gentlemancode.id
Buat Yang Gak Enakan, Gini Caranya Nagih Hutang Ke Temen

BUAT YANG GAK ENAKAN, GINI CARANYA NAGIH HUTANG KE TEMEN

Published on Thursday, 29 December 2016

Kesalahan yang paling umum yang dilakukan oleh orang yang gak enakan adalah gak bisa bilang engga dan gak bisa tegas.  Untuk masalah hutang, kadang orang yang gak enakan akan merasa sungkan untuk nagih apa yang sudah menjadi haknya.

Tapi Bro, enak gak enak nagih hutang itu harus Lo lakukan, karena kalo engga, Lo sendiri yang akan sengsara. Nah, buat Lo yang emang lagi butuh duit tapi gak enak buat nagihnya Gw punya beberapa trik nih Bro. Simak ya!

1. Ingetin secara halus

Jangan buruk sangka dulu ya kalo misalnya temen Lo belum bayar utangnya, siapa tau memang dia bener-bener lupa. Untuk kasus seperti ini Lo bisa ingetin dia secara halus dengan menggunakan sedikit sindiran seperti "Duh, Gw lagi pengen beli sepatu nih, Tapi kurang duitnya, tambahin dong Bro". Atau "Eh Gw punya utang ga ya, takut Gw kelupaan nih". Kalo temen Lo peka, doi pasti inget Bro dan akan segera balikin duit Lo.

2. Say Hello pas tanggal muda

Tanggal muda adalah waktu dimana orang-orang pada gajian. Nah disaat inilah waktu yang tepat buat Lo untuk nagih, karena pas tanggal muda, kecil kemungkinannya orang akan beralasan gak punya uang. Lo ngomong aja gini ke dia "Hii Bro, gimana nih kabarnya? wah abis gajian ya, banyak duit dong. Hehehe". Kalo udah gini, Lo bisa secara langsung nagih uang Lo atau menggunakan sindiran seperti di poin nomor 1.

3. Minta ditraktir

Kalo Lo lagi jalan ama temen Lo yang punya utang itu, "paksa" aja dia buat bayarin Lo makan. Lo bisa pake alesan ketinggalan dompet, atau Lo lupa gak bawa atm. Jadi, kalo udah gini, mau gak mau dia akan traktir Lo makan. Dengan begini maka Lo bisa "memaksa" Dia untuk seenggaknya ngeringanin pengeluaran Lo.

4. Singgung di media social

Kalo Lo susah nemuin dia, Lo bisa memanfaatkan media social untuk menyindir temen Lo yang punya utang ama Lo. Lo bisa menulis status seperti "Duh lagi BU nih, pada kemana sih yang kemaren…?". Kalo temen Lo peka dan punya niat baik buat ngembaliin, dia pasti ngehubungin Lo ko.

5. Katakan bahwa Lo sedang membutuhkan uang

Kalo 4 cara tadi masih gak mempan juga, maka Lo harus katakan bahwa Lo memang sedang membutuhkan uang. Lo bisa bilang Lo lagi butuh untuk renovasi rumah, service kendaraan, atau membayar tukang. Cara ini harusnya bisa bikin temen Lo ngerasa gak enak dan akhirnya mau untuk membayar hutangnya.

Nah Bro, semoga 5 cara tadi bisa memberikan ide buat Lo yang gak enak buat nagih hutang ama temen Lo. Enak gak enak, Lo harus tetep nagih yang udah jadi hak Lo, karena kalo engga Lo sendiri yang akan sengsara Bro, bukan orang lain.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini