gentlemancode.id
5 Alasan Kenapa Sebaiknya Lo Harus Menghindari Multitasking

5 ALASAN KENAPA SEBAIKNYA LO HARUS MENGHINDARI MULTITASKING

Published on Thursday, 03 May 2018

Bekerja secara multitasking memang akan membantu ketika kita dituntut untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, bro. Seperti yang kita lansir dari ivillage, manusia memang memiliki kemampuan ini yaitu kemampuan dalam mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Kemampuan multitasking terbentuk karena budaya dan lingkungannya, di mana jika seseorang dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang terbiasa melakukan beberapa hal dalam satu waktu, maka ia akan terbiasa untuk multitasking.

Tapi bro, sebenarnya otak manusia sebenarnya nggak bisa benar-benar multitasking lho, walaupun mungkin sepertinya kita bisa memikirkan dan melakukan hal yang berbeda-beda secara bersamaan. Yang sebenarnya yang dilakukan oleh otak ketika kita melakukan beberapa hal sekaligus adalah, otak mengalihkan konsentrasi dengan cepat antara tugas yang satu dengan yang lain. Dan ternyata, multitasking ini justru malah nggak baik buat kesehatan otak Lo dan sebenarnya juga akan membuat pekerjaan yang Lo lakukan malah jadi nggak optimal. Nah, ternyata ada beberapa alasan lagi kenapa sebaiknya Lo harus menghindari multitasking, apa aja? ini dia bro alasannya!

1. Hasil Kerja Tidak Maksimal

Multitasking akan membuat hasil pekerjaan Lo menjadi nggak maksimal, bro. Kenapa? Seperti yang sudah disebutkan di atas, otak hanya bisa fokus kepada satu hal pada satu waktu. Nah, ketika Lo melakukannya untuk dua hal bersamaan, konsentrasi otak otomatis akan terbagi dan akan membuat pekerjaan Lo menjadi nggak optimal. Seperti yang di lansir dari salah satu situs psikologi, para ahli memperkirakan bahwa produktivitas seseorang dapat turun hingga 40% ketika harus berpindah dari pekerjaan yang satu ke pekerjaan lain. Jadi jelas kalo multitasking akan menyebabkan Lo melakukan lebih banyak kesalahan, terutama jika hal yang Lo kerjakan melibatkan pemikiran kritis dan terstruktur.

2. Berpengaruh pada Kesehatan

Pasti Lo pernah atau sering melakukan pekerjaan A dan B secara bersamaan, atau melakukan pekerjaan A sambil menggunakan gadget, atau sederhananya pasti Lo pernah nonton film sambil main gadget. Seperti yang di lansir dari situs national geographic, multitasking seperti yang disebutkan di atas ternyata bisa membuat Lo mengalami gangguan memori jangka panjang. Penelitian juga menemukan bahwa multitasking yang berkaitan dengan teknologi atau gadget bisa menurunkan kinerja otak dalam mengontrol otot sampai mengontrol diri sendiri. Nggak hanya kesehatan otak, Lo juga bisa mengalami gangguan persepsi sensorik, bicara, bahkan emosi, bro.

3. Membuat Lo Melewatkan Banyak Hal dalam Hidup

Orang yang sibuk dengan multitasking biasanya nggak akan sempat memerhatikan apa yang ada di sekitar mereka bahkan yang dekat sekalipun. Seperti yang di lansir dari situs Western Washington Unversity disebutkan jika 75% mahasiswa berjalan melintasi lapangan sambil berbicara via gadget dan mereka tidak melihat adanya badut yangmengendarai sepeda roda satu di dahapannya.

Nah secara teknis, orang yang berbicara via telepon tersebut masih bisa melihat apa yang terjadi di sekitarnya, bro. Tapi pada dasarnya, nggak banyak hal yang bisa direkam oleh otak karena otak sedang fokus pada lain hal. Lo nggak pengen kan kalo multitasking justru akan membuat Lo melewatkan banyak informasi atau momen-momen penting yang seharusnya Lo lihat. Makanya bro, coba deh buat fokus hanya pada satu hal atau pekerjaan saja.

4. Menurunkan tingkat kreatifitas

Ketika Lo melakukan banyak hal dalam satu waktu, maka banyak juga hal yang terjadi dalam otak Lo, bro. Semakin banyak yang dikerjakan, maka makin banyak pula "working memory" atau penyimpanan otak sementara kita yang bekerja. Nah, ini yang kemudian memicu kesulitan untuk berpikir kreatif. Lo nggak lagi punya waktu untuk berpikir sejenak agar mendapatkan momen dimana kreatifitas muncul.

5. Perasaan Tertekan

Seperti yang di lansir dari situs University of California, disitu menyebutkan bahwa telah dilakukan penelitian jantung karyawan yang bekerja dengan atau tanpa akses konstan pada email kantor, nah mereka yang konstan mendapat email menunjukkan denyut jantung yang meningkat, bro. Sementara yang nggak konstan mengakses email, lebih sedikit melakukan multitasking, tingkat stres mereka pun lebih rendah dan denyut nadi pun cenderung normal. Contoh lainnya juga banyak bro, misal ketika Lo akan presentasi ke client, Lo tentunya harus mempelajari dan menguasai deck yang akan Lo presentasikan. Namun, di saat yang bersamaan Lo juga banyak menerima email terkait pekerjaan yang masuk ke Lo. Nah ini yang akan membuat Lo merasa tertekan. Sebaiknya, prioritaskan mana dulu yang penting ya jangan langsung Lo kerjakan semua.

Nah, itu dia bro alasan kenapa sebaiknya Lo menghindari multitasking. Kalo selama ini Lo selalu melakukan pekerjaan secara multitasking, mungkin masalahnya bukan pada pekerjaan atau banyak hal yang harus Lo lakukan, tapi masalahnya ada pada manajemen waktu Lo yang buruk. Sekali lagi, buat skala prioritas untuk kegiatan harian yang Lo lakukan ya, bro. Selamat beraktifitas, semoga bermanfaat and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini