gentlemancode.id
5 Tips buat Lo yang penyendiri supaya bisa bekerjasa sama di dalam tim

5 TIPS BUAT LO YANG PENYENDIRI SUPAYA BISA BEKERJASA SAMA DI DALAM TIM

Published on Friday, 23 February 2018

Sebuah perusahaan tidak hanya digerakan oleh satu orang saja, namun oleh beberapa orang yang bekerja bersama-sama di dalam suatu tim. Untuk itu, kerja sama tim adalah hal yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Namun, pada kenyataannya nggak semua orang terbiasa bekerja dalam suatu tim entah karena tidak nyaman atau memang orang tersebut lebih suka mengerjakan sesuatu sendirian. 

Basically nggak ada masalah sih untuk orang yang memang terbiasa bekerja sendiri. Tapi, apabila Lo adalah orang yang bisa dibilang penyendiri, mungkin Lo akan menemukan banyak kesulitan dalam bekerja didalam sebuah tim. Sangat disayangkan kalo misalnya Lo nggak bisa bekerja dengan baik hanya karena Lo nggak nyaman bekerja sama dengan orang lain. 

Buat Lo yang penyendiri, Lo bisa ikuti 5 tips ini supaya Lo bisa bekerja sama  dengan tim Lo. Apa aja tips nya?

1. Bagikan pekerjaan sesuai bidang keahlian masing-masing

Kerja sama bukan berarti Lo dan tim Lo harus selalu mengerjakannya bersama-sama. Bagikan tugas secara merata sesuai dengan keahlian masing-masing supaya Lo dan tim Lo bisa bekerja secara efektif. 

2. Bangun kebersamaan dengan melakukan pertemuan rutin dengan anggota tim lainnya

Seorang penyendiri biasanya cenderung sulit untuk berbicara di depan umum. Pertemuan rutin dengan anggota tim lain akan membantu Lo untuk membangun kedekatan dengan anggota tim Lo. Kalo Lo udah merasa dekat maka Lo akan lebih mudah dalam mengatakan hal-hal yang ingin Lo katakan. Pertemuannya nggak usah formal, pertemuan santai seperti ngopi bareng aja udah bagus banget untuk membangun kebersamaan antara Lo dan anggota tim Lo.

3. Katakan yang ingin Lo katakan

Ketika Lo bekerja di dalam tim, sebisa mungkin Lo harus bisa mengatakan apa yang ingin Lo katakan terkait dengan pekerjaan yang ingin kalian kerjakan. Misal Lo ingin sistem kerja nya seperti apa, pembagian tugasnya gimana, dan tanggung jawab masing-masig anggota tim gimana. Usahakan untuk selalu mengatakan semua hal yang ada dalam kepala Lo supaya Lo bisa bekerja dengan nyaman. 

Mungkin buat Lo yang penyendiri Lo nggak terlalu bisa untuk megungkapkan apa yang ada di kepala Lo, tapi kalo Lo udah merasa dekat sama anggota tim lainnya maka Lo tidak akan terlalu susah untuk melakukannya. Untuk itu, ngebangun kedekatan dan kebersamaan dengan anggota tim lainnya penting untuk dilakukan, bro.

4. Jangan berfikiran jelek di awal

Ketika Lo diharuskan bekerja di dalam sebuah tim, jangan sampe Lo berfikiran jelek terlebih dahulu, bro. Pikiran kaya Lo takut nggak bisa, takut nggak cocok sama tim, dan ketakutan-ketakutan lainnya harus Lo jauhkan dari pikiran Lo. Jangan sampe pikiran Lo tersebut menjadikan Lo jadi males untuk bekerja dalam sebuah tim karena bagaiamanapun juga akan ada waktunya Lo harus bekerja bersama orang lain nggak mungkin selalu Lo kerjain semuanya sendirian.

5. Bersikap terbuka

Mau nggak mau, bisa atau tidak bisa, ada kalanya Lo harus siap untuk ditempatkan didalam sebuah tim. Untuk itu, Lo harus bersikap terbuka kepada rekan setim Lo supaya Lo bisa bekerja sama dengan mereka. Tanpa sikap terbuka, mustahil Lo bisa membangun kerja sama yang baik dengan rekan-rekan Lo, bro. Ketika Lo tertutup sama rekan setim Lo, hasil pekerjaan Lo pasti tidak akan maksimal.

Nggak ada yang salah sebetulnya dengan kebiasaan Lo bekerja sendirian. Tapi, Lo juga harus bisa ketika misalnya nanti Lo harus bekerja sama dengan orang lain. Bagaimanapun juga keberhasilan suatu pekerjaan itu nggak bisa hanya bergantung kepada satu orang saja.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini