gentlemancode.id
Apa Yang Perlu Lo Ketahui Ketika Akan Nego Gaji

APA YANG PERLU LO KETAHUI KETIKA AKAN NEGO GAJI

Published on Saturday, 12 August 2017

Nego gaji. Adalah tahap dimana Lo udah tinggal selangkah lagi untuk masuk atau bergabung dengan perusahaan yang Lo lamar sebelumnya. Kalo Lo udah ada pada tahap ini, kemungkinan besar perusahaan yang Lo lamar itu udah tertarik sama Lo dan pengen Lo gabung diperusahaan mereka. Tinggal urusan gaji aja nih Bro, apakah gaji yang Lo inginkan sesuai dengan budget mereka atau engga? Pada tahap ini, Lo mungkin akan tarik-ulur dengan penawaran yang mereka berikan. Pun demikian dengan mereka, mereka akan tarik ulur dengan permintaan gaji yang Lo ajukan. Kalo kalian udah sepakat, baru deh Lo tanda tangan kontrak dan Lo pun udah siap untuk mulai bekerja.

Ketika Lo akan nego gaji, Lo harus punya beberapa perhitungan supaya  Lo gak nyesel karena nanti kenaikan gaji Lo pertahunnya akan berdasarkan nego gaji Lo saat ini. Gak cuman kenaikan gaji saja, jumlah THR dan bonus pun akan dilihat dari gaji Lo. Jadi, Lo harus bener-bener memperhitungkan semuanya supaya Lo gak salah nego, Bro.

Nah, sebelum Lo nego gaji sebaiknya Lo mengetahui dan memahami hal-hal berikut ini supaya nanti Lo lancar negonya. Yuk disimak, Bro!

1. Cari Tahu UMR Di Tempat Lo Berapa

UMR adalah singkatan dari Upah Minimum Regional, berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: PER-01/MEN/1999 Tentang Upah Minimum, UMR merupakan upah bulanan terendah yang terdiri dari upah pokok termasuk tunjangan tetap yang berlaku dalam satu provinsi.
Jadi Bro, Lo harus tahu standar gaji di daerah tempat Lo bekerja itu berapa. Sebisa mungkin Lo jangan mau digaji dibawah UMR karena itu akan sangat merugikan Lo. Lo harus menghargai keahlian Lo dengan tidak menerima tawaran gaji yang dibawah UMR. Jangan pernah menjatuhkan harga pasaran Lo, Bro.

2. Cari Tahu Juga Standar Untuk Pekerjaan Lo Itu Gajinya Berapa

Setiap profesi itu biasanya memiliki standar gaji, Bro. Ada minimal dan maksimalnya berapa. Nah, sebelum Lo menentukan akan meminta gaji berapa, Lo terlebih dahulu harus menyesuaikan dengan status Lo saat ini, apakah Lo fresh graduate atau professional yang udah memiliki pengalaman. Setalah itu baru deh Lo sesuaikan permintaan gaji Lo dengan standar yang umum diberikan untuk profesi Lo. Untuk mengetahui informasi ini Lo bisa googling Bro, udah banyak banget ko yang ngasih bocoran mengenai informasi ini.

3. Jangan Lupa Survey Mengenai Bagaimana Biaya Kebutuhan Lo

Poin ini penting banget untuk Lo lakuin Bro supaya Lo nanti gak mengalami kekurangan dalam memenuhi kebutuhan Lo. Lo perlu menghitung jumlah biaya kehidupan Lo supaya seimbang dengan gaji yang akan Lo dapet nanti. Kalo sekiranya gaji yang ditawarkan kurang, maka lebih baik di tolak Bro daripada nanti Lo susah memenuhi kebutuhan sehari-hari Lo.

4. Lo Harus Tahu Job Desc Lo Nanti Apa

Jangan sampe nih Bro Lo dikasi job desc yang gak sesuai dengan  gaji yang dikasi sama Lo. Sebelum Lo nego, Lo harus pastiin job description Lo apa, nantinya Lo ngerjain apa aja, dan targetnya apa. Informasi ini harus Lo dapet penjelasan yang sejelas-jelasnya. Kalo Lo udah tau job description Lo apa, Lo bisa ngitung-ngitung tuh kira-kira untuk kerjaan Lo, Lo layak digaji berapa.

5. Tanyain Gimana Struktur Gajinya

Informasi penting lainnya yang perlu Lo katahui ketika nego gaji adalah bagaimana struktur gaji yang akan Lo terima nanti. Lo perlu tahu gaji pokoknya berapa, tunjangannya berapa, potongan-potongannya berapa, dan take home pay Lo berapa. Informasi ini harus Lo minta keterangannya sejelas-jelasnya biar nanti Lo gak bingung pas nerima slip gaji.

6. Tanyain Gajiannya Tanggal Berapa Dan Lewat Bank Apa

Supaya Lo bisa mengatur siklus keuangan Lo, Lo juga perlu tahu setiap tanggal berapa perusahaan akan mentransfer gaji Lo. Selain itu, Lo juga harus tanya pembayaran gajinya itu lewat bank mana supaya Lo bisa mempersiapkan rekening di bank tersebut kalo misalnya Lo belum punya.

7. Lo Harus Tahu Tunjangan Apa Aja Yang Akan Lo Dapet

Setelah Lo tahu bagaimana struktur gaji Lo, Lo juga harus tahu tunjangan apa aja yang Lo dapet dari perusahaan Lo. Standarnya sih biasanya ada tunjangan kesehatan, tunjangan istri, dan tunjangan anak dari anak pertama sampai anak ke tiga. Untuk poin ini mungkin setiap perusahaan akan berbeda-beda tergantung bagaimana perusahaan tersebut menetapkan kebijakannya. Untuk itu Lo perlu nanya tunjangan yang Lo dapet itu apa aja.

8. Lo Juga Perlu Tahu Siklus Kenaikan Gajinya Itu Kapan Dan Biasanya Berapa Besar

Nah untuk poin ini sebenernya gak wajib-wajib banget buat Lo tanyain. Tapi, sebagai karyawan sebenernya Lo perlu tahu informasi ini. Jadi, saran Gw gak ada salahnya Lo tanyain gimana siklus kenaikan gaji karyawan di perusahaan tempat Lo bekerja saat ini. Trus gak ada salahnya juga kalo Lo nanya biasanya berapa besar persentase kenaikan gaji yang akan Lo dapet nanti.

Nah Bro, nego gaji itu gak bisa gimana entar. Lo harus punya strategi dengan mengetahui dan memahami info-info penting seperti yang Gw jelasin diatas tadi supaya Lo nanti gak salah ketika nego,  karena kalo Lo salah nego Lo bisa-bisa mengalami hal-hal yang tidak mengenakan seperti yang Gw sebutin dibawah ini, Bro:

1. Gaji Lo Tidak Sebanding Dengan Biaya Kebutuhan Lo

Nah ini nih salah satu alasan kenapa Gw mengharuskan Lo mencari tahu dulu berapa UMR di daerah Lo dan melakukan survey mengenai berapa kira-kira biaya kebutuhan Lo. Alasannya adalah tidak lain agar Lo tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari Lo. Gak pengen kan Lo kelaperan gara-gara gak bisa beli makan karena gaji Lo keburu habis?

2. Bisa-bisa Persentase Kenaikan Gaji Lo Gak Terlalu Besar

Kemungkinan ini juga bisa terjadi ketika Lo salah nego, Bro. Kalo ternyata Lo nego gaji kekecilan, maka nanti ketika Lo dapet kenaikan gaji jumlahnya juga gak akan signifikan. Jadi, persentase kenaikan gaji Lo itu akan dihitung berdasarkan gaji pokok Lo. Kalo gaji pokok Lo kecil, maka otomatis persentase kenaikan gaji Lo juga gak akan terlalu gede, Bro. Kecuali ada pertimbangan lain, mungkin bisa lebih gede. Mungkin.

3. Jumlah Bonus Dan THR Lo Mungkin Gak Akan Terlalu Besar

Jumlah uang THR biasanya diberikan sebesar jumlah gaji pokok Lo. Demikan juga bonus, bonus dihitung berdasarkan jumlah gaji pokok Lo. Khusus untuk bonus, biasanya sih Lo bisa dapet 2 kali gaji pokok Lo atau minimal 1 kali gaji pokok. Jadi, kalo gaji pokok Lo kecil, THR dan bonus Lo juga udah pasti tidak akan terlalu besar.

Nah Bro, kayanya segitu aja informasi yang bisa Gw bagi sama Lo. Pesen Gw adalah Lo harus bisa menghargai diri Lo sendiri secara layak supaya orang lain pun bisa menghargai keahlian Lo.

Oke deh, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa Lo share ke temen-temen Lo ya Bro. Trims!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini