gentlemancode.id
Bagaimana Memulai Usaha Ketika Kita Sudah Memiliki Pekerjaan Tetap

BAGAIMANA MEMULAI USAHA KETIKA KITA SUDAH MEMILIKI PEKERJAAN TETAP

Published on Thursday, 21 September 2017

Gw rasa banyak diantara kita yang memiliki keinginan untuk memiliki usaha sendiri atau menjadi wirausahawan. Tapi dikarenakan satu dan lain hal gak semua orang bisa memulai usaha karena tersandung oleh pekerjaan mereka. Jangankan memulai usaha, kadang untuk nongkrong bareng teman atau keluarga aja susah karena padatnya jam kerja. Beda kalo misalnya Lo jadi entrepreneur, Lo bisa memiliki kebebasan waktu dan tentunya Lo bisa menentukan masa depan Lo sendiri.

Sebetulnya ada langkah-langkah yang bisa Lo lakukan untuk memulai usaha sendiri ketika Lo masih memiliki pekerjaan full time. Dibawah ini adalah 5 cara yang Gw kutip dari Neil Patel, salah seorang pakar pemasaran ternama. Simak baik-baik ya.

1. Pastikan Lo gak terikat oleh ikatan kontrak

Poin ini penting untuk Lo ketahui, Bro. Kadang ada beberapa perusahan yang melarang Lo untuk memilki pekerjaan sampingan dan itu tertera di dalam kontrak kerja. Terlebih kerjaan sampingan Lo adalah pekerjaan yang memiliki bidang yang sama dengan bisnis perusahaan tempat Lo bekerja.

Sebelum memulai usaha, gak ada salahnya Lo memastikan bahwa Lo memang boleh untuk mengerjakan usaha sampingan. Kalo bisa, ada baiknya Lo membicarakan usaha sampingan Lo sama atasan Lo biar Lo nanti enak ngerjainnya.

2. Identifikasi Waktu

Gak punya cukup waktu adalah alasan yang paling sering muncul ketika seseorang ingin memulai usaha sampingan. Tapi coba Lo pikirin lagi, emang bener Lo sesibuk itu?

Gw rasa Lo gak akan sesibuk itu ketika Lo bekerja. Dalam sehari Lo pasti ada beberapa waktu yang Lo habiskan untuk melakukan kegiatan lain seperti nonton video, baca berita, atau nonton televisi.

Agar lebih produktif, Lo bisa memanfaatkan waktu luang Lo itu untuk mengerjakan usaha sampingan Lo. Sesekali boleh lah Lo memanfaat waktu luang Lo untuk nonton video atau baca berita, tapi akan lebih baik kalo Lo membatasinya.

3. Fokus

Kurang fokus adalah masalah yang paling umum yang dialami hampir semua orang. Hal ini bisa terjadi karena mungkin banyak gangguan, ruangan yang kurang nyaman, atau harus mengerjakan pekerjaan lain. Bila perlu, kondisikan tempat kerja Lo dengan cara:

- Sediakan makanan ringan di meja Lo
- Silent HP Lo
- Gunakan kursi yang nyaman
- Tentukan waktu, misal 1 jam atau 30 menit. Sesuaikan dengan waktu luang Lo.
- Tentukan tujuan

4. Cukupi kebutuhan istirahat Lo

Ketika kebutuhan istirahat Lo tidak terpenuhi dengan baik, kondisi ini akan menurunkan performa Lo, dan pada akhirnya malah akan mengganggu kesehatan Lo. Pastikan Lo mendapatkan tidur yang cukup sekitar 8-10 jam perhari supaya tubuh Lo bisa fit lagi dan Lo bisa fresh ketika Lo mengerjakan usaha sampingan Lo.

5. Tentukan tujuan

Tujuan adalah poin yang paling penting ketika Lo ingin memulai sebuah usaha. Gak usah muluk-muluk, Lo cukup luangkan sedikit waktu untuk mikirin apa sih tujuan Lo dan bagaimana cara untuk mencapainya. Anggap saja Lo sedang membuat rancangan kasar business plan. Pastikan tujuan yang Lo buat itu spesifik, terukur, mampu di lakukan, realistis, dan Lo harus ngasi batas waktu, dengan begitu tujuan Lo akan lebih terarah.

Nah Bro, buat Lo yang punya passion untuk menjadi seorang pengusaha jangan jadikan pekerjaan Lo sekarang menjadi halangan untuk Lo memulai usaha Lo sendiri. Mulailah dari hal kecil dan Lo harus konsisten disitu, karena selama Lo konsisten Lo pasti berhasil.

Gw rasa itu aja yang bisa Gw sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share. Thanks.

Referensi:
[1] Neil Patel

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini