gentlemancode.id
Biar CV Lo Dibaca Sama HRD, Ikuti 12 Tips Ini

BIAR CV LO DIBACA SAMA HRD, IKUTI 12 TIPS INI

Published on Tuesday, 06 June 2017

Buat Lo yang lagi cari kerjaan, udah pasti Lo akan bergelut dengan urusan apply kerjaan ke berbagai perusahaan. Setelah Lo apply, surat lamaran Lo akan melalui proses seleksi terlebih dahulu apakah sudah memenuhi syarat atau belum. Prosesnya macem-macem, ada yang cepet ada juga yang lama. Kalo sampe beberapa bulan sih biasanya emang kualifikasi Lo gak memenuhi persayaratan atau bisa juga karena faktor kesalahan Lo dalam menulis CV atau surat lamaran kerja.

Orang yang melamar kerja gak cuman Lo aja. Ratusan bahkan ribuan surat lamaran akan masuk ke bagian HRD baik itu berupa surat lamaran dalam bentuk fisik atau melalui email mereka. Bagian HRD akan memilah siapa aja yang memang cocok untuk mengisi lowongan yang mereka buka dengan membaca setiap CV dan surat lamaran kerja yang masuk. Kalo kita membuat kesalahan dalam membuat CV dan surat lamaran kerja, maka besar kemungkinan kita gak akan pernah dipanggil untuk proses wawancara.

Nah, kali ini Gw akan ngasih tips buat Lo dalam membuat CV atau surat lamaran kerja biar Lo bisa langsung dipanggil untuk proses selanjutnya. Simak baik-baik ya, Bro!

1. Tulislah Subjek Email Dengan Jelas

HRD akan mendahulukan membaca lamaran kerja yang memiliki subjek yang jelas. Untuk itu, perhatikan dengan jelas subjek email ketika ingin mengirim CV dan surat lamaran kerja. Jangan karena terburu-buru Lo menjadi tidak teliti dan melupakan bagian penting yang sangat menentukan email Lo akan dibaca atau engga.

2. Gunakan Email Sesuai Dengan Nama Lo

Jangan sekali-kali Lo kirim CV dan surat lamaran kerja dengan menggunakan email yang gak sesuai dengan nama Lo. Apalagi nama emailnya cenderung nyeleneh dan alay. HRD cenderung tidak akan membuka email dari pengirim yang menggunakan nama-nama nyeleneh yang terkesan gak formal.

3. Jangan Mengirimkan File Yang Terlalu Besar

Ukuran file yang terlalu besar akan menyulitkan bagian HRD untuk men-download file tersebut. Ubahlah file yang akan Lo kirim menjadi format zip atau rar agar ukuran file menjadi tidak terlalu besar.

4. Gunakan Nama File Sesuai Dengan Nama Berkasnya

Buatlah nama file sesuai dengan nama berkas tersebut seperti : CV-BAMBANG.DOC, SURAT-LAMARAN-KERJA-BAMBANG.DOC, atau  IJAZAH.DOC. Penggunaan nama yang gak sesuai akan membingungkan pihak HRD dalam mengelompokan file-file yang mereka terima.

5. Cantumkan Tanggal Sesuai Dengan Waktu Lo Membuat Lamaran

Karena mungkin surat lamaran Lo adalah template yang biasa Lo pake untuk melamar ke berbagai perusahaan, akhirnya Lo lupa mengganti tanggal. Hal ini meskipun terlihat sepele bisa merugikan Lo, Bro. Karena HRD akan menganggap Lo kurang serius dalam melamar lowongan pekerjaan yang mereka buka.

6. Gunakan Font Yang Mudah Untuk Dibaca Dan Gunakan Font Size Yang Pas

CV yang baik adalah CV yang simple tapi mengandung informasi yang lengkap sehingga tidak akan terlalu banyak memakan waktu ketika membacanya. Buatlah CV dengan format font yang pas dan menggunakan jenis font yang mudah untuk dibaca. Gunakan font dengan jenis Times New Romans dengan size 12. Buatlah CV dalam 2 halaman saja biar CV Lo gak terlalu panjang dan akhirnya HRD malas untuk membacanya.

7. Usahakan Untuk Membuat CV Hanya 2 Halaman Saja

Kalo CV Lo terdiri dari 4 halaman atau bahkan lebih, kemungkinan besar HRD akan langsung skip dan pilih CV lain yang lebih simple. HRD gak punya banyak waktu untuk membaca CV yang terlalu panjang karena mereka juga harus membaca CV yang lain yang masuk kedalam email mereka.

8. Gunakan Warna Hitam Saja Dalam Membuat CV

Jangan Lo kira CV dengan warna-warni yang mentereng akan menarik perhatian HRD. Yang seperti ini justru bikin pusing. HRD gak akan baca CV dengan format seperti ini. Beda halnya kalo CV Lo dibuat dalam bentuk website, gak masalah kalo Lo mau menambahkan warna yang lain agar enak untuk dilihat.

9. Periksa Kembali Setiap Kata Yang Sudah Lo Tulis

Kalo ternyata HRD menemukan banyak typo pada CV dan surat lamaran kerja Lo maka HRD pasti akan berfikir kalo Lo bukan orang yang teliti. Kalo udah gitu HRD udah pasti malas untuk memanggil Lo untuk proses selanjutnya. Sebaiknya cek lagi secara terliti CV dan surat lamaran Lo dengan baik agar terbebas dari kesalahan penulisan.

10. Buatlah Pas Photo Yang Bagus, Sopan, Dan Menarik

Agar terlihat bagus, cobalah untuk membuat pas photo di studio photo. Disana sudah disediakan background, pencahayaan, dan editing yang akan membuat hasil photo Lo terlihat lebih elegan. Photo yang elegan akan menunjukan keseriusan kita dalam melamar kerja.

11. Deskripsikan Dengan Jelas Keahlian Dan Pengelaman Kerja Secara Singkat Dan Padat

Keahlian dan pengalaman yang kita miliki adalah senjata yang kita unggulkan dalam melamar pekerjaan. Untuk itu, deskripsikan dengan baik apa saja keahlian Lo dan pengalaman Lo. Keahlian dan pengalaman akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk HRD untuk memproses ke tahap selanjutnya.

12. Kalo Ada, Cantumkan Orang Yang Bisa Merekomendasikan

Kalo ada orang yang bisa merekomendasikan Lo, Lo bisa mencantumkan nama orang tersebut pada surat lamaran Lo. Ini akan memberikan nilai tambah tersendiri untuk pertimbangan HRD nantinya.

Ribet? Enggak Bro. Namanya juga nyari kerjaan ya harus begitu. Harus mau teliti dan pintar dalam menyajikan kelebihan Lo sebagai calon karyawan. Ketika CV dan surat lamaran kerja Lo dibaca, maka kesempatan untuk maju kepada tahap selanjutnya pun lebih besar tentunya.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini