjoy dengan pekerjaan Lo.

3. Menyebarkan Hoax

Akhir-akhir ini social media juga banyak jadi tempat penyebaran isu yang masih belum tentu kebenarannya, bro. Nah, jangan sampai Lo jadi salah satu orang yang sering menyebarkan isu tersebut. Jangan asal share bro, Lo harus tahu dahulu faktanya. Saat pencari kerja melihat social media Lo yang isinya penuh berita yang belum tentu benar, mereka akan ragu meng-hire Lo. Lo akan dianggap kurang teliti dalam mencari data dan fakta. Lo juga akan dianggap kurang teliti dalam bekerja.

4. Sering Typo dalam Membuat Postingan

Sepertinya typo adalah hal sepele dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, apabila dalam kehidupan pekerjaan, ini bisa jadi masalah, bro. Jangan sampai Lo sering salah dalam menulis baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa asing. Hal itu akan membuat pencari kerja maupun atasan Lo akan menganggap Lo adalah orang yang kurang teliti dan kurang pintar berbahasa yang baik dan benar.

5. Terlalu Banyak Postingan yang Konyol

Membagikan postingan lucu dan konyol mungkin baik sebagai hiburan. Tapi terkadang bila terlalu banyak postingan konyol, Lo akan dianggap kurang serius oleh pencari kerja. Kadang postingan Lo itu bisa menyinggung orang lain lho. 

Coba dipikir-pikir lagi deh bro saat posting di social media. Karena social media sekarang ini jadi bahan acuan bagi pencari kerja dalam melihat karakter Lo. Social media secara tidak sadar adalah brand image pribadi Lo. Jadi, coba deh bersih-bersihin lagi postingan di social media Lo. Kurangi komen-komen yang tidak perlu dan hapus postingan yang kurang baik.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id