gentlemancode.id
Hati-hati Bercanda, Karena Kadang Temen Lo Nggak suka

HATI-HATI BERCANDA, KARENA KADANG TEMEN LO NGGAK SUKA

Published on Thursday, 27 July 2017

Interaksi memang sangat diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari, Bro! Selain keluarga, teman atau rekan kerja adalah orang-orang yang nggak lepas pada keseharian kita. Hubungan pertemanan memang nggak bisa selamanya mulus, ada kalanya pertemanan bisa renggang. Yang keluarga sendiri saja kadang masih marahan dan sakit hati, apalagi sebatas teman.

Kalo Lo udah temenan lama, mungkin teman Lo akan maklum dengan hujatan yang Lo sampaikan sebagai bentuk bercandaan. Tapi buat teman Lo yang bahkan Lo belum terlalu akrab, sebaiknya Lo berhati-hati dalam bercanda, Bro! Bisa-bisa dia malah tersinggung dengan bercandaan Lo.

Tapi, pertemanan itu emang butuh banget bercandaan karena kalo terlalu serius ya garing jadinya. Kalo sikap Lo terlalu kaku ya jadinya awkward. Jadi, bercanda emang sah-sah aja, Bro. Asal...

1. Tau Situasi dan Kondisi

Lo boleh aja menjadikan teman Lo sebagai objek bercandaan, asal Lo tau waktu dan tempat. Misal dia lagi mengerjakan tugas atau pekerjaan, dia mungkin bisa saja ngerasa terganggu dengan bercandaan Lo karena mengganggu fokus dia. Atau ketika ditempat umum, bercanda boleh, asal jangan menjadikan dia objek yang rendah dengan Lo ngatain dia anj**, misanya. Dia mungkin akan ngerasa nggak nyaman, Bro! Bayangin aja ketika Lo di tempat umum dan Lo jadi objek bercandaan. Pasti gak enak kan, Bro?

2. Tau Gimana Mood Temen Lo

Untuk tau mood teman Lo bagus atau nggak, cara sederhananya adalah Lo bisa liat raut muka dia dan cara dia ngomong. Kalo dia sedang bad mood, atau mungkin ada masalah, atau banyak pekerjaan, Lo boleh bercandain dia untuk sekadar menghiburnya. Jokes lucu atau membicarakan hal lain sebagai bahan candaan boleh banget Lo lakukan, Bro! Asal Lo tau bahan dan nggak membuat mood dia jadi makin buruk.

3. Nggak Meremehkan Orang Lain

Bercanda itu perlu banget, Bro. Tapi jangan sampai Lo punya kesan meremehkan dan membuat orang lain jadi rendah di mata orang lain ya, Bro! Selain tau situasi dan kondisi, Lo juga harus tau gimana dampak dari apa yang Lo bercandakan. Memang kalo lidah sudah ngomong, kadang susah untuk dikontrol, maka dari itu hati-hati kalau bercanda ya, Bro!

4. Jangan Terlalu "Palsu"

Bersilat lidah memang gampang, Bro! Lo boleh berimajinasi dan menjadikan imajinasi itu sebagai candaan. Tapi seringnya kita lebih memilih mengambil bahan candaan dengan menjadikan orang lain sebagai objek dan bahkan mengarang cerita agar candaan Lo menarik dan lucu. Sebaiknya jangan begitu ya, Bro. Bercanda boleh tapi jangan terlalu palsu.

5. Nggak Merusak Suasana

Sebaiknya jangan bercanda untuk urusan yang serius dan jangan tertawa untuk urusan yang seharusnya Lo menangis ya, Bro! Kan tiap-tiap sesuatu ada tempatnya, tiap-tiap kondisi ada cara untuk menyikapinya, Lo harus memperhatikan hal ini agar nggak merusak suasana ya, Bro!

6. Bisa Diterima Akal

Bro, kalau bercanda sebaiknya pada batas-batas yang bisa diterima akal, ya! Nggak perlu lah heboh kayak stand up comedian. Heboh kadang bikin basi, Bro! Sederhana saja yang penting bisa membuat orang lain tertawa dan diterima oleh akal pikiran yang sehat. Misalnya Lo ngebahas kucing Lo yang pipis di celana, barangkali. Krik...krik...krik...

Nah itu dia Bro, bercanda bebas kok. Waktu kongkow sama temen-temen itu asik banget buat bercandaan. Tapi yang perlu diinget, lidah itu ibarat pedang. Yang Lo katakan, mungkin teman Lo nggak akan kenapa-kenapa saat itu, tapi siapa tau hatinya Bro. Dan kalo Lo terlanjur bercanda yang keterlaluan, jangan sungkan untuk segera minta maaf. "Bro, cuma bercanda ya, nggak bermaksud apa-apa. Jangan dimasukkin ke hati ya. Mending Lo traktir Gw makan."

Gentleman itu harus berani minta maaf dan nggak malu buat mengakui kesalahannya. Dan satu lagi, gentleman itu bisa membuat orang sekitarnya merasa nyaman.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini