gentlemancode.id
Bagaimana menghadapi teman yang baper-an

BAGAIMANA MENGHADAPI TEMAN YANG BAPER-AN

Published on Tuesday, 18 July 2017

Sekali atau dua kali, baper masih oke lah, masih lucu. Tapi kali ke-seratus, kali ke-seribu hingga kali ke sekian yang tidak terhingga?! Capek Bro! Terus harus gimana ngadepinnya? Yuk kita bahas sama-sama.

Baper (bawa perasaan) adalah sebutan yang lahir dari kaum milenial dan untuk kaum milenial. Kata ini ditujukan kepada mereka yang sensitif perasaannya, alias gampang ngebawa perasaan alias baper.

Sesungguhnya sebelum kata baper muncul, kata sensi sebenernya lebih hits. Tapi sekarang kayanya udah kelewat posisinya sama kata baper.

Nah, gambaran kasar orang yang baper itu seperti apa? Misal, diledekkin dikit, sedih atau marah. Dibecandain dikit, langsung ngambek. Gak ditegor sedikit, langsung ngerasa seluruh dunia lagi musuhin dia. Aduh, kayanya capek banget ya hidup orang kalo baperan gitu. Memang sih, batas toleransi orang itu berbeda, ada yang mudah menerima candaan, ada yang sangat rentan jika dibecandain. Tapi, well memang begitu kan, semua orang itu berbeda, dan gak semua orang bisa atau bahkan harus mengikuti sifat kita.

Nah Bro, dalam hal ini sebenarnya Lo bisa juga kok bantuin teman atau pasangan Lo yang baperan supaya bisa lebih cool dalam menghadapi dunia yang kejam ini (beuh..). mau tau caranya? Simak nih Bro, dan jangan lupa dipraktekkan ya:

1. Kendalikan candaan / jokes Lo

Dibuat bertahap aja Bro, dari santai ke lumayan. Biar dia terbiasa, jadi lama-lama dia biasa juga sama candaan Lo dan orang lain.

2. Biasakan dia menerima candaan Lo

Iya, soalnya lama-lama orang akan kebal juga kok dibecandain! Kalo gak kebal-kebal, latih terus sampe kebal!

3. Ingatkan dia jika sedang terlalu baper atas hal sepele

Ingetin Bro, jangan ditinggalin, kasihan nanti! Lo bisa ajak dia diskusi dengan kasih penjelasan/pengertian bahwa yang dia baperin itu gak penting. Langkah awal adalah tanya kenapa hal sepele tersebut mengganggu dia.

4. Jangan diladenin kalo bapernya lagi gak penting banget

Karena semakin Lo ladenin, semakin baper! Ingat, Lo harus melatih dia agar terbiasa dengan dunia yang kejam ini.

5. Latih dia agar bisa bercanda balik

Ingatkan dia bahwa bercanda itu tidak dilarang, asal tidak menyinggung SARA / keluarga, bercanda itu menyenangkan kok!

6. Ajak dia untuk melihat dunia luar

Maksudnya bukan ajak jalan-jalan ke luar negeri Bro (kalo itu sih Gw juga mau :p) tapi lebih ke, kenalkan dia ke teman-teman kalian dari circle yang lain, supaya dia bisa memperluas pergaulan dan bertemu orang yang lebih beragam lagi

7. Ingatkan dia bahwa orang itu sebenarnya baik

Hanya kadang ada yang harus diguyur aja karena terlalu jahil misalnya, tapi pada dasarnya semua orang itu punya sifat baik kok Bro, dan hal ini harus diyakinkan ke dia.

8. Kasih pengertian kalo baper terus itu bikin dia sendiri capek

Karena emang capek kan Bro! kasihan juga kita lihatnya, nah ini tugas Lo untuk kasih tau ke dia bahwa hidup itu harus dibuat agak sedikit santai :)

Nah kalo semua langkah di atas udah Lo coba dan belum berhasil juga, mungkin Lo harus terima apa adanya aja karena semua orang pasti bersikap seperti itu dikarenakan ada background story-nya. Tapi Gw yakin bisa diubah ko Bro, asal kita konsisten aja bantuinnya.

Good luck ya Bro menghadapi ke-baperan! Jangan baper-baper ya baca artikel ini :)

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini