gentlemancode.id
8 Hal Yang Harus Kita Perhatikan Ketika Akan Menandatangani Surat Kontrak Kerja

8 HAL YANG HARUS KITA PERHATIKAN KETIKA AKAN MENANDATANGANI SURAT KONTRAK KERJA

Published on Tuesday, 18 October 2016

Ketika kita mendapatkan panggilan wawancara di suatu perusahaan yang kita idam-idamkan kemudian kita diterima bekerja di perusahaan tersebut, pasti otomatis perasaan kita akan bahagia. Bagaimana tidak, bekerja di tempat idaman adalah merupakan impian hampir semua orang apalagi untuk kita yang baru pertama kali bekerja atau fresh graduate.

Saking bahagianya dan minimnya pengalaman, kadang kita lupa memperhatikan hal-hal yang penting yang sebetulnya wajib untuk kita perhatikan, khususnya adalah soal surat kontrak kerja. Kadang kita malas membacanya dengan seksama dikarenakan jumlah halamannya yang cukup tebal, sehingga kita hanya membaca sebagian saja.

Gw kasih tau nih Bro, membaca surat kontrak kerja dengan seksama adalah hal yang hukum nya wajib buat Lo lakuin. Kenapa? karena dengan membaca surat kontrak kerja dengan seksama, itu akan membuat Lo paham apa yang menjadi hak dan kewajiban Lo, sehingga nanti tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan.

Nah, berikut ini adalah poin-poin penting yang harus Lo perhatikan sebelum menandatangani surat kontrak kerja. Untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini ya Bro.

1. Pastikan semua identitas Lo ditulis dengan benar

Pastikan semua data diri Lo ditulis dengan benar tanpa keselahan sedikitpun. Ini penting untuk diperhatikan, karena jika terjadi kesalahan maka Lo akan menjadi pihak yang dirugikan. Kesalahan penulisan ini bisa berdampak luas seperti masalah asuransi, gaji, tunjangan dan lain-lain. Untuk asuransi misalnya, mereka hanya akan mengcover biaya kesehatan atau biaya lainnya jika data yang mereka terima sesuai dengan yang dicantumkan oleh perusahaan. Jadi Lo harus perhatikan baik-baik penulisan identitas Lo di dalam surat kontrak kerja.

2. Perhatikan siapa yang menandatangani surat kontrak kerja

Poin ini juga tidak kalah penting untuk kita perhatikan, pastikan pihak yang menandatangani adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perusahaan itu. Biasanya yang menandatangani adalah atasan tertinggi, entah itu direktur atau CEO.

3. Perhatikan jabatan dan job description

Didalam surat kontrak kerja, disana akan disebutkan dengan jelas jabatan dan job desk yang akan diberikan kepada kita nanti. Misal Lo ngelamar jadi staff HRD, maka job desk yang tertera pun adalah segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan HRD bukan lantas misalnya Lo harus mengerjakan pekerjaan bagian accounting.

Dengan memperhatikan rincian pekerjaan yang akan kita lakukan nanti dengan seksama, maka dari awal kita sudah clear mengenai apa saja yang akan kita kerjakan dari awal sehingga tidak ada kerancuan ketika nanti kita bekerja.

4. Perhatikan jam kerja

Perhatikan dengan seksama jam kerja yang diberlakukan di perusahaan tersebut. Ketika Lo ga menemukan itu, segera tanyakan kepada pihak yang bersangkutan agar nantinya tidak terjadi kesalah pahaman. Tanyakan juga apakah ada keharusan untuk masuk kerja ketika hari libur.

Setalah itu hitung dengan seksama jam kerja selama seminggu. Kira-kira masuk akal gak? Untuk hal ini, pemerintah sudah menetapkan bahwa jam kerja normal itu adalah 40 jam selama satu minggu. Kalo lewat dari ketentuan itu, maka Lo harus menanyakan mengenai kelebihan jam kerja tersebut apakah dimasukan kedalam jam lembur dan apakah ada tunjangan untuk kelebihan jam tersebut?

5. Perhatikan kapan mulai bekerja dan berapa lama masa percobaan

Dalam surat kontrak kerja harus tercantum kapan kita mulai bekerja dan berapa lama masa percobaan. Hal ini penting karena menyangkut kompensasi yang akan kita terima. Tanggal mulai bekerja akan berpengaruh kepada kompensasi untuk masa pensiun maupun perhitungan masa kerja. Sedangkan untuk masa percobaan, pengaruhnya adalah pada kompensasi gaji yang belum full seperti karyawan tetap. Untuk karyawan yang masih dalam masa percobaan biasanya belum berhak mendapatkan tunjangan maupun bonus. Jadi Lo harus pastiin semuanya tertulis dengan jelas.

6. Gaji dan hak apa saja yang akan kita peroleh

Biasanya untuk poin ini sih kita pasti memperhatikan dengan seksama, tapi ga ada salahnya kita bahas disini ya. Pastikan gaji, daftar tunjangan, dan bonus yang menjadi hak kita tertulis dengan jelas dan detail. Jangan lupa juga untuk memperhatikan bagaimana mekanisme pembayarannya, apakah itu cash atau transfer.

Pastikan juga didalam surat kerja itu tertulis kapan gaji akan diberikan setiap bulannya dan kapan bonus akan diberikan. Bukan hanya itu saja, fasilitas yang menjadi hak kita selama bekerja pun harus jelas tertulis didalam surat kontrak.

7. Kejelasan mengenai cuti dan hari libur

Umumnya jatah libur adalah weekend dan tanggal merah. Tapi untuk jenis pekerjaan tertentu tidak seperti itu, mereka diharuskan masuk di waktu-waktu tersebut.

Agar semuanya jelas, kebijakan mengenai cuti dan hari libur harus tertera dalam surat kontrak kerja. Kalau memang diharuskan masuk saat hari libur, lalu kompensasi apa yang akan kita dapatkan? Apakah uang lembur atau apa?

Untuk masalah cuti, bagaimana jika hak cuti itu tidak kita ambil? Apakah ada kompensasi atau tidak? Pastikan semuanya tertera dengan jelas didalam surat kontrak kerja.

8. Aturan apabila terjadi PHK

Nasib kita didalam suatu perusahaan tidak pernah ada yang tau. Apabila perusahaan memang mengharuskan melakukan PHK terhadap kita maka kita harus siap untuk menerimanya. Tapi, aturan main mengenai PHK ini sendiri harus jelas, dan harus tertera didalam kontrak agar semua pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Disana harus tertulis kompensasi apa saja yang akan kita dapatkan ketika kita di PHK, dan berapa lama kompensasi tersebut akan diberikan. Jika tidak tertera, maka kita jangan sungkan untuk bertanya.

Menandatangani surat kontrak kerja adalah momen yang sangat krusial dalam kehidupan karir kita, maka jangan sampe kita malas untuk membaca dan memperhatikan poin demi poin yang tertera dalam beberapa lembar kertas tersebut. Yang rugi kan kita juga kalo misalnya surat kontraknya ternyata banyak merugikan kita. So, harus teliti ya Bro.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini