gentlemancode.id
MASIH INGET GA SIH BRO, NAMA-NAMA PETUGAS UPACARA DAN APA TUGASNYA?
Siapa Aja Sih Yang Ada Dalam Upacara Bendera?

SIAPA AJA SIH YANG ADA DALAM UPACARA BENDERA?

Published on Wednesday, 17 August 2016

17 Agustus 2016 menjadi ulang tahun ke 71 untuk negara kita tercinta, Indonesia. Udah tua ya? Kira-kira umuran segitu udah punya cucu 1 lah minimal.

Nah, setiap tanggal segitu kita rayakan dengan upacara pengibaran bendera. Inti dari upacara pengibaran bendera menurut gw sih menghormati Sang Saka Merah Putih biar bisa terbang tinggi di angkasa.

Siapa yang dulu waktu jadi peserta upacara pura-pura sakit biar dapet teh anget gratis?
Siapa yang dulu waktu jadi peserta upacara ngobrol terus di belakang?

Siapa yang dulu waktu jadi peserta upacara pernah pingsan?
NGAKU!

Jujur, Gw terakhir upacara itu pas SMA, udah lama banget sih secara sekarang Gw udah kerja. Buat yang masih sekolah, jangan bolos ya! Ikutin upacaranya, setahun sekali masa ga ikutan, apalagi biasanya sekolah-sekolah suka ngewajibin siswanya buat tetap masuk biar pada ikut upacara bendera, kalau gak masuk bakal diitung absen alias bolos. NAH LOH!

Buat yang udah lulus sekolah atau udah gak ngerasain upacara, masih inget gak sih petugas upacara itu siapa aja? Well, kalau lupa, Gw bakal ngingetin lagi sama kalian ada siapa aja sih di dalam upacara pengibaran bendera beserta tugasnya masing-masing.

Let’s roll!

Kelompok pertama disebut Pejabat Upacara, mungkin karena mereka itu memegang peranan paling penting dalam upacara, kalau ga ada mereka ga bakal rame! Ga ding, ga bakal bisa jalan lah yang pasti. Pejabat Upacara terdiri dari:

1. Pembina upacara

Ibarat kalau di kantor, pembina upacara ini ibarat CEO nya. Doi memegang peranan yang sangat penting, salah satunya pembacaan Teks Proklamasi (Ada yang masih inget teksnya?). Nah harus dipastikan kalau pembina upacara ini ngerti dan fasih berbahasa Indonesia, bisa membaca atau kalau ga bisa ya bisa menghafal dengan baik, soalnya teks proklamasi gak boleh di-improve bro!

2. Pemimpin Upacara

Ini dia nih, kapten kesebelasannya. Doi bakal nge-lead jalannya upacara dari awal sampai akhir. Doi harus hafal urutan komando yang udah ditetapkan, jangan sampai waktunya hormat kepada bendera, eh doi malah nyuruh istirahat di tempat. Jadi pemimpin upacara itu susah bro! Lo harus punya suara yang lantang, keras dan tegas, tapi bukan galak ya..... Ntar cewek-cewek malah pada takut gara-gara dimarahin pemimpin upacaranya.

3. Pengatur Upacara

Biasa disebut Tura, doi bakal stand by di panggung, tapi di pojok. Jadi kalau lo punya gebetan, ga bakal keliatan banget muka lo.... Gagal pedekate deh. 

Tapi jangan kuatir bro! Tugas utama Tura ini kan memastikan semua perlengkapan upacara ada dan juga siap dipakai, misalnya bendera, dia bakal memastikan lipatan bendera itu benar, jadi waktu petugas pengibar bendera ngibarin, ga bakal kebalik. Atau dia nyiapin mic buat pembina upacara, tapi gak perlu ngomong “tes... tes” sih, cukup diketuk aja micnya.

Eh tapi tenang ding, buat kalian yang pingin show off depan gebetan, tura ini bakal dikasih waktu khusus sendirian alias one man show waktu ngecek-ngecek perlengkapan di atas tadi. Gebetan makin kesemsem deh.

4. Pembaca Acara Upacara

A.k.a Master of Ceremony. Seperti layaknya MC di luar sana, doi bakal ngebacain urutan acara upacara. Tinggal baca kok! Tapi suara juga harus yang tegas gitu. by the way bro, MC itu biasanya cewek.

Oh iya, MC upacara gak perlu nyebutin sponsor-sponsor atau harus joget-joget kaya acara musik alay di tv kok. Beneran!

Nah, sekarang kita beralih ke grup kedua, yaitu Petugas Upacara

1. Pembawa Naskah Pancasila

Doi bakal berduet sama pembawa naskah UUD 1945 bro, dia bakal bacain Pancasila di depan pembina upacara. Tapi sayang, doi gak ngadep ke peserta upacara, jadi ga keliatan deh mukanya di depan gebetan.

2. Pembaca Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945

JANGAN LUPA MINUM BRO KALO LO KEBAGIAN JATAH JADI PEMBACA TEKS UUD!

Kenapa? Lo tau kan teks UUD 1945 itu panjangnya kaya gimana, nah itu. Lo harus bacain lengkap sampai selesai. Gimana, berani?

3. Pembaca Doa

Gak perlu jadi yang paling religius buat jadi pembaca doa waktu upacara. Lo tinggal baca aja kok. Tapi gue ga tau deh, kalau di SD ataupun SMP yang baca doa tetep murid apa gurunya. Di sekolah kalian gimana?

4. Pemimpin Lagu

Bisa disebut jrigen, eh maksudnya dirigen bro. Haha. Itu lho, kaya Adi M.S. Doi bakal mimpin waktu paduan suara lagi nyanyi. Seinget gue sih lagu wajibnya Cuma 2 ya, Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Tapi jadi ditambah-tambah dengan lagu wajib lainnya. Bisa jadi beda gak sih tiap sekolah?

5. Kelompok Pengibar Bendera

INI BRO, yang bakal jadi sorotan utama setiap upacara pengibaran bendera 17an. Karena apa? Ya, namanya juga upacara pengibaran bendera, ya berarti pengibar bakal megang peranan sentral dong.

Pengibar bendera berjumlah 3 orang, masing-masing punya tugas yang beda-beda, di antaranya megangin Sang Saka Merah Putih alias bendera merah putih, narik tali katrol waktu bendera naik sambil diiringi lagu Indonesia Raya dan terakhir, yang membentangkan bendera merah putih kita tercinta sambil bilang “Bendera Siap”!

Pastiin suara lo gak ilang atau serak waktu teriak “Bendera Siap” ya bro. Ga ens kan kalo tiba-tiba suara lo cempreng atau ilang?

6. Kelompok Paduan Suara

Ini nih, biasanya dicomot dari anak-anak ekskul paduan suara sekolah lo. Karena gak semua siswa suaranya bagus ya. Oh iya, di sekolah gue dulu, paduan suara berdiri di tempat yang adem. Kalo lo mau berpartisipasi di upacara pengibaran bendera tapi males panas-panasan, jadi paduan suara juga bisa.

Itu dia bro, yah lumayan lah bisa nambah-nambah pengetahuan kalian tentang upacara pengibaran bendera, by the way sebenarnya setiap upacara Hari Kemerdekaan itu juga ditutup dengan upacara penurunan bendera, biasanya dilakukan di sore hari sebelum matahari terbenam.

Sekali lagi, Dirgahayu Indonesiaku, tetap jaya di tanah, udara dan samudra!

Sumber Gambar:
[1] https://simomot.files.wordpress.com/2015/08/upacara-bendera-di-bromo-170815-mrh-2.png

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

Bro, terima kasih karena sudah setia membaca www.gentlemancode.id ya! Sebagai salah satu bentuk apresiasi, gentlemancode ngajak Lo semua untuk gabung ke dalam Gentleman Community yang akan kami launching tanggal 15 Januari 2018!

Gentleman Community bisa menjadi tempat Lo menulis banyak hal bermanfaat yang pingin Lo bagikan ke orang lain via website kami, tapi tentunya melalui kurasi dulu ya bro!

Jangan kuatir, setiap kegiatan yang Lo lakukan seperti mendaftar community, melengkapi data dan menulis artikel (kemudian kami tayangkan), akan mendapatkan poin yang bisa Lo tukarkan dengan hadiah menarik.

Info lebih lanjut langsung klik di sini, Bro!

ARTIKEL TERKAIT
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung community!
terpopuler
close
gentlemancode.id