gentlemancode.id
Rules Dalam Bercanda

RULES DALAM BERCANDA

Published on Sunday, 20 August 2017

Emang ada rulesnya? Kan namanya juga bercanda?

Ada, Bro. rules artinya aturan. Maksudnya adalah, apapun itu pasti ada aturannya. Makan, minum, tidur, bergaul, bersosialisasi, bekerja, mengendarai kendaraan, semua ada aturannya. Dari kecil pasti Lo udah dibesarkan orang tua  Lo dengan aturan-aturan tertentu sesuai norma yang berlaku.
Jadi, jangan bertanya-tanya ketika menurut Lo, bercanda itu apakah harus ada aturannya? Karena jawabannya adalah ada, Bro.

Kadang, kita berpendapat, selama orang ketawa dengan candaan kita, artinya semua orang suka dan gak ada yang salah dengan itu. Padahal faktanya, candaan kita itu lucu atas beberapa fakta, misalnya temen lo gak enak kalo gak ketawain Lo karena dianggap gak menghargai candaan Lo, atau temen Lo ngerasa kalo dia marah atas candaan Lo, dia takut dibilang lebay dan sebagainya.

Cukup mengagetkan kan, Bro? untuk itu, Gw akan mencoba merekap beberapa hal yang harus kita hindari atau strictly avoid dalam bercanda. Yuk kita simak bareng-bareng :

1. Bercanda SARA

Duh, Bro. Udah 2017 aja udah mau kelar loh ini. Masa masih aja rasis? SARA adalah singkatan dari suku, agama, ras dan aliran. Sara juga adalah berbagai pandangan dan tindakan yang didasarkan pada sentimen identitas yang menyangkut keturunan, agama, kebangsaan atau kesukuan dan golongan. Setiap tindakan yang melibatkan kekerasan, diskriminasi dan pelecehan yang didasarkan pada identitas diri dan golongan dapat dikatakan sebagai tidakan Sara. Se-simple ngeledekin temen Lo "cina" atau "batak" itu better dihindari, apalagi kalo udah masuk agama. Let’s be a good friends by joking smart, Bro! Masih banyak kok candaan lucu yang lebih mengasyikkan.

2. Bercandain Fisik

Gw tau sih, ini sampe sekarang masih banyak nih yang bercandain fisik. Sebenernya memang trend-nya sudah susah dikendalikan sih Bro, tapi yuk kita mulai dari diri kita sendiri. Lo boleh berkulit putih dan bercandain temen Lo dengan sebutan "si item", tapi yang lebih putih dari Lo juga banyak kok Bro. Stay humble. "Si Pendek", "si Gembrot", "si cungkring", etc. Anyway, candaan tsb gak segitu lucunya kok, Bro, malah kadang terkesan sudah jadul atau old school.

3. Bercandain Orang Tua

Ati-ati Bro untuk ini. Kita coba balikkin ke diri kita, kalo orang tua yang sangat kita sayangi dan sudah melahirkan serta membesarkan kita kemudian diejek/dibercandain orang, se-simple apapun ini tidak akan lucu. So, hindari sebisa mungkin ya!

4. Bercandain Tingkat Kekayaan Seseorang

Lo suka bercandain temen Lo yang gak bisa ikutan main karena gak punya uang? Well Bro, daripada bercandain dia dan dia diketawain, mendingan Lo yang traktir dia Bro! Dari semuanya, ini sepertinya candaan yang paling sensitif. Bisa buruk banget efeknya.

6. Bercanda Disabilitas Seseorang

Kalo yang ini Lo mesti extra hati-hati karena Lo bisa kena karmanya. Gak Lucu Bro, bercandain kecacatan/kekurangan seseorang yang bersifat permanen. Hati dia bisa hancur seketika mengetahui sahabatnya bercanda tentang kecacatan dia.

7. Bercandain Orang Terdekat Temen Lo Yang Sudah Meninggal

Balik lagi, sebelum bercanda coba Lo tanya sama diri Lo sendiri, is it proper? Is it funny? Will it hurts? Karena bercanda tentang orang yang sudah meninggal itu tidak akan pernah lucu, Bro. Daripada Lo becandain, lebih baik Lo doakan daripada Lo ketawain, bener gak?

8. Bercandain Pilihan Dan Selera Orang

Bro, semua orang bebas memilih dan punya hak untuk memilih. Apapun itu, catat ya Bro. pilihan tentang agama, pilihan pacar, pilihan rumah beli dimana, pilihan pasangan, atau termasuk ketika Lo punya teman yang adalah gay. It is not proper to joke about that. Kalo Lo gak suka pilihan dia, coba bicara baik-baik dan beritahu dia untuk memikirkan kembali, jangan langsung Lo judge macem-macem. Sebagai temen yang baik, udah tugas Lo juga untuk ngingetin dia. Kalo dia tetep dengan pilihan dia, sekarang pilihannya di Lo : apakah Lo terima dia dengan segala kekurangan dan kelebihannya? Atau tidak? The choice is yours, Bro.

Nah kira-kira itu beberapa important rules dalam bercanda yang strictly dilarang. Hati-hati bercanda karena kadang temen Lo mungkin gak suka. Gak mau kan, kehilangan temen karena candaan doang? Dan jangan bilang orang sensi atau lebay karena tidak bisa menerima candaan Lo. Karena semua itu ada batasnya dan tiap orang batasnya beda-beda Bro. kita tetep bisa kok jadi the funniest in the room with the smartest jokes ever. Bercanda yang wajar, teman happy, Lo happy, semua happy. Suasana menjadi makin hangat dan terasa cair. Pertemanan pun makin erat. Siapa yang gak mau, Bro?

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini