gentlemancode.id
KALO NGGAK DIBATASI, SMARTPHONE EMANG BISA BIKIN KITA KECANDUAN BRO.
Karakter Orang yang Kecanduan Smartphone

KARAKTER ORANG YANG KECANDUAN SMARTPHONE

Published on Thursday, 12 April 2018

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari, dan smartphone adalah salah satu alat untuk mempermudah komunikasi kita dengan orang lain. Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga bisa mempermudah kita dalam mengakses email, social media, mencari hal-hal baru sampai mempermudah pengambilan foto maupun video. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, smartphone secara nggak langsung bisa bikin Lo kecanduan untuk selau menggunakannya setiap saat.

Studi yang dilakukan Nottingham Trent University menyatakan setiap orang rata-rata memeriksa ponsel mereka 85 kali dalam sehari. Efek negatifnya orang jadi kurang aware dengan keadaan sekitar which is ini bisa bahaya.

Memang nggak semua orang bisa kecanduan sama smartphone karena ada juga orang yang masih bisa membatasi penggunaan smartphone setiap harinya. Kali ini Gentlemancode akan membahas karakter-karakter apa saja yang mungkin ada pada orang yang mengalami gejala-gejala kecanduan smartphone, diantaranya adalah:

1. Introvert

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang terlalu sering mengecek atau menggunakan smartphone cenderung mempunyai sifat introvert. Karakter ini lebih lebih suka "diam" di dunia nyata namun justru "aktif" di dunia maya.

Misalnya, mereka lebih sering berpendapat atau memberi komentar di social media, atau lebih banyak berbicara di chat daripada ketika meeting di kantor. 

2. Sering Khawatir dan Emosi Kurang Stabil

James A. Roberts, Ph.D meneliti bahwa faktor stabilitas emosi seseorang merupakan faktor penting penentu apakah seseorang bisa kecanduan smartphone atau tidak. Dia menyimpulkan orang yang kecanduan smartphone walaupun hanya sekedar untuk mengecek email, membaca chat, atau ganti foto profil sosial media, merupakan orang yang sering khawatir dan punya emosi yang kurang stabil.

Mengecek smartphone adalah cara mereka untuk mengurangi rasa khawatir yang mereka alami. Hal tersebut juga menjadi cara mereka untuk meningkatkan mood atau suasana hati yang sedang down.

3. Kurang Percaya Diri

Beberapa penelitian menunjukan bahwa beberapa orang yang kurang percaya diri biasanya menyalurkan apa yang ingin mereka ungkapkan lewat tulisan di dunia maya melalui smartphone mereka. Misalnya menulis komentar atau memberikan pendapatnya tentang suatu hal. Tapi jangan salah bro, mereka ini umumnya cenderung lebih kreatif dibanding yang lainnya. Tulisan yang dibuat cenderung lebih dipikirkan terlebih dahulu.

Smartphone yang ada pada zaman modern ini memang mampu melakukan banyak hal yang bisa menunjang kegiatan kita sehari-hari. Tapi, kita harus tetap bijaksana dalam menggunakannya bro jangan sampai smartphone malah mengurangi produktivitas Lo di kantor atau mengurangi kualitas hubungan Lo dengan orang lain. Lo harus bisa bro mengatur pemakaian smartphone Lo, jangan malah hidup Lo "dikuasai" oleh smartphone.

Sekarang coba Lo perhatikan baik-baik bro, apakah Lo punya kecenderungan kecanduan smartphone?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id