gentlemancode.id
Ayo Produktif

AYO PRODUKTIF

Published on Thursday, 18 August 2016

Produktifitas adalah hal yang sangat penting yang harus kita punya dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan atau mewujudkan ide dan kreatifitas. Tanpa adanya produktifitas rasanya tidak mungkin kita bisa mendapatkan hasil yang baik dalam pekerjaan atau mewujudkan ide.

Menjaga produktifitas agar tetap dalam kondisi yang baik memang banyak tantangannya, seperti malas, menunda-nunda pekerjaan, atau membiarkan diri larut kedalam hal-hal yang tidak penting. Ini semua akan menghambat produktifitas dan potensi yang kita punya.

Nah Bro, mungkin kita pernah mengalami masa-masa seperti itu dimana rasa malas menghambat produktifitas kita. Kalau sudah begitu cobalah simak tips berikut ini agar Anda kembali produktif.

1. Mulailah untuk bangun pagi

Kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan bangun dipagi hari. Penelitian dari Roehampton University di Inggris oleh Dr Joerg Huber menjelaskan bahwa dengan bangun pagi bisa membuat tubuh Anda sehat dan mood Anda akan menjadi lebih baik.

Selain itu dengan bangun pagi pikiran Anda menjadi lebih jernih dalam memecahkan sesuatu. Hal ini cocok untuk Anda yang sedang mencari inspirasi dan fokus dalam melakukan pekerjaan. Pasalnya, ketika kamu bangun lebih awal, hari akan terasa lebih panjang dan kamu memiliki waktu yang cukup untuk memulai semua aktivitas.

2. Buat daftar kegiatan dari yang paling prioritas sampai yang paling Anda inginkan

Daftar kegiatan prioritas memiliki arti bahwa Anda harus segera mengerjakannya dan itu merupakan kebutuhan yang harus Anda penuhi. Lain halnya dengan daftar kegiatan yang diinginkan, Anda bisa mengerjakannya dilain waktu karena kegiatan ini tidak terlalu penting. Dengan membuat daftar kegiatan, ini bisa membantu Anda agar tetap konsisten dalam mengerjakan semua pekerjaan Anda.

3. Buatlah deadline

Orang yang produktif adalah orang yang selalu on time dalam segala hal. Dengan membuat deadline kita akan mempunyai komitmen untuk menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan deadline yang telah kita buat.

4. Fokus pada rencana atau tujuan

Fokus pada rencana atau tujuan sangat penting dalam hal meningkatkan produktifitas. Fokuslah pada setiap tujuan atau rencana yang Anda buat, jangan mudah tergoda untuk beralih kepada tujuan atau rencana lain karena jika itu terjadi maka rencana yang telah Anda buat akan berantakan.

5. Jangan mudah teralihkan dengan social media

Bagi Anda yang kegiatannya tidak bisa lepas dari yang namanya gadget, sebaiknya Anda mendisiplinkan diri Anda untuk membatasi penggunaan social media. Penggunaan social media khususnya dalam jam kerja akan membuat produktifitas Anda sangat berkurang. Hal ini dikarenakan fokus kita akan terpecah dari yang sebelumnya fokus bekerja menjadi fokus bermain social media.

6. Jangan lupa untuk refreshing

Sangat wajar jika Anda merasakan jenuh dalam rutinitas Anda. Berhentilah sejenak, dan luangkan waktu untuk sedikit bersenang-senang. Ini penting untuk dilakukan agar pikiran kita kembali segar dan memulihkan energi kita yang sudah terpakai.

7. Update selalu pengetahuan Anda

Jangan pernah berhenti belajar. Mendapatkan ilmu bisa Anda peroleh dari mana saja. Ambilah ilmu sebanyak-banyaknya, bergurulah kepada siapapun selama itu positif. Sikap seperti ini lah yang dibutuhkan dalam menjaga dan meningkatkan produktifitas kita.

8. Kerjakan sekarang juga, jangan ditunda

Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. Kerjakan sekarang juga, karena jika ditunda maka pekerjaan Anda akan semakin menumpuk dan semakin sulit untuk dikerjakan. Menunda-nunda pekerjaan adalah hal yang sangat berbahaya bagi produktifitas Anda.

Nah Bro, 8 tips tadi bisa Anda coba untuk meningkatkan produktifitas Anda. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini