gentlemancode.id
Lakukan Cara Ini Kalo Lo Jadi Korban Bullying

LAKUKAN CARA INI KALO LO JADI KORBAN BULLYING

Published on Friday, 25 August 2017

Seorang gentleman bukan berarti orang yang bebas dari bullying, Bro! Bukan karena Lo cupu, freak atau lemah, tapi  karena memang selalu ada saja orang orang iseng yang sukanya mengusik ketenangan hidup orang lain. Selama itu bercanda dan gak keterlaluan sih sebenernya fine-fine aja, tapi kalo udah keterlaluan dan itu terjadi terus menerus kayanya itu jadi kebiasaan Bro dan Lo harus berani untuk menghentikan kebiasaan tersebut dengan cara yang baik.

Kalo Lo merasa kurang berani menyikapi tindak bully karena mungkin Lo gak enak atau takut dibilang gak asik, ini saatnya Lo harus berubah, Bro. Menjadi orang yang asik itu bukan berarti Lo harus diem aja ketika Lo di bully atau dijadikan bahan lelucon. Gentleman itu harus mampu mempertahankan dirinya, mempertahankan harga dirinya, disegani orang lain dan nggak punya musuh. Memang nggak gampang sih, apalagi kalo Lo tipikal orang yang gak enakan. Meskipun begitu, bukan berarti Lo harus terus diam Bro. Lo harus membiasakan diri Lo untuk bersikap ketika Lo dijadikan bahan lelucon terlebih itu keterlaluan. Lo harus melatih itu Bro, dan Lo harus yakin kalo Lo bisa. Bagaimanapun juga, cuma diri Lo sendirilah yang mampu memperkuat mental Lo, untuk jadi Lo yang lebih berani. Berani bersikap dan berani bertindak.

Bullying itu apasih? Berdasarkan sumber yang Gw baca tentang tindak bullying, tepatnya menurut Coloroso (2003: 44), bullying adalah tindakan bermusuhan yang dilakukan secara sadar dan disengaja yang bertujuan untuk menyakiti, seperti menakuti melalui ancaman dan menimbulkan teror. Termasuk juga tindakan yang direncakan maupun yang spontan, bersifat nyata atau hampir tidak terlihat, di hadapan seseorang atau di belakang seseorang, mudah untuk diidentifikasi atau terselubung dibalik pertemanan.

Apapun alasannya, ketika Lo menjadi korban bullying, bullying tetaplah bullying, sebagai gentleman yang punya harga diri tentunya Lo harus melawannya, Bro. Dan Lo harus melawannya dengan cara yang elegan. Untuk melakukannya Lo bisa melakukan hal ini, Bro:
 

1. Ketika Lo Merasa di Bully, Lawanlah Dengan Pintar

Kalo Lo pengen dihormati, Lo jangan mau harga diri Lo dijatuhkan dan dijelek-jelekkan oleh orang lain, sebagai gentleman Lo harus melawannya, Bro. Gimana caranya? Bullying semacam ini relatif sih, kenali dulu apakah bullying ini memang memojokkan Lo atau sekadar bercanda. Setelah Lo merasa bahwa ini adalah bullying, sebelum Lo merasa harga diri Lo dijatuhkan lebih jauh, sanggahlah pernyataan atau bercandaan orang yang nge-bully Lo. Lawanlah ucapan si pem-bully dengan pintar, pakai logika yang rasional, dan pakai bukti yang mampu menguatkan bahwa apa yang dikatakan pem-bully itu tidak benar. Disini, Lo harus berani, Bro! Sebisa mungkin jangan pakai kekerasan ya tetap dengan kepala dingin. Seorang gentleman itu tau kapan harus pakai kekerasan dan kapan memakai pikirannya untuk melawan.

2. Ketika Lo Di-bully Dengan Ejekan, Anggaplah Itu Sebagai Angin Lalu Saja

Lo nggak perlu ambil pusing terhadap orang yang mem-bully Lo dengan ejekan, Bro! Anggap saja, salah satu sebab mereka mem-bully Lo adalah karena Lo lebih baik dari dia. Mungkin ada rasa iri di diri si pem-bully sehingga dia melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan Lo. Ketika Lo ada diposisi ini, Lo hanya perlu mengabaikan perkataan mereka dan buktikan dengan tindakan kalo Lo memang lebih baik dari dia, jangan ambil pusing Bro. Inget!

3. Ketika Lo Di-bully Dengan Kekerasan, Bertindaklah

Jika bullying sudah memasuki ranah fisik, Lo perlu melakukan pembelaan dan mempertahankan diri Lo Bro. Ini bukan masalah tentang salah kalo kita melawan kekerasan dengan kekerasan, Bro. Tapi ini lebih ke mempertahankan diri, dimana kekerasan sebaiknya dihentikan bukan dilanjutkan. Karena sama-sama bonyok itu nggak enak, Bro. Percaya ama Gw! Sebagai gentleman, Lo harus mampu mempertahankan diri Lo dan Lo harus tetap mencari solusi agar semuanya cepat selesai.

Lo bisa coba ngomong ke orang yang mem-bully Lo itu agar berkepala dingin dan meredakan emosinya. Ini emang gak mudah sih Bro, apalagi dia sedang dalam kondisi emosi. Jika memang Lo gak bisa, apalagi si pem-bully ini membawa senjata. Lo perlu lari Bro, cari pertolongan karena keadaan tersebut bukan keadaan yang menguntungkan buat Lo melawan. Laporkan ke pihak yang berwajib, ini bukan karena Lo pengecut Bro, karena memang seharusnya tindak kekerasan yang berlebihan harus dilaporkan ke pihak yang berwajib agar si pem-bully mendapatkan pelajaran. Selanjutnya, Lo bisa menyelesaikan ini secara baik-baik agar kedepannya kejadian seperti ini nggak lagi terulang lagi.

4. Balas Dendamlah Dengan Cara Elegan

Kalo Lo bertemu dengan pem-bully yang memang hobinya mengusik ketenangan hidup orang lain, coba aja untuk mengabaikan dia Bro. Jangan anggep dia musuh, karena punya musuh itu sama sekali gak enak. Dengan menjauhi orang tersebut, itu adalah salah satu pilihan yang tepat, Bro.

Balas dendamlah dengan cara membuktikan prestasi Lo, kerja keras Lo yang membuahkan hasil, dan jabatan Lo yang lebih baik dari dia, itu akan membuat si pem-bully barangkali akan sadar bahwa apa yang dia lakukan selama ini salah dan sama sekali gak ada gunanya.

Nah itu dia Bro yang bisa Gw sampaikan. Seperti yang Gw bilang di kalimat awal, sekali lagi Gw tegaskan bahwa gentleman itu harus mampu mempertahankan dirinya, mempertahankan harga dirinya, dan disegani orang lain serta nggak punya musuh. Memang semuanya butuh proses dan waktu, jadi berlatihlah untuk menjadi orang yang kuat dan lebih berani, baik itu fisik ataupun mental Lo, jangan biarkan ada orang yang menindas atau menjelek-jelekkan harga diri Lo. Jadilah berani agar kehidupan Lo bisa sesuai dengan apa yang Lo mau.

Sekian dulu ya Bro. Semoga bermanfaat dan Jangan lupa share ke temen-temen Lo ya! Trims.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini