gentlemancode.id
Pernah merasa gelisah? Ternyata gelisah ada manfaatnya lho.

PERNAH MERASA GELISAH? TERNYATA GELISAH ADA MANFAATNYA LHO.

Published on Saturday, 03 February 2018

Semua orang pasti pernah mengalami atau merasakan perasaan gelisah di dalam hati mereka. Hal ini memang merupakan salah satu hal yang sudah pasti dialami oleh semua manusia karena gelisah adalah salah satu kodrat yang dimiliki oleh manusia. Tapi bro, tidak semua orang bisa mengatasi rasa gelisah yang mereka alami, ada yang memang bisa mengatasinya dan ada juga yang tidak bisa.

Biasanya, kita disarankan untuk menghindari dan sesegera mungkin mengatasi rasa gelisah. Namun, banyak orang yang belum mengetahui bahwa sebenarnya rasa gelisah juga bisa memberikan manfaat untuk kita.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang akan kita dapat dari rasa gelisah yang kita alami, diantaranya adalah:

1. Memberi sinyal bahaya

Sebagai manusia, kita harus selalu bisa merespons apapun yang terjadi disekitar kita. Kemampuan menyesuaikan diri ini sudah kita miliki sejak dulu secara alami. Ketika ada bahaya yang menghampiri kita, sebetulnya ada zat kimia yang terpompa oleh tubuh yang akan membuat kita alert dan membuat kita bergerak untuk menghindari bahaya tersebut. Semua itu bisa dipicu oleh rasa khawatir yang tercipta di dalam otak. Jika kita tidak memiliki rasa khawatir, mungkin kita tidak bisa memperkirakan apa yang akan terjadi kepada kita atau bahaya apa yang akan menimpa kita.

2. Meningkatkan motivasi

Rasa khawatir yang kita alami ternyata bisa menjadi sesuatu yang bisa mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Misal, rasa khawatir kehilangan pekerjaan akan membuat seseorang bekerja lebih rajin. Atau bisa juga rasa khawatir tidak memiliki uang di masa tua akan membuat seseorang untuk menabung dan hidup hemat. Rasa khawatir seperti ini akan memotivasi seseorang untuk berbuat sesuatu yang lebih baik untuk menghindari kekhawatirannya. Kalo misalnya kita tidak memiliki rasa khawatir mungkin nggak akan ada "rem" yang akan membuat kita waspada atau hati-hati dalam setiap hal atau keputusan yang kita lakukan.

3. Memecahkan masalah

Kita mungkin pernah mengalami hal ini dimana kita merasa cemas ketika kita akan menghadapi kejadian besar seperti ujian, wawancara kerja, atau pernikahan. Tapi, orang yang merasa cemas akan mampu menyiapkan diri untuk mengatasi situasi yang menurut mereka buruk.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada orang yang sedang menunggu hasil ujian, mereka yang memiliki rasa khawatir telah memiliki skenario terburuk seperti menghadapi kegagalan ujian. Mereka mampu merespons lebih produktif terhadap kabar yang tidak mengenakan dan sangat senang dengan kabar gembira.

Peneliti menyebut pola pikir ini dengan pesimisme defensif atau mengatasi keadaan dengan proaktif. Ini dianggap sebagai hal yang cukup baik.

Proaktif mengatasi masalah memungkinkan orang yang merasa khawatir merenungkan bagaimana mereka akan bertindak jika terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Kemudian jika tidak terjadi sesuatu yang buruk, akan lebih mudah bagi mereka untuk bertindak dengan baik dan mengantisipasinya.

Rasa cemas memang tidak boleh menguasai kita. Tapi, suka atau tidak kegelisahan ternyata memiliki manfaat juga. Yang harus digaris bawahi adalah jangan sampai rasa cemas yang kita miliki itu berlebihan hingga akhirnya rasa khawatir tersebut menguasai kita sepanjang hari. Bagaimanapun juga kita harus bisa menikmati hidup kita dengan baik bro, bener nggak?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini