gentlemancode.id
5 Cara untuk menyemangati dan membantu teman yang belum mendapatkan pekerjaan

5 CARA UNTUK MENYEMANGATI DAN MEMBANTU TEMAN YANG BELUM MENDAPATKAN PEKERJAAN

Published on Tuesday, 28 February 2017

Bro, cari kerjaan itu gak gampang. Buat kalian yang baru lulus kuliah mungkin udah mulai ngerasain gimana susahnya nyari kerjaan. Kenapa gak gampang? Karena memang lowongan pekerjaannya gak terlalu banyak.

Dengan lulusnya puluhan ribu mahasiswa setiap tahunnya, membuat lowongan pekerjaan menjadi lebih sempit dan persaingan pun semakin ketat. Banyaknya jumlah lulusan baru yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan membuat angka pengangguran pun menjadi tinggi.

Bayangkan misalnya Lo dalam posisi belum mendapatkan pekerjaan. Ketika Lo membuka social media, Lo mungkin akan menemukan teman-teman Lo udah mulai mendapatkan pekerjaan dan udah hidup enak, sementara Lo hanya diam di rumah aja, tertekan dengan beban dan kebutuhan yang mulai memberatkan Lo.

Kalo Lo nemu keadaan ini diantara temen Lo, Lo harus lebih mengerti dengan keadaan temen Lo. Lo harus mengerti bahwa  susahnya mendapat pekerjaan ditambah dengan kenyataan bahwa banyak diantara teman-temannya yang udah mulai mendapatkan pekerjaan akan membuat depresi berat. Artinya Lo harus lebih serius dengan memberikan perhatian dan support kepada teman Lo yang belum mendapatkan pekerjaan.

Trus gimana caranya? Kalo Lo gak mencoba mengerti apa yang mereka rasakan, Lo pasti akan bingung mau melakukan apa atau mau mengatakan apa. Jadi, gimana caranya membantu teman kita yang kurang beruntung, dan belum mempunyai karir yang baik?

1. Carilah tempat untuk nongkrong bareng atau menghabiskan waktu bersama

Buat Lo yang udah kerja, sejelek-jeleknya pekerjaan Lo, Lo pasti masih mampu untuk membeli segelas kopi atau satu porsi makanan, tapi untuk orang yang belum bekerja ini akan membuat kantong mereka tipis. Ketika temen Lo belum mendapatkan pekerjaan, pastikan Lo ketemu dia di tempat yang memang tidak perlu mengeluarkan biaya seperti taman, atau fasilitas umum lainnya yang tidak mewajibkan harus membayar.

Kalo Lo pikir Lo bisa bayarin temen Lo, sebaiknya Lo pikir ulang deh, karena ini akan membuat temen Lo malu nantinya. Kalo temen Lo nolak ajakan Lo, Lo harus meyakinkan temen Lo bahwa penting buat temen Lo untuk keluar rumah agar tidak terlalu suntuk dengan keadaannya sekarang.

2. Hati-hati ketika berbicara mengenai pekerjaan Lo

Ketika perbedeaan antara Lo dan temen Lo adalah pekerjaan, maka berbicara mengenai pengalaman dan pencapaian selama Lo bekerja akan sedikit rumit. Bukannya gak boleh, cuman Lo harus lebih berhati-hati. Pastikan Lo gak menyinggung perasaan temen Lo. Ketika Lo merasa temen Lo gak  nyaman, maka segeralah ganti topik pembicaraan!

3. Berilah dukungan ketika temen Lo akan melakukan wawancara

Ketika Lo masih mencari pekerjaan, melakukan wawancara adalah momen yang sangat besar yang akan Lo lewati. Berikanlah support kepada temen Lo dengan cara mendoakan mereka atau memberikan semangat ketika temen Lo akan melakukan wawancara.

Dukungan yang Lo berikan akan memberikan semangat kepada temen Lo, yang mana itu akan memberikan mereka kepercayaan diri dan memperlihatkan kepada temen Lo bahwa dia gak sendirian.

4. Ketika ada lowongan pekerjaan, berikanlah informasi tersebut kepada temen Lo

Cara lain untuk menunjukan bahwa Lo masih memberikan support kepada temen Lo adalah dengan cara memberikan informasi lowongan pekerjaan yang Lo temui. Lo bisa memberikan informasi mengenai lowongan yang ada di perusahaan Lo, karena biasanya suatu perusahaan akan selalu membuka lowongan pekerjaan pada suatu waktu. Dan kalo Lo emang mempunyai temen yang dapat Lo percaya, Lo bisa memberitahukan kepada mereka mengenai lowongan tersebut dan Lo bisa merekomendasikan temen Lo itu kepada perusahaan Lo.

5. Jangan biarkan mereka berhenti berusaha

Setelah beberapa lama mencari pekerjaan, teman Lo mungkin mulai merasa ingin berhenti, dan merasa gak ada harapan. Sekarang ini, banyak orang melamar pekerjaan dan diwawancara beberapa kali namun hasilnya nihil. Ketika mengalami penolakan beberapa kali, mungkin temen Lo akan merasa gak mampu dan mulai patah semangat.

Ingatkan bahwa dia gak sendirian. Yakinkan bahwa Lo akan selalu berusaha membantunya, dan berilah semangat kepadanya bahwa dunia itu masih sangat luas untuk dijalani. Tunjukan bahwa hidup ini harus dijalani dengan semangat tanpa putus asa sekalipun tanpa pekerjaan, yang mana pekerjaan itu akan dia dapat cepat atau lambat. Ingatkan bahwa temen Lo itu luar biasa dan pekerjaan bukanlah satu hal yang akan mendefinisikan dia sebagai manusia.

Pekerjaan hanyalah pekerjaan, tapi persahabatan jauh lebih penting. Pastikan Lo memberikan support kepada temen Lo yang sedang mencari pekerjaan, meskipun itu hanya mengajak temen Lo untuk ngopi di pinggir jalan!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini