gentlemancode.id
Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan penilaian yang baik dari bos Lo? Lo harus lakukan 5 hal ini!

BAGAIMANA CARANYA AGAR BISA MENDAPATKAN PENILAIAN YANG BAIK DARI BOS LO? LO HARUS LAKUKAN 5 HAL INI!

Published on Wednesday, 01 March 2017

Kesuksesan karir seseorang gak ditentukan hanya oleh kinerja dalam bekerja saja, tapi banyak hal lain yang sangat berpengaruh yang menjadi bahan penilaian perusahaan dalam memberikan penilaian. Kedisiplinan, sikap dalam bekerja, absensi, dan banyak lagi hal lainnya akan menjadi parameter untuk seseorang agar dapat mendapatkan penilaian yang baik dari perusahaan.

Ketika seseorang memiliki performa yang baik, namun tidak didukung dengan disiplin yang baik tentu ini akan menjadi masalah. Performa kerja yang baik apabila tidak didukung dengan disiplin yang baik akan menyebabkan kurangnya penilaian yang akan didapat. Ketika penilaian kurang sempurna, maka jenjang karir pun pasti akan terhambat. Siapa yang rugi? Kita tentunya.

Perusahaan akan memberikan penilaian melalui atasan atau bos dari setiap divisi, karena atasan Lo lah yang benar-benar tau bagaimana selama ini para karyawan bekerja. Sedangkan untuk masalah absensi, biasanya itu adalah urusan dari HRD yang akan memberikan penilaian.

Bagaimana hubungan kita dengan atasan, mau gak mau akan berpengaruh kepada penilaian yang akan diberikan, mengingat penilaian tersebut akan dilakukan oleh atasan atau bos Lo. Ketika Lo mempunyai hubungan yang kurang baik dengan bos Lo, kemungkinan besar Lo akan mendapatkan penilaian yang gak maksimal. Maka dari itu, penting untuk kita untuk menjaga hubungan baik dengan atasan kita di tempat kita bekerja. Bagaimana caranya?

1. Jangan membuat konflik

Ketika Lo bekerja dengan atasan Lo mungkin suatu saat Lo akan megalami beberapa gesekan yang akan membuat Lo kesal atau gak nyaman. Ketika Lo ada dalam posisi ini, maka Gw sarankan Lo untuk jangan mengikuti emosi Lo. Karena ketika itu terjadi, yang akhirnya kalah akhirnya adalah Lo juga, dan Lo tentu akan menjadi pihak yang dirugikan.

Yang namanya perbedaan pendapat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan pasti akan Lo alami dalam menjalankan pekerjaan Lo. Mungkin Lo akan memiliki perbedaan pandangan mengenai cara menyelesaikan suatu pekerjaan dengan atasan Lo, sehingga menimbulkan beberapa gesekan yang berpotensi menimbulkan konflik. Hal ini tentu harus disikapi dengan kepala dingin bukan dengan emosi. Karena Gw bilang tadi, kalo Lo emosi yang ada Lo sendiri yang akan rugi.

Lo harus ngerti bahwa atasan Lo itu tetap ingin dihargai. Bagaimanapun juga Lo harus tetap memberikan respect kepada atasan Lo, karena sekesel apapun Lo dia tetap atasan Lo. Ketika Lo nanti sudah ada di posisi dia Lo pasti gak mau gak dihargain oleh bawahan Lo. Jadi, pinter-pinter nahan diri ya Bro.

Kuncinya adalah tetap gunakan kepala dingin walaupun Lo sering mengalami gesekan-gesekan ketika Lo bekerja, kerjakan semua pekerjaan dan instruksi dari atasan Lo dengan baik dan penuh tanggung jawab, maka penilaian yang baik pasti akan Lo dapatkan.

2. Jangan bohong mengenai progress suatu pekerjaan

Ketika suatu saat atasan Lo nanya mengenai progress suatu kerjaan ama Lo dan Lo belum benar-benar menyelesaikannya, maka Gw sarankan Lo untuk menjawab apa adanya mengenai progress pekerjaan tersebut. Jangan sampe Lo menjawab kaya gini "udah sih, tinggal ini sama itu yang belum", nah jangan sampe kaya gini Bro, atasan Lo pasti gak suka. Sebaiknya jawab aja apa adanya, bilang "belum, baru 70%", ini lebih baik Bro karena Lo jujur dan gak bertele-tele.

Setiap atasan menyukai jawaban yang gak bertele-tele dan banyak alasan. Mereka menyukai jawaban yang to the point. Kalo udah ya bilang udah, kalo belum ya bilang belum. Fokus dari atasan Lo adalah pekerjaan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kalo Lo bohong, maka bos Lo akan mengira bahwa Lo gak mengalami masalah dalam mengerjakannya. Dan ini akan berbahaya ketika pada kenyataannya ketika waktu yang ditentukan sudah tiba dan Lo belum menyelesaikan pekerjaan Lo, maka bos Lo pasti akan gak suka karena dia mengira pekerjaan tersebut sudah selesai pada waktunya tapi kenyataannya justru sebaliknya.

Atasan Lo pasti mempunyai tanggung jawab kepada orang lain yang mempunyai kepentingan kepada pekerjaan yang di percayakan sama Lo. Bisa direktur, bisa juga klien. Anggap lah kita mendapatkan pekerjaan dari seorang klien, Ketika Lo gak menyelesaikan pekerjaan sesuai dateline yang telah ditentukan maka bos Lo lah yang akan kena semprot dari klien Lo. Pada ujungnya Lo juga yang akan disemprot ama bos Lo. Tapi, ketika Lo jujur mengatakan bahwa pekerjaan Lo belum selesai karena ada beberapa masalah, maka bos Lo akan meminta tenggang waktu kepada klien, dan peristiwa semprot-semprotan tadi bisa kita hindari.

Berkata jujur mengenai progress suatu pekerjaan akan membuat Lo dianggap sebagai orang yang jujur dan terbuka kepada bos Lo. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri  ketika Lo diberikan penilaian oleh bos Lo.

3. Jangan melangkahi wewenang Bos Lo

Nah ini bahaya Bro kalo Lo lakuin. Lo bisa di cap sebagai karyawan yang kurang ajar kalo melakukan itu. Gimana engga, kalo Lo ngelakuin hal ini berarti Lo gak nganggap atasan Lo penting. Kita ambil contoh misalnya ada pekerjaan yang masuk ke Lo, dan pekerjaan teersebut seharusnya harus melalui approval atasan Lo. Tapi Lo skip gitu aja dan langsung Lo yang nanganin. Hmmmm, Gw kasih tau nih Bro, Lo gak bisa kaya gitu. Dalam tim Lo pasti udah ada flow yang udah dibuat dalam menangani suatu pekerjaan yang masuk, kalo Lo gak mengikuti flow itu dan Lo maen skip aja part dari atasan Lo maka Lo udah kurang ajar. Kalo udah gitu sih atasan Lo pasti gak suka Bro.

Sesimple apapun suatu pekerjaan, apabila memang harus ada approval dari bos Lo maka Lo jangan sampe mengabaikan itu. Inget, mematuhi flow atau SOP yang udah disepakati adalah salah satu bentuk kedisiplinan, dan Lo tau kedisiplinan adalah salah satu poin dalam penilaian bos Lo sama Lo.

4. Jangan ngomongin hal-hal yang jelek mengenai bos Lo kepada rekan kerja Lo

Hati-hati kalo ngomongin orang, terlebih orang tersebut adalah bos Lo. Bisa berabe Bro kalo ketahuan. Yang namanya manusia Bro, pasti ada plus dan minus nya. Plus-nya boleh lah Lo omongin, tapi minus-nya lebih baik jangan. Inget yang Gw sebutin diatas tadi, separah-parahnya bos Lo, Lo tetep harus nunjukin rasa hormat Lo. Jangan sampe nih Lo jelek-jelekin bos Lo ama rekan kerja Lo dikantor. Bahaya Bro.

Coba kalo misalnya Lo yang dijelek-jelekin, pasti Lo akan marah kan? Apa lagi bos Lo yang dijelek-jelekin ama bawahannya, bisa kelar karir Lo Bro. Kalo memang ada hal-hal yang jelek yang dimiliki oleh bos Lo, cukuplah Lo aja yang tau jangan diumbar. Kalo bos Lo tahu Lo ngejelekin dia nilai Lo bisa jelek banget Bro, percaya deh ama Gw!

5. Jangan banyak alasan kalo memang salah

Mengakui kesalahan emang gak gampang. Tapi, lebih baik pait diawal dari pada pait diakhir.  Kalo Lo memang melakukan kesalahan, jangan sampe Lo berkelit. Akui kesalahan Lo, dan Lo minta maaf aja ama bos Lo. Meskipun mungkin resikonya akan berakhir tidak menyenangkan, minimal Lo udah jujur dan memberitahukan kepada bos Lo bahwa Lo adalah orang yang jujur. Ini penting Bro, karena ketika Lo dicap sebagai orang yang gak jujur, Lo pasti akan susah dalam menjalani karir Lo. Dengan mengakui kesalahan secara gentle maka Lo udah berhasil menjadikan diri Lo menjadi orang yang mempunyai nilai yang baik dengan kejujuran Lo. Gak hanya jujur, namun Lo akan dinilai sebagai orang yang bertanggung jawab.

Untuk mendapatkan penilaian yang baik dari atasan Lo, Lo gak perlu melakukannya dengan cara menjilat atau sikut-sikutan dengan rekan kerja Lo. Lo bisa ikuti 5 tips tadi untuk menjadikan Lo karyawan teladan.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di share ya Bro! Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini