gentlemancode.id
Kenapa Kita Wajib Pilih-pilih Teman?

KENAPA KITA WAJIB PILIH-PILIH TEMAN?

Published on Thursday, 09 May 2019

Semua orang pasti butuh sama yang namanya temen, bener nggak, bro? Teman yang kita miliki itu somehow bisa memberi pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan kita. Untuk itu, untuk urusan teman kita nggak bisa sembarangan. Ya, punya temen itu harus pilih-pilih. Pilih-pilih disini artinya Lo harus memilih temen yang bener-bener baik bukan teman yang bisa ngasi Lo pengaruh buruk.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Lo harus pilih-pilih ketika berteman, yaitu:

1. Karakter kita berkembang dengan siapa kita sering menghabiskan waktu

Teman adalah orang terdekat kedua setelah keluarga yang bisa membentuk karakter Lo. Sadar atau engga, tapi tiap pendapat dan sifat teman-teman Lo sangat mempengaruhi kepribadian Lo juga. Ketika Lo berada diantara teman-teman yang suka ngopi, maka besar kemungkinan Lo akan suka sama kopi juga. Nah, karakter Lo akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar Lo khususnya teman-teman Lo. 

2. Potensi diri bisa berkembang pesat kalo Lo ada di antara teman yang tepat

Setiap orang pasti memiliki potensi yang berbeda-beda. Potensi ini nggak bisa langsung muncul dan terasah. Butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang. Nah, disinilah peran teman-teman Lo diperlukan, bro. Di antara teman-teman yang tepat, Lo pasti bisa memaksimalkan potensi di dalam diri Lo. Kenapa bisa gitu? Karena teman yang tepat akan mampu menghargai dan mendukung potensi yang Lo punya.

3. Bisa memberikan pendapat tentang langkah dan keputusan Lo

Teman yang sebenernya bukan cuma dia yang bisa Lo ajak nongkrong doang, bro. Teman sebenarnya adalah orang yang dengannya Lo bisa berbagi berbagai permasalahan hidup Lo. Tempat Lo bercerita, mencari saran dan dukungan, serta masukan bila memang salah. Masukan yang diberikan oleh teman Lo bisa memberikan Lo pertimbangan lain, karena kadang kita menemukan kesulitan untuk keluar dari sudut pandang kita sendiri. 

4. Nggak semua orang punya niat baik ketika berteman sama Lo

Ketika Lo kecil, mungkin temen-temen Lo pada asik-asik aja mengingat kalian saat itu masih polos dan belum tahu apa-apa. Tapi saat Lo dewasa, tentu nggak gitu, bro. Nggak semua orang punya niat yang baik. Selalu ada saja orang yang memanfaatkan pertemanan untuk kepentingan mereka sendiri. Misal, teman-teman Lo yang hanya datang pas butuh bantuan doang. Kalo udah Lo tolongin, pada ngilang dah. Ngeselin kan?

5. Teman adalah cerminan Lo di mata orang lain

Dengan siapa Lo berteman maka itu akan mempengaruhi citra Lo di mata orang lain, bro. Bagaimana Lo dikenal sama orang lain, terkadang berdasarkan dengan siapa aja Lo bergaul dan menghabiskan banyak waktu Lo. Kalo Lo berteman dengan orang-orang yang pemalas, maka orang lain pun akan mengira Lo sebagai orang yang pemalas. Begitupun sebaliknya, ketika Lo bergaul dengan orang-orang yang rajin, maka orang lain juga akan menganggap Lo sebagai orang yang juga rajin. Sesederhana itu, bro.

6. Berteman itu pilhan, bersikap baik itu harus

Pilih-pilih dalam memilih teman berbeda dengan pilih-pilih dalam bersikap baik, bro. Meskipun Lo memilih nggak berteman dengan seseorang, bukan berarti Lo nggak bersikap baik atau tidak membantunya ketika dia sedang kesulitan. Lagian Lo juga nggak bakalan tahu nanti Lo akan butuh bantuan siapa. Jadi, bersikap baik kepada semua orang itu adalah keharusan selama Lo mampu. Tapi, menjadi teman, menjadi orang yang memberikan Lo masukan, itu pilihan. 

Setiap orang memang memiliki karakter berbeda-beda. Ada orang yang punya karakter yang cocok sama karakter Lo, ada juga yang tidak. Memilih teman itu harus demi masa depan Lo, bro. Jadi, pilihlah teman yang baik dan tidak merugikan buat Lo. 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini