gentlemancode.id
Masih kerja tapi pengen bikin startup? Pelajari 4 Hal Ini Sebelum Memulai Startup

MASIH KERJA TAPI PENGEN BIKIN STARTUP? PELAJARI 4 HAL INI SEBELUM MEMULAI STARTUP

Published on Thursday, 10 May 2018

Dengan menjamurnya perkembangan dunia startup dalam beberapa tahun ini membuat banyak anak muda yang mulai memikirkan untuk resign atau memilih untuk tidak bekerja kantoran selepas menempuh pendidikan.

Great! Tapi tahan dan pikirkan dulu matang-matang ya, bro!

Memulai startup membutuhkan kemauan, persistensi, fokus dan pengalaman yang kuat. Kalau cuma karena mengikuti trend yang sedang berkembang atau bahkan karena Lo malas untuk bekerja di sebuah perusahaan, lebih baik buang jauh-jauh keinginan Lo untuk membuat startup.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pengalaman adalah salah satu poin penting yang harus Lo punya sebelum memulai startup. Sebaiknya Lo sudah tahu apa saja yang dibutuhkan dalam memulai startup, hak-hak apa saja yang harus dipenuhi kepada karyawan, maupun flow sebuah pekerjaan.

Nah, cara yang paling baik untuk memiliki pengalaman tersebut adalah dengan bekerja terlebih dahulu, bro. So, berikut adalah empat hal yang harus Lo pelajari ketika Lo bekerja sebelum memulai startup Lo sendiri:

1. Pahami Flow Pekerjaan

Pelajari flow atau alur pekerjaan di tempat Lo bekerja, bro. Kalau kebetulan Lo bekerja di sebuah startup juga, pahami bagaimana cara mereka mencari funding, mencari klien, proses pengerjaan sebuah project sampai urusan-urusan seperti perhitungan keuangan, legal dan lain-lain.

Mempelajari hal-hal di atas akan membuat Lo punya pengetahuan lebih tentang bagimana sebuah perusahaan menjalani daily life mereka.

2. Cari tahu divisi apa aja yang diperlukan

Setelah mengetahui alur pekerjaan, Lo harus mengetahui divisi apa-apa saja yang diperlukan untuk menunjang startup yang Lo punya nanti.

Pelajari pula peran masing-masing divisi di dalam perputaran roda sebuah perusahaan, bro! Jangan sampai ketika Lo punya startup nanti, Lo malah mempekerjakan divisi yang sebetulnya tidak Lo perlukan.

3. Pelajari Hak dan Kewajiban Setiap Karyawan

Ini yang paling penting bro! Lo harus bisa menentukan dan membagi hak serta kewajiban setiap karyawan, baik dari level top management sampai OB sekalipun.

Kewajiban yang dipikul setiap karyawan harus bisa membuat mereka lebih produktif, yang pada akhirnya akan membuat perusahaan Lo semakin maju. 

Eits, tapi jangan lupa dengan hak mereka ya, bro! Hak-hak seperti kenaikan gaji, bonus, THR maupun tunjangan-tunjangan lain mesti Lo perhatikan dan utamakan. Jangan sampai ada keluhan dari para karyawan karena mendapat pekerjaan yang berat tapi tidak diimbangi dengan pemenuhan hak yang sepadan. Entar di demo Lo, bro. Hehe.

4. Pelajari cara Mencari Penghasilan untuk Perusahaan

Ini penting banget nih bro. Lo harus betul-betul mempelajari bagaimana sebuah perusahaan mencari penghasilan.

Selain me-maintain klien yang sudah pernah bekerja sama, Lo juga harus aktif mencari klien-klien baru. Buat catatan tentang service-service apa saja yang bisa Lo berikan kepada klien dan tambahkan dengan beberapa keunikan yang juga bisa Lo berikan. Hal tersebut tentu akan bisa mempertahankan klien lama serta cenderung lebih mudah dalam mendapat klien baru.

Nah, udah kebayang bro? Untuk memulai sesuatu yang mengharuskan Lo berada di posisi top management, alangkah baiknya kalau Lo juga mempelajari dan mengerti bagaimana situasi ketika menjadi karyawan. Dengan begitu, Lo akan mampu berlaku adil dengan para karyawan Lo yang pada akhirnya akan semakin memajukan startup yang Lo buat. Good luck!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini