gentlemancode.id
Bagaimana agar menjadi pemimpin yang baik? Ikuti 50 aturan ini!

BAGAIMANA AGAR MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK? IKUTI 50 ATURAN INI!

Published on Thursday, 16 March 2017

Menjadi pemimpin yang baik adalah sesuatu yang gak bisa dicapai secara instan, it isn’t something that happens overnight. Tapi, itu semua bisa dicapai melalui disiplin, kerja keras, komitmen dan pengalaman. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, ada beberapa peraturan yang menjadi semacam kode yang harus  diikuti oleh seorang pemimpin, peraturan-peraturan itu diantaranya adalah:

1. Dengarkan apa yang ingin tim Lo katakan. Dengarkanlah selalu apa yang tim Lo coba ingin katakan. Dengarkan dengan baik meskipun Lo gak menyukainya.
2. Lakukan komunikasi secara efisien, jangan membicarakan hal yang tidak perlu.
3. Sedikit bicara. Kadang diam lebih baik daripada berbicara yang tidak ada manfaatnya sama sekali
4. Jadilah contoh dan teladan. Jadilah seseorang yang Lo pengen agar tim Lo menjadi seperti orang tersebut. Kalo pengen tim Lo rajin, Lo nya harus rajin. Kalo Lo pengen tim Lo jujur, Lo nya juga harus jujur. Simple :)
5. Antusias. Kalo Lo gak antusias dalam menjalankan pekerjaan Lo atau bisnis Lo, maka Lo sedang menjalankan pekerjaan atau bisnis yang salah buat Lo Bro. Kalo udah gitu, mana mungkin tim Lo akan antusias mengerjakan pekerjaan mereka?
6. Konsisten. Jadilah orang yang konsisten agar tim Lo gak bingung dalam menjalankan tugas mereka.
7. Buatlah keputusan yang tegas dan jelas. Jangan biarkan sesuatu hal menggantung begitu saja tanpa keputusan. Ketika Lo sudah membuat keputusan maka Lo gak usah gamang lagi dengan keputusan yang udah Lo buat.
8. Carilah mentor dan seorang teladan. Carilah orang yang bisa Lo jadikan sebagai seorang teladan atau guru yang bisa mengajarkan Lo banyak hal.
9. Jangan menganggu atau menyela ketika memang tidak diperlukan. Kalo Lo percaya ama tim Lo dengan pekerjaan mereka, maka jangan sampe Lo ganggu kecuali memang sangat mendesak.
10. Ketahui batas kemampuan Lo. Jangan memaksakan diri Lo melebihi batas kemampuan Lo.
11. Ketahui kelebihan atau kekuatan Lo. Percayalah kepada kemampuan dan kelebihan yang Lo miliki dan terus kembangkan kemampuan Lo itu.
12. Ketahui kelemahan Lo. Gak ada manusia yang sempurna, kalo Lo merasa ada hal yang memang Lo gak bisa, maka jangan malu untuk mengakuinya. Cobalah untuk memperbaikinya dengan terus belajar dan bertanya kepada orang yang memang ahli dalam hal tersebut.
13. Jangan banyak alasan. Kalo Lo melakukan kesalahan, maka akui saja kesalahan tersebut dan jangan menyalahkan keadaan atau malah menyalahkan orang lain. Cukup akui saja kalo Lo salah.
14. Selalu siap kepada hal-hal yang tidak terduga. Sebagai manusia Lo gak bisa memprediksikan dengan pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, jadi Lo harus selalu siap dengan hal-hal tidak terduga seperti itu.
15. Pilihlah rekan atau partner Lo dengan baik. Bekerjasamalah dengan orang-orang yang memang Lo percaya dan bisa diandalkan.
16. Berbuat baik. Buatlah komitmen kepada diri Lo sendiri bahwa Lo akan menjadi orang yang baik dan bermanfaat untuk orang banyak dan lingkungan sekitar Lo.
17. Bertemulah dengan orang-orang baru setiap waktu. Ambilah setiap kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru, yang mana itu akan memperluas jaringan Lo dan akan memberikan Lo pengalaman dan perspective yang baru.
18. Jangan jadi robot. Jaga perasaan dan emosi Lo agar tetap peka dengan orang-orang dan lingkungan sekitar Lo.
19. Hindari marah. Jagalah emosi Lo agar tidak gampang marah ketika menghadapi suatu masalah.
20. Jangan lupa untuk bersenang-senang. Sediakan waktu untuk bersenang-senang bersama anggota tim Lo.
21. Selalu melakukan riset. Sebelum membuat keputusan, pelajarilah apa kelebihan dan kekurangan dari keputusan Lo itu.
22. Pikirkan segalanya dengan lebih teliti. Pikirkan semua hal yang akan Lo lakukan dengan cermat dengan tidak hanya mengandalkan insting Lo aja.
23. Hati-hati dalam memilih anggota tim. Pilihlah orang-orang yang mampu Lo percaya dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Dan jangan lupa pilihlah orang yang mampu menyesuaikan diri dengan anggota tim yang lain.
24. Berikan prioritas kepada tim Lo. Tim Lo adalah segalanya buat Lo. Berikanlah apa yang mereka butuhkan untuk mendukung pekerjaan mereka.
25. Jangan sombong. Jangan menjadi orang yang sombong karena kesuksesan Lo, kekayaan Lo, atau posisi Lo saat ini.
26. Mampu memaafkan. Semua orang pernah berbuat salah, kalo ada tim Lo yang berbuat salah, maka maafkanlah mereka.
27. Maafkan diri Lo sendiri. Jangan terlalu keras sama diri Lo sendiri, semua orang pernah berbuat kesalahan, termasuk Lo.
28. Rasional. Buatlah keputusan yang masuk akal.
29. Masuk akal. Buatlah intruksi yang masuk akal dan rasional.
30. Sediakan waktu untuk sesuatu yang penting. Gak ada didunia ini yang namanya gak punya waktu untuk sesuatu yang penting dalam hidup Lo, karena waktu itu Lo yang harus menyediakannya.
31. Terus belajar. Belajarlah setiap waktu dan jangan pernah berhenti.
32. Terus berkembang. Kembangkanlah apa yang menjadi keahlian Lo, kembangkanlah segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan Lo.
33. Pantang menyerah. Ketika Lo mengalami kegagalan, usahakan untuk segera bangkit dan kembali ke track Lo lagi.
34. Ubahlah metode atau strategi Lo ketika memang harus di rubah. Ketika Lo merasa ada sesuatu yang salah dalam strategi Lo maka jangan ragu untuk mengubahnya.
35. Hentikan sesuatu yang tidak perlu. Kalo Lo merasa ada sesuatu yang harus Lo hentikan, maka lakukanlah. Dan jangan ragu untuk melakukannya sebelum berdampak kepada yang lainnya.
36. Belajar dari kesalahan Lo. Pengalaman adalah pelajaran yang sangat berharga buat Lo. Cobalah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa yang akan datang.
37. Carilah data. Carilah data untuk mendukung apa yang menjadi keputusan Lo agar Lo punya alasan yang kuat untuk menjalankan apa yang sudah menjadi keputusan Lo.
38. Jangan mengabaikan stres.  Stres adalah hal yang akan sangat mengganggu kemampuan Lo dalam memimpin. Kalo Lo udah ngerasain hal itu, maka segeralah untuk menanganinya.
39. Berilah feedback. Biarkan tim Lo tau mengenai hasil dari apa yang mereka kerjakan. Apakah baik, kurang baik, atau perlu perbaikan.
40. Percaya kepada tim Lo. Percayalah kepada tim Lo terhadap apa yang mereka lakukan, tapi Lo juga harus aktif untuk selalu follow up pekerjaan mereka, agar semua pekerjaan bisa selesai dengan baik.
41.  Jangan menutup diri. Jadilah orang yang terbuka. Terbuka terhadap ide, kritik, atapun saran dari orang-orang sekitar Lo.
42. Perlakukan anggota tim Lo secara adil. Jangan meng-anak emaskan salah satu anggota tim Lo karena itu akan membuat tim Lo jadi gak solid.
43. Jadilah orang yang ramah namun tetap tegas. Ramahlah kepada semua orang namun tetap tegas dalam bertindak.
44. Usahakanlah agar tim Lo selalu kompak. Jangan biarkan tim Lo gak solid! ketika itu terjadi Lo harus segera memperbaikinya.
45. Jangan lupa berterimakasih dan membalas kebaikan orang lain. Sikap ini akan menunjukan penghargaan Lo kepada pemberian orang lain.
46. Jangan membuat jarak. Jangan membuat jarak antara Lo dengan orang-orang sekitar Lo, khususnya tim Lo, karena itu akan membatasi komunikasi Lo dengan mereka.
47. Tetap menjaga komunikasi. Kalo ada anggota tim Lo yang resign, tetaplah jaga komunikasi antara Lo dengan mereka, karena itu akan menjaga hubungan baik yang udah Lo buat selama ini.
48. Jangan mengorbankan kehidupan pribadi Lo. Kehidupan pribadi Lo jangan sampe Lo abaikan demi pekerjaan, karena itu akan sangat merugikan Lo dan orang-orang yang peduli sama Lo.
49. Enjoy aja. Jangan stress, dan tetap semangat dalam menjalankan role Lo sebagai seorang leader.
50. Menerima nasihat. Selama itu baik, terimalah nasihat dari siapapun tanpa memilih-milih dari siapa nasihat itu datang.

Pemimpin itu gak harus selalu jadi direktur atau bos aja. Lo juga pada dasarnya adalah seorang pemimpin. Lo adalah pemimpin untuk diri Lo sendiri, dan nanti Lo akan jadi pemimpin untuk keluarga Lo. Gak menutup kemungkinan suatu saat nanti Lo akan memimpin sebuah perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan didalamnya, jadi penting buat Lo untuk memahami posisi Lo sebagai pemimpin dan bagaimana bertindak sebagai seorang pemimpin.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini