gentlemancode.id
7 Cara efektif untuk mengatasi stres ketika bekerja

7 CARA EFEKTIF UNTUK MENGATASI STRES KETIKA BEKERJA

Published on Wednesday, 24 January 2018

Bekerja adalah cara untuk kita mendapatkan penghasilan dan mendapatkan karir yang kita inginkan. Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki alasannya sendiri ketika memutuskan untuk bekerja pada suatu bidang. Ada yang bekerja sesuai dengan passion-nya, ada juga yang bekerja pada bidang yang bukan keahlian dia dan bukan passion-nya tapi pada akhirnya tetap bisa bekerja dengan baik karena telah terbiasa. 

Dunia kerja adalah dunia yang kadang penuh dengan tekanan yang sangat mungkin akan membuat Lo stres. Senyaman apapun Lo dalam perkerjaan Lo, stres adalah hal yang tidak mungkin bisa Lo hindari. Adakalanya Lo akan merasa jenuh dengan rutinitas Lo dan akhirnya performa Lo jadi menurun. Apalagi kalo misalnya Lo nggak nyaman sama kerjaan Lo, tentu tingkat stres Lo akan lebih tinggi lagi.

Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan stres ketika Lo bekerja. Bisa itu dari faktor eksternal bisa juga faktor internal yang datang dari diri Lo sendiri. Sebelum stres mempengaruhi performa Lo dalam bekerja, lebih baik Lo segera mengatasinya. Caranya gimana? Simak penjelasan dibawah ini ya!

1. Perhatikan pola makan dan tidur

Hal pertama yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi stres adalah dengan memperhatikan pola makan dan pola tidur Lo. Biasanya, orang yang sedang mengalami stres cenderung akan memiliki pola makan dan pola istirahat yang tidak teratur dan cenderung berantakan. Kalo Lo tidak berusaha untuk memperbaikinya, maka kebiasaan ini akan mengganggu kesehatan Lo, bro. 

Makanlah makanan yang bisa memperbaiki mood Lo dan perhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Selain itu buatlah jadwal tidur supaya waktu tidur Lo bisa teratur. Saat pola makan dan tidur Lo udah bagus, maka stres yang Lo alami secara perlahan akan berkurang.

2. Mulai hari dengan sesuatu yang menyenangkan

Apa yang Lo lakukan di pagi hari ternyata akan sangat berpengaruh kepada keseluruhan hari yang akan Lo lewati. Untuk itu, agar hari Lo menyenangkan dan jauh dari stres maka Lo harus memulai hari Lo dengan sesuatu yang bisa membuat Lo senang dan menumbuhkan semangat Lo.

Lo bisa mengisi waktu Lo diperjalanan ke kantor dengan membaca buku favorit Lo atau hal lain yang Lo senangi. Sesampainya di kantor jangan langsung kerja bro, tapi duduklah untuk beberapa saat untuk sedikit beristirahat atau menikmati teh atau kopi. Setalah itu, Lo bisa mulai menyusun agenda harian Lo mengenai apa aja yang harus Lo kerjain hari itu. Memulai hari dengan mood yang baik akan sangat membantu Lo untuk menjauhkan diri dari stres.

3. Fokus kepada solusi

Setiap orang pasti punya masalah bro nggak mungkin engga. Ketika Lo terlalu memikirkan masalah Lo terus menerus maka udah pasti Lo akan mengalami yang namanya stres. Dalam dunia kerja, masalah udah pasti akan selalu ada dan yang harus Lo pikirin itu bukan masalahnya tapi Lo harus fokus pada solusi dari masalah tersebut.

Setiap masalah tidak akan selesai kalo Lo nggak mikirin apa solusinya. Untuk itu, ketika Lo punya masalah, segeralah pikirkan apa solusi yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan overthinking bro dan mulailah bertindak untuk menyelesaikan segala masalah Lo supaya Lo nggak stres.

4. Me time

Kalo Lo sudah merasakan stres ketika bekerja, cobalah untuk berhenti sejenak dan luangkan waktu untuk diri Lo, bro. Lo bisa menghabiskan waktu di rumah untuk menonton film atau bermain games yang Lo suka. Lupakan sejenak pekerjaan Lo dan fokuslah kepada diri Lo sendiri. Selain itu, cobalah untuk sedikit manjauh dari handphone Lo supaya Lo nggak terganggu oleh update-update dari social media yang sebenarnya nggak penting buat Lo. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengurangi penggunaan social media bisa meningkatkan kebahagiaan Lo. Kalo itu udah Lo lakuin, besoknya pasti Lo udah lebih seger lagi bro.

5. Jalan-jalan

Ketika hari libur, gunakanlah waktu tersebut untuk melakukan short trip bro. Lo bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yang nggak terlalu jauh dari tempat tinggal Lo atau Lo pergi ke tempat yang memang tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama untuk kesana. Lo juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk bertemu dengan orang-orang yang Lo sayangi, bro. Mungkin cara ini nggak akan menyelesaikan masalah Lo, tapi paling engga Lo bisa sedikit lebih lega dan berfikir lebih jernih untuk menghadapi masalah Lo.

6. Sharing dengan rekan kerja

Nggak ada salahnya kalo Lo sharing mengenai masalah Lo sama rekan kerja Lo terlebih itu adalah masalah pekerjaan. Dengan begitu, mungkin rekan kerja Lo bisa membantu kesulitan Lo. Kalo pun engga, dengan Lo sharing biasanya itu akan sedikit meringankan beban pikiran Lo. Tapi, pastikan rekan kerja Lo bisa dipercaya ya jangan yang rada-rada. Hehe.

7. Fokus dan tetap berikan yang terbaik

Seperti yang udah disebutkan diatas bahwa yang namanya Lo kerja Lo pasti akan menemukan banyak masalah dan tantangan, bro. Ketika Lo ada dalam posisi itu, yakin aja Lo bisa melewatinya dan jangan sampe Lo nyerah. Apapun hasilnya nanti Lo fokus aja sama pekerjaan Lo dan selalu berikan yang terbaik untuk menyelesaikannya. 

Stres mungkin adalah hal yang nggak bisa Lo hindari bro, tapi cobalah untuk tetap fokus dan yakin sama kemampuan Lo. Jangan sampe down, karena yang namanya stres itu biasa dalam bekerja.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini