gentlemancode.id
Kita Memang Berbeda Warna, Tapi Jangan Jadikan Perbedaan Menjadi Alasan Untuk Bermusuhan

KITA MEMANG BERBEDA WARNA, TAPI JANGAN JADIKAN PERBEDAAN MENJADI ALASAN UNTUK BERMUSUHAN

Published on Wednesday, 09 November 2016

Mungkin diantara kalian udah ada yang mulai muak dengan postingan di social media akhir-akhir ini. Banyak banget postingan yang bernada saling merendahkan, si pendukung X ngomong ini, si pendukung Y ngomong itu. Ruwet banget, semuanya ngomong hanya karena ngikutin ego yang akhirnya saling memupuk rasa benci dari masing-masing pihak. Gw jujur aja kesel sih liat yang kaya gini, gimana engga postingan bernada provokatif seperti itu gak hanya mengancam keutuhan NKRI tapi juga mengancam keutuhan hubungan pertemanan yang udah terjalin lama terancam putus hanya karena postingan-postingan sampah yang provokatif.

Kalian pasti tahu kita ini hidup didalam negeri yang terdiri dari berbagai macam ras, suku, dan agama. Jelas banyak perbedaan disitu, kalo Lo ga saling menghargai mau jadi apa negeri ini? Jangan mau lah Lo di adu domba atau mengadu domba. Kalo berbeda, ya masing-masing aja ga usah saling menghina, toh Lo hidup diatas tanah dan dibawah langit yang sama, kalo Lo gak akur Lo mau hidup dimana lagi? emang nyaman Lo hidup gak akur sama orang-orang sekitar Lo?

Perdamaian dan ketentraman itu perlu usaha untuk mewujudkannya, dan saling menghina bukan salah satunya Bro. Mikir deh mulai sekarang, jangan asal share postingan yang bernada provokatif. Kalo kira-kira bakal menyakiti seseorang atau satu kelompok ngapain Lo share? diemin aja Bro. Emang Lo dapet untung ketika share hal sampah kaya gitu? Engga Bro. Social media diciptakan bukan alat untuk mengadu domba atau memprovokasi orang lain tapi untuk berbagi manfaat yang baik dengan orang lain.

Bayangkan ketika Lo share hal yang provokatif kemudian postingan itu di share kembali oleh ribuan orang, gimana coba jadinya? Kacau Bro, postingan itu pasti akan mendapat respon dari orang yang tidak setuju dan postingan ini pun akan di share ulang oleh ribuan orang lainnya. Lalu terjadi deh perang opini di social media yang bukan tidak mungkin akan meluas menuju hal-hal lainnya. So, menurut Gw itu ga ada ujung nya.

Trus gimana cara menghindari hal tersebut? Kalo Lo emang nemuin postingan atau statement yang kira-kira menyinggung seseorang, atau kelompok tertentu jangan Lo tanggepin. Biarin aja, biarin postingan itu selesai di Lo jangan Lo sebar. Dengan begitu seengganya Lo udah berusaha untuk meredam suasana panas yang mungkin akan terjadi. Inget Bro, perang itu banyak terjadi karena diawali oleh rasa benci. Kalo Lo mupuk rasa benci diantara orang-orang berarti Lo udah menanam benih-benih perpecahan dan perang.

Gak dipungkiri di negara ini memang ada pihak-pihak yang ingin mengadu domba masyarakat kita melalui perbedaan-perbedaan yang kita miliki, namun kalo kita cerdas untuk tidak mudah terhasut dan terprovokasi maka hal itu gak akan terjadi. So, mari kita jaga keutuhan NKRI dengan cara saling menghargai dan menghormati dan jangan sampai saling membenci. Karena NKRI harga mati.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini