gentlemancode.id
5 Cara Menjaga Stamina dan Kesehatan Meski Jadwal Super Padat

5 CARA MENJAGA STAMINA DAN KESEHATAN MESKI JADWAL SUPER PADAT

Published on Thursday, 17 October 2019

Setiap hari, Gw yakin Lo pasti selalu merasa kaya dikejar-kejar waktu. Banyaknya pekerjaan atau kesibukan seakan-akan nggak selesai-selesai membuat waktu Lo menjadi seolah-olah sedikit. Akibatnya tentu saja tubuh Lo jadi kecapean. Kalo nggak ditangani dengan baik, kelelahan yang Lo alami bisa memberikan berdampak buruk kepada aktivitas sehari-hari sampe hubungan Lo dengan orang lain.

Nah bro, sebelum Lo terkena rasa lelah yang hebat, sebaiknya Lo simak beberapa tips menjaga stamina berikut ini.

Cara menjaga stamina ketika jadwal super padat

Kadang, kelelahan merupakan gejala umum dari berbagai penyakit. Misalnya penyakit jantung, tiroid, diabetes, radang sendi, anemia, dan sleep apnea. Nggak hanya itu, beberapa obat-obatan juga bisa membuat Lo mudah lelah, bro. Beberapa diantaranya adalah antihistamin, obat tekanan darah, dan diuretic.

Tapi, kebanyakan orang lelah dikarenakan aktivitas mereka sehari-hari yang memang sangat padat. Nggak sempat makan, kurang tidur, dan stres akhirnya semakin membuat tubuh menjadi kehilangan stamina. Pekerjaan pun jadi nggak lancar karena Lo nggak bisa konsentrasi. Untuk itu, pastikan Lo melakukan hal-hal di bawah ini bro untuk menjaga stamina dan kesehatan Lo di saat kesibukan Lo padat banget.

1. Aktif bergerak

Mungkin cara ini udah berkali-kali Lo denger mengenai cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Nah, banyak penelitian yang udah ngebuktiin bahwa tubuh yang aktif bergerak, bisa dengan kegiatan ringan di rumah atau olahraga akan memicu peningkatan energi. Itu sebabnya, orang-orang yang aktif secara fisik biasanya nggak gampang lelah.

Hal ini juga didukung oleh direktur fisiologi di Johns Hopkins University School of Medicine, Kerry J. Stewart, yang berpendapat bahwa tubuh yang aktif banyak dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup. Jadi nggak heran kalo misalnya efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot juga akan semakin membaik berkat aktivitas fisik.

Terus gimana kalo kita nggak punya waktu olahraga? Tenang, Lo bisa mencoba olahraga intens hanya dalam waktu 7 menit. Simak panduannya dalam link ini.

2. Luangkan waktu berada di luar ruangan

Kalo Lo lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan, coba deh luangkan waktu sejenak untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

Sinar matahari bisa menstimulasi kerja otak, untuk memberi isyarat pada tubuh untuk meningkatkan energinya. Ujar dr. Jeffrey Durmer, yang merupakan kepala petugas medis di FusionSleep Center di Atlanta.

Selain itu, otak pun akan jauh lebih segar karena nggak terus-terusan di dalam ruangan.

Selain itu, sinar matahari bisa menghentikan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang memicu rasa kantuk. Sehingga, tubuh Lo pun akan merasa lebih bertenaga dan tentunya nggak mudah lelah.

3. Penuhi cairan tubuh

Jangan sampe nih bro, saking sibuknya Lo beraktivitas, Lo jadi lupa dengan kebutuhan diri sendiri seperti salah satunya minum. Masalahnya, kekurangan cairan bisa memecah persediaan energi dan mengacaukan kerja tubuh, sehingga Lo jadi merasa gampang banget capek dan nggak bersemangat.

Kekurangan cairan sudah terbukti bisa membuat Lo sulit konsentrasi. Ini terjadi karena air mendukung kerja seluruh organ di dalam tubuh, termasuk otak. Itu alasannya, ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik, maka otak kita jadi nggak bisa bekerja secara optimal.

Untuk mengetahui apakah Lo udah cukup minum air atau belum adalah dengan melihat  warna urine saat buang air kecil.

Menurut Dan Judelson, Ph.D., asisten dosen Kinesiologi di California State University di Fullerton, urine yang normal seharusnya berwarna kuning muda atau jernih. Kalo misalnya warna urine Lo gelap dan pekat, tandanya Lo perlu minum lebih banyak cairan.

4. Kenali jam tubuh Lo

Salah satu penyebab kelelahan yang paling banyak terjadi adalah karena terlalu memforsir kerja tubuh.

Memang, mungkin kadang sulit buat Lo untuk menyadari kapan tubuh telah berada di batas kemampuannya.

Nah, untuk mengetahuinya adalah dengan Lo tinggal mengenali jam tubuh Lo sendiri. Misal pada siang hari konsentrasi dan tenaga Lo mulai hilang. Itu artinya sebelum itu terjadi Lo seharusnya sudah mengisi energi dengan makan siang cukup. Kalo Lo menunda jam makan dan akhirnya kelaparan, Lo pun cenderung akan makan sampe kekenyangan dan ujung-ujungnya malah jadi ngantuk.

Berikan jeda di tengah-tengah kegiatan Lo dengan duduk santai, menutup mata sejenak, dan biarkan pikiran Lo rileks. Cara ini bisa membantu Lo menjaga stamina di tengah-tengah padatnya kesibukan Lo. Selain itu, jangan lupa juga untuk tidur cukup di malam hari supaya badan dan pikiran Lo lebih fresh.

5. Disiplin soal makan

Dari sekian banyak cara dalam menjaga stamina, satu yang nggak boleh Lo lewatkan adalah makan tepat waktu, bro. Kenapa? alasannya adalah makanan memiliki tugas dalam menyalurkan energi utama yang nantinya akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

Ketika tubuh Lo telah bekerja keras dalam beberapa jam, maka Lo perlu asupan makanan untuk mengembalikan energy yang sudah hilang. Kalo Lo nggak bisa memenuhinya tepat waktu, maka cadangan energi Lo akan semakin terkuras. Akibatnya, Lo jadi mudah lelah.

Penting juga buat Lo untuk memenuhi asupan nutrisi dari berbagai sumber makanan sehat, bro. Seperti protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup, bukan berlebihan.

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini